Ulasan : Sakit Pinggang Lumbar Herniasi Diskus

Semua orang bisa menderita penyakit lumbar herniasi diskus di bagian tulang belakang Anda. Tapi sebagian besar penyakit ini mempengaruhi punggung bagian bawah (lumbago tulang belakang).

Beberapa terjadi di leher (tulang belakang servikal) dan, lebih jarang lagi, di punggung bagian atas (tulang belakang torasik).

Apa itu herniasi diskus?

Penyakit herniasi diskus (herniated disc) adalah kerusakan cincin atau cakram tulang belakang yang bertindak sebagai bantalan peredam kejut agar tulang belakang Anda tetap lentur saat Anda beraktifitas.

Tulang vertebra membentuk susunan tulang belakang di punggung yang dilapisi oleh cakram kecil dan spons yang disebut diskus tulang belakang.

Bila cakram ini sehat, mereka bertindak sebagai per peredam kejut antar ruas tulang belakang sehingga tulang belakang menjadi fleksibel.

Tapi bila cakram ini rusak, pecah atau tergelincir. Ini disebut penyakit lumbar herniasi diskus (herniated disc)

Penyebab hernia diskus

Ada beberapa penyabab penyakit hernia disk seperti:

1. Disk mengering dan sobek.

Seiring bertambahnya usia, cakram Anda mengering dan tidak fleksibel.

2. Cedera tulang belakang.

Cedera bisa mengakibatkan cairan gel tebal di dalam cakram dapat dipaksa keluar melalui retakan di lapisan luar disk. Hal ini menyebabkan diskus menonjol atau terbuka.

Ciri-ciri dan gejala lumbar herniasi diskus

Bila Anda menekan pinggang dengan jari, Anda bisa merasa kesakitan sakit, kadang mati rasa, dan kelemahan di daerah tubuh dimana saraf bergerak.

Herniasi diskus juga menyebabkan rasa sakit dan mati rasa di pantat dan di kaki. Ini disebut skiatika. Skiatika adalah gejala yang paling umum dari disk hernia di punggung bawah.

Baca selengkapnya : apa itu sakit pinggang skiatika

Jika diskus tidak menekan saraf, Anda mungkin tidak mengalami sakit punggung atau tidak sakit sama sekali.

Jika Anda memiliki kelemahan atau mati rasa di kedua kaki bersamaan dengan hilangnya fungsi kontrol kandung kemih atau usus, Ini bisa menjadi pertanda adanya penyakit serius yang disebut sindrom cauda equina.

Diagnosa hernia disk

Dokter mungkin akan mendiagnosis disk hernia dengan mengajukan pertanyaan tentang gejala yang Anda rasakan. Jika gejala jelas menunjuk ke disk hernia, Anda mungkin tidak memerlukan tes.

Terkadang seorang dokter akan melakukan tes seperti MRI atau CT scan untuk mengkonfirmasi adanya lumbar hernia disk.

Tips perawatan sakit pinggang hernia diskus

Gejala dari sakit lumbago hernia disk biasanya membaik dalam beberapa minggu atau bulan, bantu tubuh Anda memulihkan kesehatan, dengan:

– Istirahat yang cukup.

Jika Anda masih tetap dalam kesibukan, kerusakan disk menjadi lebih parah.

Namun, isntirahat berlebihan di tempat tidur selama lebih dari 1 atau 2 hari dapat melemahkan otot yang memperburuk masalah.

Imbangi istirahat dengan aktifitas ringan lainnya semisal jalan sehat, ini bisa membantu.

– Kompres hangat.

Coba gunakan kompres kain hangat 15 sampai 20 menit setiap 2 atau 3 jam di pinggang Anda yang sakit.

– Mandi air hangat

Cobalah mandi air hangat, dan kompres pinggang sakit dengan kain sedikit panas untuk melenturkan otot pinggang

– Kompres dingin.

Anda juga bisa mencoba kompres es selama 10 sampai 15 menit setiap 2 sampai 3 jam sekali pada pinggang sakit.

– Latihan dan fisioterapi

Lakukan latihan yang disarankan dokter atau terapis fisik untuk membantu otot punggung tetap kuat dan mencegah cedera lain.

– Konsultasi ke dokter

Tanyakan kepada dokter Anda tentang obat untuk mengatasi gejala herniasi disk. Pengobatan belum tentu dapat menyembuhkan disk hernia, tapi bisa membantu dengan mencegah rasa sakit dan pembengkakan.

Pencegahan

Setelah Anda menderita hernia disk, Anda cenderung memiliki masalah punggung di masa depan. Untuk membantu menjaga kesehatan punggung Anda tetap sehat dan mencegah cidera masa depan, ikuti tips di bawah ini

– Hindari mengangkat beban berat.
– Jangan membungkukkan pinggang saat mengambil sesuatu dari bawah. Tekuk lutut Anda, dan jongkok.
– Gunakan postur tubuh yang baik. Saat Anda berdiri atau berjalan kaki, pegang bahu Anda ke belakang dan ke bawah, dagu Anda keluar, dan perut Anda posisi masuk. Ini akan membantu menopang tulang pinggang Anda.
– Lakukan olahraga secara teratur.
– Jaga berat badan yang sehat untuk mengurangi beban di pinggang Anda.
– Jangan merokok, ini bisa meningkatkan risiko cedera disk.

Biasanya lumbago hernia disk akan sembuh sendiri dari waktu ke waktu. Bersabarlah, dan terus mengikuti rencana perawatan Anda.

Jika gejala Anda tidak membaik dalam beberapa bulan, mungkin Anda ingin berbicara dengan dokter tentang pembedahan.