Ankylosing Spondilitis

Sakit Tulang Ankylosing Spondilitis

Apa itu sakit tulang ankylosing Spondilitis? Ankylosing spondylitis adalah sejenis radang sendi atau artritis yang mempengaruhi tulang belakang, dengan gejala nyeri dan kaku dari tulang leher hingga punggung bagian bawah, menyebabkan postur bungkuk.

Ankylosing spondylitis tidak hanya menimpa orang lanjut usia, namun bisa mempengaruhi usia berapapun. Namun, penyakit spondilitis paling sering menyerang pria di usia remaja dan 20an.

Gejala

Gejala awal yang paling umum dari ankylosing spondylitis meliputi:

– Tulang nyeri dan kaku

Nyeri dan kaku di punggung bawah, bokong, dan pinggul yang berlanjut hingga lebih dari tiga bulan.

– Fusi tulang

Ankylosing spondylitis menyebabkan pertumbuhan tulang yang terlalu tinggi, ada penggabungan tulang secara abnormal, yang disebut “fusi tulang”.

Fusi ini mempengaruhi tulang leher, punggung, atau pinggul yang mengganggu kemampuan seseorang saat aktivitas rutin. Kadang, orang merasa kesulitan bernafas karena ada fusi tulang rusuk atau tulang dada ke tulang belakang

– Nyeri pada ligamen dan tendon.

Sakit tulang spondilitis mempengaruhi beberapa ligamen dan tendon yang menempel pada tulang. Tendonitis (radang tendon), menyebabkan rasa sakit dan kekakuan di belakang pergelangan kaki.

– Deman dan kelelahan

Orang yang menderita gejala sakit tulang spondilitis mungkin mengalami demam, kelelahan, dan kehilangan nafsu makan.

– Radang mata

Kadang, muncul radang mata (kemerahan dan nyeri) terjadi pada beberapa orang dengan spondilitis. Dalam kasus yang jarang terjadi, muncul gangguan pada paru-paru dan jantung.

Penyebab

Meskipun penyebab sakit tulang ankylosing spondilitis tidak diketahui, ada hubungan keturunan/genetik dalam keluarga yang kuat.

Kebanyakan, tapi tidak semua, orang dengan spondilitis membawa gen yang disebut HLA-B27 yang lebih mungkin untuk mengembangkan spondilitis

Diagnosa

Diagnosis ankylosing spondylitis didasarkan pada beberapa faktor, diantaranya:

– Gejala
– Pemeriksaan fisik
– Hasil scan sinar-X bagian belakang dan panggul
– Pengukuran dada saat bernafas
– Hasil tes laboratorium

Pengobatan

Belum ada obat untuk ankylosing spondylitis, tapi ada perawatan untuk mengurangi ketidaknyamanan dan memperbaiki fungsi tulang.

Tujuan pengobatan adalah mengurangi rasa nyeri dan kekakuan, menjaga postur tubuh lebih baik, mencegah deformitas, dan menjaga kemampuan untuk melakukan aktivitas normal.

Beberapa perawatan untuk memperbaiki penyakit tulang spondilitis termasuk

1. Terapi fisik, untuk menjaga fungsi dan meminimalkan deformitas.

2. Olahraga. Program latihan sehari-hari membantu mengurangi kekakuan, menguatkan otot di sekitar sendi dan mencegah atau meminimalkan risiko kecacatan.

3. Latihan pernafasan, untuk membantu tulang dada tetap fleksibel

4. Berenang adalah bentuk olahraga yang sangat baik untuk orang dengan ankylosing spondylitis.

5. Obat-obatan, membantu menghilangkan rasa sakit dan kekakuan, termasuk

– Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) – seperti ibuprofen, naproxen, dan aspirin – adalah obat yang paling sering digunakan untuk pengobatan spondilitis.

– Obat-obatan antirematik seperti methotrexate (Rheumatrex), dapat digunakan bila NSAID saja tidak cukup untuk mengurangi peradangan, kekakuan, dan rasa sakit.

– Ada obat terbaru untuk sakit tulang spondilitis seperti: adalimumab (Humira), adalimumab-atto (Amjevita), biosimilar ke Humira, certolizumab pegol (Cimzia), etanercept (Enbrel), etanercept-szzs (Erelzi), biosimilar ke Enbrel, golimumab (Simponi Aria, Simponi), infliximab (Remicade), dan infliximab-dyyb (Inflectra), biosimilar ke Remicade, dan secukinimab (Cosentyx).

– Antidepresan Cymbalta telah disetujui untuk nyeri tulang punggung kronis. Suntikan steroid ke dalam sendi atau tendon dapat membantu dalam beberapa kasus.

6. Operasi. Operasi penggantian sendi tiruan mungkin merupakan pilihan pengobatan terakhir jika penyakit mempengaruhi sendi pinggul atau lutut.

7. Perubahan gaya hidup

– Penderita spondilitis dilarang merokok atau karena memperburuk kondisi.
– Tidur posisi datar. Penderita spondilitis didorong untuk tidur di kasur yang kokoh dengan punggung lurus dan bantal tipis.
– Jangan menopang kaki di atas bantal karena bisa menyebabkan fusi pinggul atau lutut dalam posisi membungkuk.
– Pilih kursi, meja, dan permukaan kerja lainnya yang nyaman untuk menghindari posisi membungkuk.

Penderita sakit tulang ankylosing spondylitis harus menghindari gerakan mendadak yang menyakiti tulang, seperti melompat atau jatuh.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Artritis Rheumatoid Artritis Rheumatoid adalah radang sendi kronis yang bersifat autoimun, inflamasi, dan kadang sistemik. Rheumatoid arthritis adalah jenis peradangan sendi yang bersifat kronis, sedangkan osteoartritis adalah jenis arthritis yang paling […]
  • Penyebab Sakit Pinggang Selama Kehamilan Dan Cara Mengatasi Penyebab Sakit Pinggang Selama Kehamilan terjadi akibat panggul melebar memenuhi tulang belakang yang menekan sendi sakroiliaka. Penyebab Ada banyak alasan, mengapa hal itu terjadi. Berikut adalah beberapa penyebab umum dari sakit […]
  • Nyeri dan Linu Tulang Pinggul Akibat Iritasi Saraf Skiatik Apa itu sakit tulang skiatika? Sakit tulang skiatika adalah linu panggul dengan gejala nyeri, kesemutan, atau mati rasa di tulang belakang bawah akibat iritasi pada akar saraf yang mengarah ke saraf skiatik. Saraf skiatik adalah serabut […]
  • IStilah Dan Kamus Dalam Sakit Pinggang Nyeri pinggang bawah sangat bervariasi mulai dari kadang muncul kadang tidak, kemudian berkembang secara bertahap hingga nyeri terus-menerus di pinggang bawah. Penyebab yang paling umum adalah ketegangan otot yang sering dikaitkan […]
  • Cedera Saraf Sumsum Tulang Belakang Cedera Saraf Sumsum Tulang Belakang atau yang dalam bahasa medis dikenal dengan istilah Spinal Cord Injury merupakan luka fatal pada saraf sumsum tulang belakang yang pada umumnya sering dialami korban pasca terjadinya kecelakaan […]