Manfaat Daun dan Umbi Singkong Untuk Obat Rematik Dan Cara Membuatnya

Manfaat Daun dan Umbi Singkong Untuk Obat Rematik Dan Cara Membuatnya

Rematik, merupakan penyakit autoimun yang menganggu aktivitas. Rheumatoid arthritis (RA) atau biasa disebut rematik merupakan penyakit autoimun dengan adanya peradangan yang kronis tanpa diketahui penyebab yang jelas.

Pada rematik, muncul suatu kondisi rasa nyeri yang menetap yang mempengaruhi tangan dan kaki, juga beberapa persendian lainnya. Para ahli mencoba mencari alternatif untuk mengatasi rematik. Beberapa buah dan tumbuhan, dianggap bisa mengatasi penyakit ini. Termasuk penggunaaan singkong untuk rematik, yang semakin diigemari.

Pada wanita, jumlah penderita rematik 3 kali lebih banyak dibanding pria. Namun pada usia lanjut perbedaan tersebut akan semakin menurun. Wanita yang memiliki risiko terkena rematik antara lain memiliki riwayat preklamsia dan eklamsia (kejang saat hamil) dan  hipertensi saat hamil. Beberapa sumber mengatakan, sejauh ini penyebab rematik masih belum dapat diketahui. Faktor genetik memegang peranan penting dalam berkembangnya. Gaya hidup seperti merokok dan minuman beralkuhol ikut berpengaruh.

Penderita rematik biasanya akan mengalami gejala seperti nyeri persendian dan kekakuan lebih dari 6 minggu. Lelah, lemah, demam tingkat rendah, kehilangan nafsu makan. Nyeri otot dan lelah saat sore hari. Awalnya persendian terasa lunak, hangat dan bengkak utamanya pada tangan dan kaki. Persendian yang terlibat biasanya simetris dan rasa kaku biasanya lebih terasa di pagi hari. Nodul atau benjolan rematik dapat juga muncul kemudian.

Disamping rasa kaku dan nyeri, pada rematik juga sering ditemukan penumpukan cairan. Hal ini terutama ditemukan di pergelangan kaki. Beberapa kasus menemukan adanya akumulasi cairan pada  kantung sendi belakang lutut dan membentuk apa yang dikenal sebagai kista Baker. Kista ini mirip kanker jinak (tumor) dan kadang-kadang muncul ke di belakang betis sehingga menyebabkan rasa nyeri. Namun, Kista Baker juga bisa mempengaruhi pada orang sehat tanpa radang sendi rematik.

Adakalanya gejala remati hampir sama dengan gejala flu biasa. Gejala seperti flu ini memang tidak berhubungan langsung dengan rematik. Gejala tersebut bisa berupa rasa lelah, demam, tidak nafsu makan, penurunan berat badan, dan seringkali merasa kurang bersemangat. Bedanya dengan gejala flu biasa, gejala rematik ini muncul, dan seringkali merasa kurang bersemangat. Bedanya dengan gejala flu biasa, gejala rematik ini muncul berkepanjangan.

Untuk membuktikan apakah seseorang mengalami rematik, dan buka pegal linu biasa, dokter akan menganjurkan untuk melakukan serangkaian pemeriksaan, seperti pemeriksaan faktor rematik, antibodi anti suitrulin, adanya peningkatan sedimen eritrosit (darah merah).

Dalam dunia kedokteran umum, obat-obatan analgesik (penghilang rasa sakit) dan inflamasi (Obat radang) seringkali dijadikan pilihan utama untuk penyembuhan rematik. Pengobatan ini bertujuan untuk meningkatkan dan menjaga fungsional pasien hingga meningkatkan kualitas hidup pasien. Tujuan lainnya antara lain mengontrol penyakit dan nyeri persendian, mempertahankan kemampuan melakukan kegiatan sehari-hari, serta memperlambat kerusakan persendian.

Kandungan tanaman singkong untuk rematik

Sampai saat ini singkong dikenal dengan makanan rakyat yang memiliki rasa khas dan harga yang relatif murah. Walaupun singkong tidak dijajakan seperti makanan moderen, namun penyuka makanan ini sangatlah banyak. Di beberapa daerah di Indonesia, singkong juga digunakan sebagai makanan pokok pengganti nasi. Biasanya ini digunakan di daerah bagian timur Indonesia.

