Dasar-Dasar Pengobatan Multiple Sclerosis Yang Perlu Diketahui

Dasar-Dasar Pengobatan Multiple Sclerosis Yang Perlu Diketahui

Pengobatan multiple sclerosis (MS) tergantung pada gejala spesifik dan tingkat kesulitan yang dimiliki seseorang, termasuk:

– mengobati kambuhan (multiple sclerosis relaps)
– mengobati gejala MS tertentu
– Pengobatan untuk mengurangi jumlah kekambuhan

Pengobatan untuk kekambuhan multiple sclerosis

Hubungi dokter spesialis MS jika Anda mendapat kekambuhan penyakit yang sering. Pengobatan untuk kambuhan biasanya melibatkan salah satu dari:

– lima tablet steroid per hari di rumah
– suntikan obat steroid yang diberikan di rumah sakit selama tiga sampai lima hari

Steroid dapat membantu mempercepat pemulihan dari kekambuhan.

Efek samping steroid, seperti osteoporosis ( tulang keropos), penambahan berat badan dan diabetes, efek sampingan tidak terjadi pada semua orang

Untuk menghindari efek samping, tidak boleh menggunakan steroid lebih dari tiga waktu dalam setahun.

Pengobatan untuk gejala spesifik multiple sclerosis

MS dapat menyebabkan berbagai gejala yang bisa diobati secara individual, termasuk

– Mengobati rasa kelelahan

Untuk kelelahan yang disebabkan oleh MS, Anda mungkin diberi resep amantadine oleh dokter, walaupun obat ini mungkin hanya memiliki efek terbatas.

Kadang, butuh terapi kelelahan, seperti terapi CBT (cognitive behavioural therapy)

– Mengobati gangguan penglihatan

Masalah visual terkait multiple sclerosis biasanya akan sembuh sendiri dalam beberapa minggu, jadi Anda mungkin tidak memerlukan pengobatan apapun.

Jika gejala Anda sangat parah, Anda mungkin diberi resep steroid untuk membantu mempercepat pemulihan.

Jika Anda memiliki masalah dengan gerakan mata yang tidak terkontrol, pengobatan seperti gabapentin terkadang dapat membantu.

– Mengobati gejala kejang otot dan otot kaku

Kejang otot dan kekakuan (spastisitas) dapat diperbaiki dengan fisioterapi. Teknik seperti latihan peregangan dapat membantu jika gerakan Anda terbatas

Jika kejang otot lebih parah, Anda mungkin diberi resep obat yang bisa mengendurkan otot berupa baclofen atau gabapentin, walaupun ada obat alternatif, seperti tizanidine, diazepam, clonazepam dan dantrolene.

Obat-obatan ini semua memiliki efek samping, seperti pusing, lemas, mual dan diare, jadi diskusikan mana yang terbaik untuk Anda dengan dokter spesialis.

– Pengobatan masalah mobilitas

Masalah mobilitas sering kali disebabkan oleh kejang otot dan kekakuan otot (lihat di atas), tapi juga bisa disebabkan oleh kelemahan otot, atau masalah dengan keseimbangan.

Jika Anda memiliki masalah dengan mobilitas, sebuah program latihan fisik yang diawasi oleh fisioterapis. Rehabilitasi vestibular, bisa membantu Anda memiliki masalah dengan keseimbangan

– Pengobatan Nyeri neuropatik

Nyeri neuropatik disebabkan oleh kerusakan pada saraf dengan gejala rasa nyeri seperti ditusuk-tusuk, dan sensasi terbakar.

Jenis rasa sakit ini bisa diobati dengan menggunakan obat gabapentin atau carbamazepine, atau dengan obat yang disebut amitriptyline untuk mengendalikan rasa nyeri.

Baca artikel tentang : efek samping obat multiple sclerosis

– Penggobatan Sakit otot

Hidup dengan MS dapat menyebabkan tekanan persendian dan ketegangan otot di tubuh Anda.

Seorang fisioterapis mungkin bisa membantu mengatasi rasa sakit ini dengan menyarankan teknik olah raga atau posisi duduk yang lebih baik.

Kadang, Anda mungkin butuh memiliki alat yang merangsang saraf Anda, disebut sebagai mesin stimulasi saraf transkutan (TENS – transcutaneous electrical nerve stimulation).

