Artritis Rheumatoid

Radang Sendi Kronis Artritis Rheumatoid

Artritis Rheumatoid adalah radang sendi kronis yang bersifat autoimun, inflamasi, dan kadang sistemik. Rheumatoid arthritis adalah jenis peradangan sendi yang bersifat kronis, sedangkan osteoartritis adalah jenis arthritis yang paling umum dari radang sendi secara keseluruhan.

Rheumatoid arthritis biasanya berkembang antara usia 30an dan 50an tahun, namun bisa menyerang di usia berapapun. Rematoid artritis lebih mempengaruhi wanita daripada pria dengan perbandingan 3 :1.

Penyebab dan Faktor Resiko

Penyebab pasti artritis rheumatoid tidak diketahui. Meski begitu, ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko rematoid artritis atau dipicu kondisi penyakit tertentu pada individu.

Penyakit ini paling mungkin terjadi pada seseorang yang rentan dengan paparan sesuatu, kemudian memicu proses autoimun dan inflamasi.

Tanda dan Gejala Umum

Tanda-tanda umum rheumatoid arthritis biasanya mulai di tangan. Ada beberapa karakteristik dan gejala fisik yang mengarah pada rheumatoid arthritis.

Biasanya, gejala artritis rheumatoid berkembang secara diam-diam atau bertahap. Beberapa gejala bisa muncul sejak dini, sementara yang lain berkembang dari waktu ke waktu. Berikut adalah beberapa gejalanya:

– Panas, bengkak, kaku, dan nyeri dimulai pada sendi kecil jari tangan dan kaki. Rasa nyeri sendi biasanya berpindah ke sendi lain.
– Sendi yang terkena biasanya simetris, artinya jika sakit sendi kiri akan menular ke sendi kanan.
– Kekakuan sendi di pagi hari yang berlangsung setidaknya satu jam atau lebih.
– Ada benjolan subkutan yang mungkin dipresentasikan
– Kelainan sendi dapat terjadi karena kerusakan tulang rawan, tendon, atau ligamen.
– Kelelahan, kehilangan nafsu makan, demam ringan, dan malaise (lemah, letih, lesu atau loyo)

Diagnosis

Diagnosis dan pengobatan dini artritis rheumatoid sangat penting. Ada “jendela kesempatan” untuk menghambat perkembangan penyakit sehingga kerusakan sendi permanen dapat dicegah. Seringkali, kerusakan sendi terjadi dalam dua tahun pertama setelah onset artritis rematoid.

Yang menyulitkan adalah bahwa belum ada dua kasus artritis rematoid yang sama persis, dan penyakitnya tidak dapat diprediksi. Beberapa pasien mengalami banyak rasa sakit, bahkan sinar-X saja belum bisa menunjukkan bukti konsisten untuk kerusakan sendi parah.

Beberapa pasien memiliki bukti kerusakan sendi parah pada sinar-X, namun mereka tidak mengalami banyak rasa sakit. Perbedaan diagnosis antara pasien ini memerlukan rheumatologist untuk mengamati keseluruhan gambaran klinis (riwayat kesehatan, pemeriksaan fisik, pencitraan, dan tes darah) untuk merumuskan diagnosis yang akurat dan memilih rencana perawatan terbaik.

Tes darah merupakan bagian penting dari proses diagnostik rheumatoid arthritis adalah tes anti-PKC. Uji anti-PKC dapat mendeteksi autoantibodi terhadap protein citrullinated yang memiliki spesifisitas tingkat tinggi untuk artritis rematoid.

Pengobatan

Ada pendekatan konservatif terhadap pengobatan artritis rheumatoid. Hari ini, methotrexate dianggap sebagai standar emas untuk mengobati rheumatoid arthritis. Beberapa orang menggunakan solusi pengobatan alami sebagai alternatif untuk rheumatoid arthritis.

Apakah Anda memilih jalur pengobatan tradisional atau medik, atau kombinasi keduanya, itu pilihan Anda. Aktivitas fisik akan membantu Anda mengurangi rasa sakit, menjaga kesehatan sendi yang masih sehat, dan membantu mencegah kerusakan lanjut pada sendi yang terkena.

Prognosis – Harapan hidup

Sekali lagi, pengobatan dini dapat membantu meminimalkan dampak artritis reumatoid. Konon, penyakit ini bisa berdampak besar pada pembatasan gerak aktivitas sehari-hari. Beberapa bagi sebagian orang, kondisi ini bisa menyebabkan kecacatan.

Menurut Johns Hopkins Arthritis Center, risiko kecacatan bahkan lebih tinggi di antara orang-orang dengan artritis reumatoid, dengan 60 persen dari penderita tidak dapat bekerja 10 tahun setelah penyakit ini dimulai.