Penyakit Mata Uveitis

Penyakit mata uveitis adalah pembengkakan atau peradangan selaput uvea – lapisan tengah mata yang terdiri dari iris, badan siliaris dan koroid. Paparan bahan kimia beracun seperti pestisida dan asam bisa menyebabkan uveitis.

Mata Uveitis

Jenis dan klasifikasi

Jenis uveitis diklasifikasikan berdasar letak peradangan terjadi di uvea:

1. Uveitis anterior adalah radang iris (iritis) dan badan siliaris.
2. Uveitis intermediate adalah pembengkakan badan siliaris.
3. Uveitis posterior adalah pembengkakan koroid
4. Uveitis difusi, atau disebut juga panuveitis, adalah pembengkakan seluruh area uvea.

Bahaya dan dampak penyakit mata uveitis

Banyak kasus uveitis bersifat kronis, dan jika tidak segera diobati akan menyebabkan berbagai kemungkinan komplikasi, termasuk mengaburkan kornea, katarak, peningkatan tekanan mata (IOP), glaukoma, pembengkakan retina atau ablasi retina, bahkan bisa mengakibatkan kehilangan penglihatan permanen (kebutaan)

Gejala

Gejala uveitis meliputi:

– kepekaan cahaya
– penurunan ketajaman pandangan
– sakit dan nyeri mata
– mata kemerahan

Gejala Uveitis Intermediate dan posterior biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, namun meliputi penglihatan kabur dan floaters (bintik hitam kecil melayang), biasanya di kedua mata.

Sedangkan gejala uveitis difusi/membaur memiliki kombinasi gejala dari semua tipe uveitis.

Penyebab

Penyakit mata Uveitis memiliki banyak pemicu, termasuk infeksi virus, jamur dan bakteri. Tapi, dalam banyak kasus, penyebabnya tidak diketahui.

Namun, ada beberapa kondisi medis seperti gangguan sistemik yang menyebabkan uveitis meliputi:

– herpes simpleks
– herpes zoster
– penyakit radang usus
– rheumatoid arthritis
– Penyakit Kawasaki
– psoriatis arthritis
– sipilis
– lupus eritematosus
– tuberkulosis
– Dll

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Ophthalmology menunjukkan bahwa asap r0kok termasuk senyawa yang merangsang peradangan di dalam pembuluh darah, dan ini dapat menyebabkan gangguan sistem kekebalan dan uveitis,” kata Dr. Nisha Acharya, periset dan ahli mata dari Universitas California San Francisco (UCSF)

Pengobatan Uveitis Dan Iritis

Jika dokter mata mendiagnosis bahwa Anda menderita uveitis, dia mungkin akan memberi resep steroid untuk mengurangi peradangan di mata Anda.

Steroid bisa berbentuk obat tetes mata, pil atau injeksi tergantung pada jenis uveitis yang Anda miliki. Karena iritis (radang selaput iris) mempengaruhi bagian depan mata, biasanya diobati dengan obat tetes mata.