– Pengobatan masalah dengan pemikiran, pembelajaran dan ingatan

Penderita MS harus dirujuk ke psikolog klinis untuk menangani masalah dengan pemikiran dan penalaran.

– Pengobatan masalah emosional

Penderita MS mungkin harus dirujuk ke psikolog spesialis. Orang dengan MS yang mengalami depresi juga bisa diobati dengan antidepresan (benzodiazepin) atau terapi CBT.

– Pengobatan Masalah disfungsi seksual (ED)

Pria penderita multiple sclerosis yang memiliki ED mungkin diberi resep obat untuk sementara meningkatkan aliran darah ke pen1s, seperti sildenafil (sejenis Vi4gra)

– Pengobatan Masalah kandung kemih

Berbagai obat tersedia jika Anda memiliki masalah kandung kemih. Anda butuh seorang fisioterapis.

Sebuah alat yang disebut Stimulator eksternal juga dapat membantu saat buang air kecil atau mengosongkan kandung kemih.

Anda mungkin juga perlu mengunjungi ahli urologi untuk mendapatkan suntikan toksin botulinim.

– Pengobatan masalah usus

Jika Anda mengalami sembelit, mungkin disarankan untuk mengubah diet atau minum obat pencahar.

Konstipasi parah mungkin perlu ditangani dengan supositoria atau enema. Enema adalah obat cair untuk membilas usus besar, melembutkan dan menghaluskan kotoran Anda.

Inkontinensia usus kadang bisa diobati dengan obat anti-diare atau dengan melakukan latihan fisik pinggul bawah untuk memperkuat otot rektum.

– Pengobatan kesulitan menelan dan kesulitan bicara

Terapis bicara dan bahasa dapat membantu Anda menemukan cara untuk mengatasi masalah dengan ucapan dan gangguan menelan.

Jika masalah menelan sangat parah, beberapa orang perlu diberi makan dengan menggunakan tabung, yang dipasang di perut melalui kulit.

Pengobatan multiple sclerosis dengan terapi modifikasi

Ada obat yang bisa membantu mengurangi jumlah, tingkat keparahan dan kekambuhan penyakit multiple sclerosis, yang disebut terapi modifikasi penyakit (disease-modifying therapies).

Tujuan terapi adalah untuk mengurangi jumlah kerusakan dan bekas luka pada selubung myelin (lapisan yang mengelilingi saraf Anda), yang terkait dengan kambuhan penyakit MS (NHS)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • 12 Gejala dan Ciri-ciri Penyakit Multiple Sklerosis (MS) Yang Spesifik Multiple sclerosis (MS) dapat menyebabkan berbagai gejala dan dapat mempengaruhi bagian tubuh manapun. Setiap orang dengan kondisi ini terpengaruh secara berbeda. Gejala Multiple sclerosis tidak bisa ditebak. Beberapa gejala orang […]
  • Jenis-jenis Obat Untuk Multiple Sclerosis Dan Efek Sampingnya Apa saja obat-obatan untuk penyakit multiple sclerosis? Jenis obat-obatan untuk mengobati gejala dan kekambuhan multiple sclerosis, beserta efek sampingnya yang wajib untuk diketahui, yaitu 1. Beta interferon Jenis beta interferon […]
  • Harapan Hidup Pasien MS: Perawatan Pribadi, Vaksinasi, Kehamilan Dll Anda akan bisa menyesuaikan kehidupan sehari-hari Anda setelah didiagnosis dengan multiple sclerosis (MS). Dengan perawatan dan dukungan yang tepat, banyak penderita penyakit MS dapat menjalani kehidupan dan masa depan yang lebih baik, […]
  • Faktor Risiko Dan Penyebab Penyakit Multiple Sclerosis Para ilmuwan belum tahu persis terkait bagaimana seseorang mengalami multiple sclerosis (MS), ini artinya, penyakit multiple sclerosis bukan disebabkan oleh apapun yang telah Anda lakukan dan tidak jelas apakah penyakit ini bisa […]
  • Multiple Sclerosis Multiple sclerosis (MS) adalah suatu kondisi penyakit yang mempengaruhi otak dan / atau sumsum tulang belakang, menyebabkan berbagai gejala potensial, termasuk gangguan penglihatan, kesulitan menggerakkan tangan atau kaki, dan […]