Hubungan Antara Vitamin K dan Kesehatan Mata

Vitamin K dan Kesehatan Mata

Penelitian baru tentang vitamin K – juga dapat meningkatkan kesehatan mata, selain membantu pembekuan darah dan menjaga kadar kalsium tulang.

Para peneliti dari University of Leuven di Belgia mempelajari 935 orang Flemish usia 40 an, yang direkrut secara acak.

Menganalisis status vitamin K di tubuh mereka, para peneliti menemukan korelasi antara tingkat protein matriks Gla, atau MGP, dimana protein ini mencegah penyumbatan arteri. Kadar MGP yang rendah berindikasi defisiensi vitamin K.

“MGP mempengaruhi kesehatan mata, di mana ia ikut serta dalam menjaga integritas struktural dari mesh trabecular, sclera, dan sel-sel ganglion retina,” catat mereka.

Dengan kata lain, MGP mendukung jaringan mata yang sehat, menyeimbangkan tekanan mata, dan mendukung sirkulasi informasi visual yang ditransmisikan ke otak.

Mengingat bahwa aktivasi MGP membutuhkan vitamin K, para peneliti berhipotesis bahwa mungkin ada hubungan antara asupan vitamin K dan kesehatan mata.

Selama 11 tahun tindak lanjut, kadar MGP yang lebih tinggi menunjukkan struktur mikrovaskular lebih sehat di mata yang pada gilirannya mendukung kesehatan mata secara keseluruhan.

Dalam jurnal Scientific Reports, mereka mengatakan temuan bahwa suplemen dengan vitamin K juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mata seiring bertambahnya usia.

Perbanyak diet vit K untuk mata sehat

Vitamin K adalah vitamin yang larut dalam lemak, hadir dalam dua bentuk utama:

  • Phylloquinone, juga dikenal sebagai phytonadione (vitamin K1), ditemukan dalam sayuran berdaun hijau seperti selada, brokoli dan bayam. phytonadione membentuk sekitar 90% dari vitamin K.
  • Menaquinone (vitamin K2), membuat sekitar 10% dari konsumsi vitamin K, diproduksi di usus oleh mikroflora.

Seperti vitamin C dan E, vitamin K adalah ‘keluarga’ dan jenis menaquinon lain juga dapat ditemukan dalam makanan yang kita makan; MK-4 dapat ditemukan dalam daging hewan, MK-7, MK-8, dan MK-9 ditemukan dalam produk makanan fermentasi seperti keju.

Membuat diet seimbang dan memiliki usus yang sehat dapat membantu memastikan Anda mendapatkan cukup vitamin K, baik dari makanan ataupun dari tubuh Anda sendiri.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait