Penyakit mata hifema (Hyphema) adalah pendarahan akibat pecahnya pembuluh darah di dalam mata, menyebabkan darah terkumpul di ruang anterior mata – ruang antara kornea dan iris yang biasanya diisi dengan cairan bening disebut aqueous humor.

penyakit mata hifema

Gejala hifema

Selain ada darah di mata, gejala berikut biasanya dikaitkan dengan hyphema:

– Pandangan kabur atau terdistorsi
– Sakit mata
– Sensitivitas cahaya (fotofobia)
– Sakit kepala/migrain

Penyebab

Beberapa penyebab pecahnya pembuluh darah di mata mengakibatkan hifema, adalah sebagai berikut

1. Trauma mata

Penyebab hifema yang paling umum adalah trauma pada mata. Inilah sebabnya mengapa penting untuk segera menemui dokter mata jika Anda mengalami cedera.

2. Operasi katarak

Dalam beberapa kasus, hifema traumatik juga dapat terjadi setelah operasi mata, termasuk operasi katarak. Tapi ini relatif jarang.

3, Penggunaan obat-obatan tertentu

Orang yang memakai obat pengencer darah (seperti warfarin atau aspirin) atau memiliki gangguan pembekuan darah (hemofilia) juga menyebabkan penyakit mata hifema.

4. Penyakit sindrom metabolisme

Diabetes juga dapat meningkatkan risiko hyphema spontan, seperti pertumbuhan tumor di mata (melanoma okular)

Komplikasi hifema dan bahayanya

Umumnya, darah yang terkumpul di ruang anterior mata akan diserap kembali oleh tubuh tanpa membuat kerusakan permanen pada mata.

Tetapi dalam beberapa kasus, terjadi pembekuan darah yang menyumbat atau merusak struktur di pinggiran ruang anterior, ruang pengendali aliran normal aqueous humor dari mata. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan mata yang menyebabkan glaukoma dan kehilangan penglihatan permanen.

Juga, dalam beberapa kasus, penyumbatan mengakibatkan pendarahan baru sehingga menyebabkan hyphema traumatis. Perdarahan baru ini (biasanya terjadi dalam beberapa hari setelah cedera) bisa lebih parah dan lebih berbahaya dibanding pendarahan awalnya.

Pengobatan

Pengobatan hifema bergantung pada tingkat keparahan dan faktor risiko terkait, dokter mata mungkin merekomendasikan kombinasi tindakan pencegahan dan perawatan berikut ini:

– Pembatasan aktivitas fisik
– Elevasi kepala (termasuk saat tidur)
– Memakai eye shield atau pelindung mata
– Minum obat pereda sakit
– Obat antiinflamasi (topikal atau oral)
– Dalam kasus hyphema berat, pembedahan mungkin diperlukan.

Perhatian!

Jangan menggunakan obat penghilang rasa sakit yang mengandung obat antiinflamasi aspirin atau nonsteroid (NSAID) karena obat ini dapat meningkatkan risiko perdarahan ulang di mata.

Bahkan setelah kondisi mata membaik, atau tidak mempengaruhi penglihatan, segera temui dokter mata dan mengikuti semua tindak lanjut yang direkomendasikan dokter Anda.

Pemeriksaan mata rutin sangat penting setelah mengalami hyphema, karena risiko tekanan tinggi di mata dan glaukoma mungkin meningkat di tahun-tahun kemudian.

Pencegahan

Cara terbaik untuk menghindari hifema adalah dengan memakai kacamata pengaman atau kacamata pelindung, kapanpun Anda beraktivitas seperti bermain bisbol, softball, racquetball, basket, hoki atau olahraga lainnya yang menimbulkan risiko trauma/cidera pada mata.

RSS255
Follow by Email208