Hit enter after type your search item
Statistik Penyebaran Virus Corona Di Indonesia Dan Dunia - Terbaru Hari Ini!
Lihat Di Sini
Home / Penyakit / Nyeri Sendi / IStilah Dan Kamus Reumatoid Artritis

IStilah Dan Kamus Reumatoid Artritis

(0)

Reumatoid artritis (RA) adalah penyakit autoimun dimana sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang persendian menyebabkan peradangan jaringan yang melapisi bagian dalam sendi (synovium) Sinovium berperan membuat cairan yang melumasi persendian dan membantu sendi agar bergerak dengan lancar.

Reumatoid artritis paling sering menyerang sendi tangan, kaki, pergelangan tangan, siku, lutut dan pergelangan kaki. Efek sendi yang terkena biasanya simetris. Itu berarti jika satu lutut atau tangan terkena, biasanya yang satunya juga kena.

Karena Reumatoid artritis juga bisa mempengaruhi sistem tubuh lain, seperti sistem kardiovaskular atau pernafasan, maka Reumatoid artritis termasuk penyakit sistemik. Sistemik berarti “seluruh tubuh.”

Kamus Reumatoid Artritis

Ankylosing spondylitis – kondisi inflamasi yang mempengaruhi fleksibilitas tulang belakang, menyebabkan penurunan pergerakan sendiAntibodi – protein darah yang terbentuk sebagai respons terhadap kuman, virus atau zat lain yang tubuh anggap asing atau berbahaya.

Anti-PKC (anti cyclic citrullinated peptide) – tes darah yang digunakan untuk membantu diagnosis rheumatoid arthritis dan membedakannya dari jenis arthritis lainnya

Anti-TNF (anti-tumor necrosis factor) – TNF adalah zat kimia yang dibuat oleh sistem kekebalan tubuh, bila dibuat di sendi akan menyebabkan proses peradangan dan kerusakan sendi.

Biomarker – ini adalah molekul biologis yang berguna dalam mengukur keberadaan atau perkembangan penyakit atau efek dari pengobatan tertentu. Anti-PKC adalah biomarker.

Cognitive Behavioral Therapy (CBT) – adalah terapi yang digunakan untuk membantu orang memahami bahwa kepercayaan negatif atau ‘self-talk negatif’ mereka seringkali tidak akurat dan dapat menyebabkan emosi dan merusak pemikiran sendiri.

Komorbiditas – adanya dua penyakit kronis pada satu orang pada saat bersamaan; Misalnya, penderita penyakit sendi rheumatoid arthritis dan psoriasis penyakit kulit.

Kortikosteroid – obat yang digunakan untuk menghilangkan peradangan dan nyeri, kadang-kadang disebut steroid.

Protein C-reaktif (CRP) – protein yang ditemukan di dalam darah. Tingkat protein C-reaktif dalam darah meningkat sebagai respons terhadap peradangan.

Sitokin – sitokin adalah sel sistem kekebalan (ditemukan dalam cairan sinovial) yang telah dikaitkan dengan proses peradangan dan kerusakan tulang rawan.

Sendi facet – sendi facet adalah sendi kecil di belakang tulang belakang antara vertebra yang memungkinkan tulang belakang bergerak.

Fibrosis – pembentukan jaringan parut kadang disebabkan oleh proses penyembuhan yang berlebihan.

Obat imunosupresan – obat yang menekan pergerakan sistem kekebalan tubuh.

Interleukin-1 (IL-1) – adalah salah satu sitokin pro-inflamasi dalam sistem kekebalan yang dianggap berperan dalam proses penyakit rheumatoid arthritis, termasuk erosi tulang.

Remisi – vonis hilangnya tanda dan gejala suatu penyakit.

Nodul Rheumatoid – benjolan kecil jaringan yang terbentuk di bawah kulit. Nodul paling sering terjadi pada siku, di mana biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Nodul di jari bisa menjadi gangguan.

Rheumatologist – konsultan dokter spesialis penyakit rheumatologi.

Sjogren’s sindrome – adalah suatu kondisi yang mempengaruhi kelenjar penghasil air liur dan air mata sebagai didiagnosis kondisi primer atau kondisi sekunder terhadap rheumatoid arthritis.

Cairan sinovial – cairan yang diproduksi di dalam kapsul sendi yang memberi makan tulang rawan dan melumasi sendi.

Synovium – membran dalam kapsul sendi yang menghasilkan cairan sinovial.

Penyakit sistemik – penyakit yang bisa mempengaruhi seluruh tubuh, atau banyak bagian tubuh, termasuk organ dalam.

Vaskulitis – radang di dinding pembuluh darah.

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :