IStilah Dan Kamus Dalam Sakit Pinggang

Nyeri pinggang bawah sangat bervariasi mulai dari kadang muncul kadang tidak, kemudian berkembang secara bertahap hingga nyeri terus-menerus di pinggang bawah.

Penyebab yang paling umum adalah ketegangan otot yang sering dikaitkan dengan kerja fisik berat, mengangkat atau gerakan kuat mendadak, membungkuk atau memutar punggung, atau berdiri terlalu lama.

Hampir semua orang, pada suatu saat selama hidup, dia akan mengalami sakit pinggang bawah kemudian menjalar ke bokong dan kadang-kadang menjadi satu atau kedua ekstremitas bawah (seluruh kaki).

Kamus Sakit Pinggang

Sakit punggung akut: Jenis nyeri punggung yang berlangsung kurang dari tiga sampai enam bulan. Hal itu bisa terjadi secara tiba-tiba dan mungkin akibat luka atau sakit.

Analgesik: obat penghilang rasa sakit

Bone graft: Sebuah cara untuk membangun kembali struktur tulang menggunakan tulang dari dari tubuh sendiri atau orang lain, atau dari bahan sintetis.

Vertebra serviks: Tujuh vertebra yang menopang leher, disebut secara terpisah oleh angka: C1, C2, C3, C4, C5, C6, dan C7.

Nyeri punggung kronis: Jenis nyeri punggung yang berlanjut selama lebih dari tiga sampai enam bulan.

Lumbago adalah istilah lama non medis untuk menggambarkan nyeri punggung bagian bawah atau sakit punggung secara umum.

Coccyx: Serangkaian vertebra yang menyatu membentuk ujung tulang ekor dari tulang belakang.

Dekompresi: Penghapusan sesuatu yang menekan saraf atau sumsum tulang belakang melalui operasi tulang belakang

Disk/cakram: Pad jaringan antara dua vertebra yang melindungi tulang belakang dan memungkinkan tulang belakang menjadi fleksibel dan mudah digerakkan.

Penggantian disk: Pembedahan dan penggantian disk yang rusak.

Ruang epidural: Area antara tulang, selaput otak dan sumsum tulang belakang.

Kyphoplasty: Prosedur yang biasanya digunakan untuk memperbaiki fraktur kompresi vertebralis. Pengisi tulang sintetik (atau semen) kemudian disuntikkan untuk stabilitas tulang.

Ligamen: Jaringan kuat yang menahan tulang di sendi.

Lumbar vertebrae: Kelima vertebra di punggung bagian bawah.

Relaksan otot: Obat yang membantu mengendalikan dan meredakan kejang otot.

Obat antiinflamasi non steroid (NSAID): Obat atau resep yang digunakan untuk mengobati rasa sakit dan mengurangi peradangan.

Opioid atau opiat: Obat nyeri seperti morfin untuk mengendalikan persepsi rasa sakit dengan mengikat reseptor tertentu pada sistem saraf pusat.

Sakit punggung berulang: Sakit punggung yang berlangsung sebentar, hilang, dan kemudian kembali.

Terapi relaksasi: Teknik yang dipelajari untuk membantu merilekskan pikiran dan tubuh, yang dapat digunakan untuk membantu mengurangi nyeri punggung.

Stimulator spinal cord: Perangkat yang menggunakan sinyal listrik untuk membantu mengatasi nyeri punggung. Stimulator sumsum tulang belakang mungkin berada di luar tubuh atau ditanamkan di dalam tubuh, sama seperti alat pacu jantung.

Cairan spinal: Juga dikenal sebagai cairan serebrospinal (CFS), ini adalah cairan yang mengelilingi sumsum tulang belakang dan otak.

Manipulasi spinalis: Penanganan spinal, dimaksudkan untuk menyetel kembali tulang belakang dan elemen lainnya untuk pengobatan rasa sakit.

Spine: Struktur tulang untuk menstabilkan tubuh yang terdiri dari vertebra, ligamen, cakram/disk, dan saraf.

Tendon: Band jaringan yang tmenahan otot ke tulang.

Vertebra toraks: 12 vertebra antara leher, vertebra dan vertebra bagian bawah (lumbar).

Stimulasi saraf listrik transkutaneous (TENS – Transcutaneous electrical nerve stimulation): Penggunaan alat sebagai kejutan kecil untuk merangsang tubuh menyembuhkan dirinya sendiri.

Vertebra: Salah satu dari 33 struktur tulang di belakang yang saling berjejer dan bertumpuk satu sama lain, dengan disk di antaranya untuk memberi kelenturan.

Fraktur kompresi vertebral: Fraktur, atau pecah, pada vertebra, yang membuat vertebra runtuh, cacat

Vertebroplasti: Prosedur di mana filler tulang sintetis disuntikkan ke vertebra yang retak untuk membantu menstabilkannya.

Sendi zygapophyseal: Juga dikenal sebagai sendi “Z” atau sendi facet, ini adalah sendi antara vertebra yang paling berdekatan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • IStilah Dan Kamus Reumatoid Artritis Reumatoid artritis (RA) adalah penyakit autoimun dimana sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang persendian menyebabkan peradangan jaringan yang melapisi bagian dalam sendi (synovium) Sinovium berperan membuat cairan yang melumasi […]
  • IStilah Dan Kamus Kanker USus Kanker kolorektal adalah kanker kolon (usus besar) atau rektum. Dalam kasus yang paling sulit - ketika kanker telah menyebar ke hati, paru-paru atau tempat lain - operasi menjadi pilihan bagi banyak orang, serta memperpanjang dan […]
  • Istilah Dan Kamus Dalam Penyakit Ginjal Akut – Kronis Apa itu penyakit gagal ginjal kronik? Penyakit ginjal kronis terjadi saat ginjal tidak lagi mampu membersihkan racun dan produk limbah dari darah yang terjadi secara bertahap, lama kelamaan ginjal mengalami gagal fungsi sama […]
  • Istilah Dan Kamus Penyakit Herpes Herpes adalah infeksi yang disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV). Herpes mulut menyebabkan luka dingin di sekitar mulut atau wajah. Genital herpes mempengaruhi alat kelamin, bokong atau daerah dubur. Genital herpes adalah penyakit […]
  • IStilah Dan Kamus Penyakit Keringat Berlebihan Berkeringat berlebihan (hiperhidrosis), terutama di telapak tangan, ketiak, pangkal paha dan telapak kaki, adalah masalah yang umum terjadi. Selain mengganggu aktivitas normal sehari-hari, keringat berlebihan bisa menyebabkan kecemasan […]