Singkong sendiri sebenarnya berasal dari Amerika tropis. Tanaman ini terbilang mudah tumbuh di manapun, baik di perkebunan, sawah, atau bahkan di perkarangan. Budidaya singkong saat ini mulai dikembangkan dengan melakukan stek pada batang singkong.

Tidak hanya enak dimakan, singkong juga memiliki banyak sekali fungsi untuk kesehatan. Kandungan senyawa kimia yang terdapat dalam singkong, menjadikan tumbuhan ini bisa membantu menyembuhkan penyakit. Biasanya bagian yang digunakan untuk kudapan dan obat adalah umbi dan daunnya.

Umbi singkong setelah diteliti banyak mengandung kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B dan C, dan amilum. Sedangkan daunnya mengandung vitamin A, B1 dan C, kalsium, kalori, fosfor, protein, lemak, hidrat arang, dan zat besi. Sementara kulit batang, mengandung tannin, enzim peroksidase, glikosida, dan kalsium oksalat Dilangsir, dengan banyaknya senyawa bermanfaat, maka fungsi singkong untuk rematik pun mulai diteliti.

Membuat Ramuan Singkong untuk mengobati rematik

Dalam beberapa sumber disebutkan, singkong memiliki aktivitas farmakologis yang beragam, antara lain antioksidan, antitumor, antikanker, dan mampu menambah nafsu makan. Dengan aktivitas yang beragam ini, singkong juga digunakan untuk membantu penyembuhan rematik. Fungsi singkong untuk rematik , didukung oleh banyaknya kandungan zat bermanfaat di dalamnya.

Dalam membantu menyembuhkan rematik, hal ini didukung oleh sifat antioksidan yang terdapat pada singkong, Mekanisme penggunaan singkong untuk  rematik, dilakukan dengan dua cara, yaitu penyembuhan dari dalam dan dari luar.

Untuk pemakaian luar, yang biasanya digunakan adalah bagian daunnya. Sebanyak lima lembar daun singkong ditambahkan dengan 15 gram jahe merah dan kapur sirih secukupnya, dihaluskan dan ditambahkan air secukupnya. Setelah diaduk, ramuan dioleskan pada bagian tubuh yang sakit.

Sedangkan untuk penyembuhan dalah, batang singkong bisa digunakan. Gunakan 100 gram batang singkong, satu batang sereh, dan 15 gram jahe direbus dengan 1.000 cc air hingga tersisa 400 cc. Lalu, disaring dan diminum airnya sebanyak 200 cc. Air rebusan ini bisa diminum sehari dua kali untuk mempercepat hasilnya. 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • IStilah Dan Kamus Reumatoid Artritis Reumatoid artritis (RA) adalah penyakit autoimun dimana sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang persendian menyebabkan peradangan jaringan yang melapisi bagian dalam sendi (synovium) Sinovium berperan membuat cairan yang melumasi […]
  • Dosis, Efek Samping & Gejala Alergi Methotrexate Untuk Reumatoid Artritis Dosis metotreksat untuk rheumatoid arthritis atau radang/nyeri sendi, atau jenis arthritis lainnya harus diminum setiap minggu, tidak setiap hari seperti kebanyakan obat lain, kecuali jika dokter Anda telah benar-benar […]
  • Manfaat Mengkudu Untuk Mengatasi Berbagai Penyakit Kanker Morinda citrifolia atau yang sangat dikenal dengan buah mengkudu adalah salah satu tumbuhan yang sampai saat ini masih menjadi kegemaran para peneliti, untuk terus dilakukan penelitian. Khasiatnya yang sangat banyak untuk kesehatan […]
  • Temu Putih Unggul Untuk Obat Alami Kanker Serviks Penelitian tentang penggunaan obat herbal untuk mengatasi penyakit kanker telah banyak dilakukan.  Sayangnya, hingga sekarang banyak peneliti yang belum mengungkapkan tentang aspek-aspek obat herbal.  Sampai saat ini, obat […]
  • Teh Camellia Sinesis Pereda Diare Dan Cara Membuat Ramuannya Diare adalah keadaan dimana penderita mengalami banyak kehilangan cairan tubuh. Walaupun sering sekali disepelekan, Diare ternyata dapat mengancam jiwa, terutama jika terjadi pada balita dan sampai mengalami dehidrasi. Bahkan menurut […]