10 Tanaman Untuk Obat Nyeri Sendi Tradisional Artritis Reumatoid

10 Tanaman Untuk Obat Nyeri Sendi Tradisional Artritis Reumatoid

Tanaman obat adalah solusi bagus untuk manajemen sakit dan nyeri sendi. Namun, kontraindikasi sering timbul saat mengkonsumsi obat tradisional dgn obat yang telah diresepkan dokter Anda.

Hati-hati mengonsumsi obat tradisonal jika Anda menggunakan obat pengencer darah, diuretik atau pengobatan terkait jantung. Konsultasikan apapun dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi obat tradisonal tambahan.

Berikut adalah list tanaman dan non tanaman yang bermanfaat sebagai obat nyeri sendi tradisional.

1. Rumput laut

Rumput laut (Fucus vesiculosus) dapat menurunkan progresi nyeri sendi artritis. Rumput laut bercoklat tua ini adalah sebuah tonik yang menenangkan dan bergizi. Perhatian: Jika memiliki masalah tiroid aktif (hiper), jangan mengonsumsi kapsul rumput laut.

2. Batang nanas

Bromelain adalah enzim tanaman yang ditemukan di jus nanas dan di batang tanaman nanas. Bromelain memiliki efek anti-inflamasi dan merupakan pengobatan yang sangat efektif untuk radang sendi artritis reumatoid dan fibromyalgia.

Dianjurkan untuk minum kapsul bromelain 200 sampai 400 miligram tiga kali sehari pada waktu perut kosong setidaknya sembilan puluh menit sebelum atau tiga jam setelah makan. Hentikan penggunaan jika Anda mengalami gatal atau ruam.

3. Jahe

Jahe telah digunakan dalam pengobatan Ayurveda di Cina sebagai antiinflamasi. Mengambil 6-50 gram tinktur cair segar atau bubuk jahe per hari menunjukkan bahwa jahe bisa membantu mengatasi sakit sendi. Dosis yang disarankan: 0,5 sampai 1 mg bubuk jahe setiap hari

4. Ginseng

Ginseng (Eleuthero senticosus) bermanfaat terutama untuk rheumatoid arthritis. Akar ginseng terkenal dan banyak digunakan untuk meningkatkan energi vital, sebagai ramuan adaptogen, memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Perhatikan efek samping jahe. Obat tradisional ini hanya untuk jangka pendek. Penggunaan jangka panjang dapat memperparah kecemasan, lekas marah dan meningkatkan tekanan darah tinggi.

5. Tanaman ekor paku kuda

Paku kuda (Equisetum arvense): sebagai anti inflamasi dan pereda radang sendi karena kandungan silika dan sengnya yang tinggi. Gulma ini bekerja dengan baik untuk arthritis, terutama jika disinergikan dengan akar dandelion.

6. Akar Dandelion

Akar Dandelion (Taraxacum Officinale): direkomendasikan untuk arthritis degeneratif. Ramuan tradisional ini terkenal karena sifat diuretik pada semua jenis penyakit liver.

Selain itu, suplemen akar dandelion juga meningkatkan pencernaan yang baik, memainkan peran penting dalam detoksifikasi, meningkatkan imunitas tubuh, dan meredakan nyeri sendi kronis artritis ( baik reumatoid atau osteoartritis)

7. Kunyit

Kunyit adalah obat tradisional ayurveda dan obat yang telah diteliti karena kemampuannya untuk mempromosikan respons anti peradangan yang sehat, mendukung kesehatan kardiovaskular, dan mendukung pertumbuhan sel normal.

Dosis kapsul atau serbuk kunyit: 400 mg tiga kali sehari; Ambil perut kosong dan kombinasikan dengan 1.000 mg bromelain

8. Akar ubi jalar

Akar ubi jalar (Dioscorea villosa): sangat bermanfaat dalam pengobatan rheumatoid arthritis. Akar ubi jalar yang kering dikenal karena sifat anti-inflamasi dan antispasmodiknya. Akar ini bekerja dalam sinergi yang indah dengan kulit kayu putih.

9. Kulit kayu putih

Kulit kayu putih (White Willow Bark) memiliki sifat efek anti-inflamasi dan penghilang rasa sakit. Ekstrak kayu putih 60-120 mg salisin per hari untuk mampu mengendalikan rasa nyeri akibat rheumatoid arthritis. Meskipun tindakan analgesik biasanya lamban, namun bisa bertahan lebih lama dari pada aspirin

10. Kerang laut

Kerang laut (non tanaman) mengandung glukosamin sulfat (GS), bermanfaat untuk memperbaiki kartilago sendi. Glukosamin telah secara signifikan mengurangi gejala artritis reumatoid dan osteoartritis.

Glukosamin merangsang produksi elemen spesifik tulang rawan dan melindunginya. Ini juga membantu tubuh untuk memperbaiki tulang rawan yang bengkok, mengurangi rasa sakit dan memperbaiki fungsinya.

Lalu, darimana glukosamin di tanaman? Ada alternatif jika ANda seorang vegetarian. Sumber glukosamin bisa diambil fermentasi gandum atau jagung.

Untuk membuat glukosamin dari tanaman bekerja efektif, disarankan mendapatkan cukup vitamin C dan mineral mangaan dalam makanan Anda.

Kondroitin adalah bagian utama tulang rawan. Glukosamin membantu melindungi tulang rawan Anda dan merangsang produksi tulang rawan baru.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Dosis, Efek Samping & Gejala Alergi Methotrexate Untuk Reumatoid Artritis Dosis metotreksat untuk rheumatoid arthritis atau radang/nyeri sendi, atau jenis arthritis lainnya harus diminum setiap minggu, tidak setiap hari seperti kebanyakan obat lain, kecuali jika dokter Anda telah benar-benar […]
  • Perbedaan Reumatoid Artritis dan Osteoartritis Berdasar Penyebab, Gejala & Diagnosis Osteoartritis (OA) adalah jenis arthritis yang paling umum. Di sisi lain, Reumatoid Artritis (RA) diakui sebagai jenis arthritis yang paling melumpuhkan. Lalu, apa perbedaan khusus antara kedua artritis tersebut? Difinisi Osteoarthritis […]
  • Manfaat Daun dan Umbi Singkong Untuk Obat Rematik Dan Cara Membuatnya Rematik, merupakan penyakit autoimun yang menganggu aktivitas. Rheumatoid arthritis (RA) atau biasa disebut rematik merupakan penyakit autoimun dengan adanya peradangan yang kronis tanpa diketahui penyebab yang jelas. Pada rematik, […]
  • Resep Sate Buah Celup Cokelat Sederhana Bicara mengenai resep sate mungkin fikiran anda tertuju pada resep sate daging? Namun untuk kali ini tidak. Karena resep sate yang akan kami racik adalah resep sate buah. Dengan paduan berbagai buah dan lelehan cokelat, resep sate buah […]
  • Gagal Ginjal Akut Gagal ginjal akut adalah kehilangan atau penurunan fungsi ginjal secara tiba-tiba yang terjadi ketika ginjal berhenti bekerja selama beberapa jam, hari, atau minggu. Ginjal berbentuk seperti kacang kedelai. Fungsinya: untuk […]