Sakit Mata Merah Dan Bengkak Akibat Kehujanan Dan Infeksi Bakteri

Ulkus kornea mata

Pakar kesehatan mendesak orang tua atau anak-anak mereka untuk segera berkonsultasi dengan dokter mata jika mereka mengalami mata kemerahan, mata bengkak atau sensasi terbakar di mata setelah mereka kehujanan.

“Penyakit seperti konjungtivitis, ulkus kornea, mata merah sangat umum terjadi di musim hujan. Anak-anak menikmati musim hujan namun mereka tidak sadar bahwa mata kontak langsung dengan air hujan dapat menyebabkan berbagai infeksi.

Ulkus kornea adalah salah satu infeksi paling serius selama musim hujan. Dalam kondisi seperti itu, kornea mengalami luka terbuka, dan jika salah obat akan menyebabkan kebutaan.

Ulkus kornea mata ditandai dengan gejala mata sakit, keluar air mata banyak hingga cairan kental seperti nanah, dan penglihatan kabur. Ini segera membutuhkan perhatian spesialis mata, jadi orang tidak boleh menunda pengobatan.

Vishal Dutta, seorang dokter mata di All India Institute of Medical Sciences (AIIMS), mengatakan bahwa selama musim hujan, ulkus mata atau sakit mata merah sangat umum dan biasanya disebabkan karena infeksi bakteri.

“Ada bentuk benjolan di kelopak mata, gejalanya menyiksa rasa sakit, keluar cairan nanah, kemerahan pada kelopak mata. Jika benjolan meningkat, pasien perlu segera mengunjungi dokter mata, “katanya.

Berbicara tentang kebersihan terkait sakit mata selama musim hujan, dia berkata:

“Seseorang harus menghindari berbagi handuk atau barang-barang pribadi dengan orang lain, karena kebanyakan infeksi menyebar melalui tangan, pakaian dan barang-barang yang sering disentuh tangan dari orang terinfeksi.

Jika seseorang di rumah menderita konjungtivitis, sebaiknya cuci tangan setelah memberi obat tetes mata karena itu bisa menjadi media penyebaran infeksi. ”

“Jika seseorang mengalami mata merah setelah kehujanan, sebaiknya menghindari tetes mata yang terlalu banyak karena mengandung steroid yang bisa berbahaya”.

Selalu mencuci tangan setelah keluar dari rumah untuk mencegah akumulasi bakteri. “Cobalah untuk menjauhkan anak-anak dari genangan air hujan atau area yang kerap diterpa air hujan. Anak-anak suka bersenang-senang di sekitar tempat itu, namun sangat rentan terhadap bakteri,” kata Dutta.