Perbedaan Reumatoid Artritis dan Osteoartritis Berdasar Penyebab, Gejala & Diagnosis

Perbedaan Reumatoid Artritis dan Osteoartritis Berdasar Penyebab, Gejala & Diagnosis

Osteoartritis (OA) adalah jenis arthritis yang paling umum. Di sisi lain, Reumatoid Artritis (RA) diakui sebagai jenis arthritis yang paling melumpuhkan. Lalu, apa perbedaan khusus antara kedua artritis tersebut?

Beda Reumatoid Artritis dan Osteoartritis
Photo Credit:Alila Medical Media

Difinisi

Osteoarthritis juga disebut sebagai penyakit sendi degeneratif atau radang sendi. Hal ini disebabkan oleh rusaknya tulang rawan sendi, yaitu bantalan antara tulang yang membentuk sendi.

Rheumatoid arthritis adalah jenis radang kronis yang diklasifikasikan sebagai penyakit autoimun. Reumatoid artritis mempengaruhi sinovium (lapisan sendi), namun organ tubuh lain juga dapat terpengaruh.

Penyebab

Osteoarthritis disebabkan oleh faktor lain yang dapat meningkatkan risiko meliputi cedera sendi, tumpuan berulang atau stress sendi, kelebihan berat badan, dan riwayat keluarga / genetika.

Rheumatoid arthritis disebabkan oleh respons autoimun abnormal yang terkait dengan penyakit ini. Belum ada penyebab tunggal atau cidera yang ditemukan.

Gejala

Osteoartritis mempengaruhi persendian. Gejala yang paling umum adalah:

– Nyeri pada sendi yang terkena setelah penggunaan berulang atau aktivitas
– Kekakuan sendi pada pagi hari yang berlangsung setengah jam atau kurang
– Nyeri sendi sering memburuk di kemudian hari
– Pembengkakan, panas, dan kekakuan sendi yang terkena setelah lama tidak aktif
– Pembentukan tulang taji, pembesaran tulang (simpul Heberden dan nodus Bouchard di tangan), dan rentang gerak yang terbatas.

Gejala rheumatoid arthritis meliputi:

– Nyeri sendi
– Pembengkakan sendi atau efusi
– Kekakuan sendi
– Kemerahan dan / atau kehangatan di dekat sendi
– Rentang gerak terbatas
– Kekakuan pagi berlangsung lebih dari satu jam
– Keterlibatan sendi kecil tangan dan kaki
– Kelelahan ekstrem
– Adanya nodul reumatoid
– Keterlibatan simetris bersama (kedua lutut atau siku, tidak hanya satu)
– Ada keterlibatan paru-paru, ginjal, atau jantung

Diagnosis

Di sinilah beberapa kesamaan terjadi. Penyinaran -X pada sendi yang terkena dapat menunjukkan kerusakan sendi yang terkait dengan osteoartritis atau rheumatoid arthritis.

Uji Arthrocentesis, pengangkatan cairan sendi, dan analisis cairan sendi merupakan prosedur yang memungkinkan yang dapat menilai osteoarthritis atau rheumatoid arthritis. Hasil uji bisa membedakan tipe arthritis mana yang terlibat.

Tes darah tidak dapat secara pasti mendiagnosis osteoarthritis, namun dapat digunakan untuk menentukan reumatoid artritis.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Manfaat Daun dan Umbi Singkong Untuk Obat Rematik Dan Cara Membuatnya Rematik, merupakan penyakit autoimun yang menganggu aktivitas. Rheumatoid arthritis (RA) atau biasa disebut rematik merupakan penyakit autoimun dengan adanya peradangan yang kronis tanpa diketahui penyebab yang jelas. Pada rematik, […]
  • IStilah Dan Kamus Reumatoid Artritis Reumatoid artritis (RA) adalah penyakit autoimun dimana sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang persendian menyebabkan peradangan jaringan yang melapisi bagian dalam sendi (synovium) Sinovium berperan membuat cairan yang melumasi […]
  • Dosis, Efek Samping & Gejala Alergi Methotrexate Untuk Reumatoid Artritis Dosis metotreksat untuk rheumatoid arthritis atau radang/nyeri sendi, atau jenis arthritis lainnya harus diminum setiap minggu, tidak setiap hari seperti kebanyakan obat lain, kecuali jika dokter Anda telah benar-benar […]
  • Artritis Rheumatoid Artritis Rheumatoid adalah radang sendi kronis yang bersifat autoimun, inflamasi, dan kadang sistemik. Rheumatoid arthritis adalah jenis peradangan sendi yang bersifat kronis, sedangkan osteoartritis adalah jenis arthritis yang paling […]
  • 23 Cara Terapi Alami Untuk Artritis Reumatoid Dari Ahli Naturopati Dokter yang mengkhususkan diri pada perawatan alami disebut naturopatis. Pengobatan naturopati bertujuan untuk membantu tubuh menyembuhkan dirinya sendiri dengan modalitas bahan alami atau suplemen alami. Dr. Andrew Weil, MD, di situsnya […]