Nyeri dan Linu Tulang Pinggul Akibat Iritasi Saraf Skiatik

Nyeri dan Linu Tulang Pinggul Akibat Iritasi Saraf Skiatik

Apa itu sakit tulang skiatika? Sakit tulang skiatika adalah linu panggul dengan gejala nyeri, kesemutan, atau mati rasa di tulang belakang bawah akibat iritasi pada akar saraf yang mengarah ke saraf skiatik.

Saraf skiatik adalah serabut akar saraf yang keluar dari sumsum tulang belakang ke punggung bagian bawah.

Penyebab

Penyebab paling umum dari tulang skiatika atau tulang panggul ngilu adalah ada bantalan atau cakram di tulang belakang yang menonjol atau ruptur (herniated disc). Bantalan tulang belakang ini menekan akar saraf, menyebabkan iritasi saraf skiatik

Tapi tulang panggul ngilu juga bisa menjadi gejala kondisi lain yang mempengaruhi tulang belakang, seperti

1. Spinal stenosis, penyempitan kanal tulang belakang (spinal stenosis)
2. Tonjolan tulang, pertumbuhan tulang kecil di sepanjang sendi disebabkan oleh artritis,
3. Saraf terjepit atau tekanan akar saraf yang terjepit akibat luka.
4. Sindrom Piriformis . Piriformis adalah salah satu otot di dalam pantat yang menghubungkan tulang belakang bagian bawah ke tulang paha bagian atas, kemudian berjalan ke saraf skiatik.

Jika otot ini mengalami kejang, itu bisa memberi tekanan pada saraf skiatik, yang memicu gejala linu panggul. Sindrom piriformis lebih sering terjadi pada wanita.

5. Sakroiliitis. Sacroiliitis adalah peradangan pada salah satu atau kedua sendi sakroiliaka, titik di mana tulang belakang bagian bawah terhubung ke panggul.

Sacroiliitis dapat menyebabkan rasa sakit di bokong, punggung bawah, dan bahkan bisa meluas ke salah satu atau kedua kaki. Rasa sakit bisa memburuk Anda berdiri lama atau menaiki tangga. Tulang sakroiliitis dapat disebabkan oleh arthritis, luka, kehamilan, atau infeksi.

Dalam kasus jarang terjadi, panggul linu juga bisa disebabkan oleh kondisi yang tidak melibatkan tulang belakang, seperti tumor atau kehamilan.

Apa gejalanya?

Gejala sakit tulang skiatik termasuk rasa nyeri yang dimulai di tulang punggung, pantat hingga kaki. Kelemahan dan kesemutan di kaki juga bisa terjadi.

Duduk lama, berdiri untuk waktu yang lama, dan gerakan melenturkan tulang belakang (seperti latihan kelenturan lutut ke dada) dapat membuat gejala menjadi lebih buruk.

Namun gerakan seperti berjalan, berbaring, dan gerakan yang membuat rileks tulang belakang, ini bisa meringankan gejala.

Diagnosa

Sakit tulang sciatica didiagnosis dari riwayat kesehatan dan pemeriksaan fisik. Terkadang sinar-X dan tes lainnya seperti magnetic resonance imaging (MRI) dilakukan untuk membantu menemukan penyebabnya.

Cara mengobati

Dalam banyak kasus, sakit tulang sciatica atau panggul linu akan membaik dan hilang seiring berjalannya waktu. Pengobatan awal biasanya berfokus pada obat-obatan dan latihan untuk menghilangkan rasa sakit.

Anda dapat membantu mengurangi rasa sakit dengan:

– Menghindari duduk terlalu lama
– Berbaring atau berjalan kaki santai. Tingkatkan jarak jalan kaki jika telah hilang rasa sakit.
– Konsumsi acetaminophen (Tylenol) atau obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen (Advil) atau naproxen (Aleve). Baca dan ikuti semua petunjuk pada label.
– Cobalah mandi air hangat

Meskipun belum ada bukti kuat bahwa mandi air hangat akan mengobati tulang skiatik, namun Anda dapat mencobanya untuk mengetahui apakah tips ini membantu Anda.

Pengobatan tambahan untuk sakit tulang skiatik tergantung pada apa yang menyebabkan iritasi syaraf.

Jika gejala tidak segera membaik, dokter mungkin menyarankan terapi fisik, suntikan obat-obatan seperti steroid, obat pelemas otot atau opiat, atau bahkan operasi untuk kasus yang parah.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Ulasan : Sakit Pinggang Lumbar Herniasi Diskus Semua orang bisa menderita penyakit lumbar herniasi diskus di bagian tulang belakang Anda. Tapi sebagian besar penyakit ini mempengaruhi punggung bagian bawah (lumbago tulang belakang). Beberapa terjadi di leher (tulang belakang […]
  • Perbedaan Reumatoid Artritis dan Osteoartritis Berdasar Penyebab, Gejala & Diagnosis Osteoartritis (OA) adalah jenis arthritis yang paling umum. Di sisi lain, Reumatoid Artritis (RA) diakui sebagai jenis arthritis yang paling melumpuhkan. Lalu, apa perbedaan khusus antara kedua artritis tersebut? Difinisi Osteoarthritis […]
  • Artritis Rheumatoid Artritis Rheumatoid adalah radang sendi kronis yang bersifat autoimun, inflamasi, dan kadang sistemik. Rheumatoid arthritis adalah jenis peradangan sendi yang bersifat kronis, sedangkan osteoartritis adalah jenis arthritis yang paling […]
  • IStilah Dan Kamus Dalam Sakit Pinggang Nyeri pinggang bawah sangat bervariasi mulai dari kadang muncul kadang tidak, kemudian berkembang secara bertahap hingga nyeri terus-menerus di pinggang bawah. Penyebab yang paling umum adalah ketegangan otot yang sering dikaitkan […]
  • Ankylosing Spondilitis Apa itu sakit tulang ankylosing Spondilitis? Ankylosing spondylitis adalah sejenis radang sendi atau artritis yang mempengaruhi tulang belakang, dengan gejala nyeri dan kaku dari tulang leher hingga punggung bagian bawah, menyebabkan […]