Studi: Jus Apel Lebih Efektif Untuk Rehidrasi Gastroenteritis Anak-Anak

Studi: Jus Apel Lebih Efektif Untuk Rehidrasi Gastroenteritis Anak-Anak

Anak-anak dengan gastroenteritis ringan dan dehidrasi minimal mengalami kondisi lebih baik ketika diberi jus apel diencerkan, dan mereka mendapat lebih sedikit kegagalan pengobatan daripada ketika mendapat larutan elektrolit saat rehidrasi IV (intavena) atau rawat inap.

Anak-anak lebih memilih dan menyukai jus apel saat mengikuti acara pilihan cairan untuk mereka dibandingkan dengan memilih perawatan elektrolit untuk rehidrasi.

Menurut penelitian tersebut, jus apel yang diencerkan bertindak seefektif elektrolit untuk mengobati gastroenteritis anak-anak. Penelitian ini dipublikasikan secara online oleh Journal of American Medical Association – JAMA.

Peneliti Stephen B. Freedman dari University of Calgary dan rekannya secara acak merekrut anak-anak berusia 6 sampai 60 bulan dengan gastroenteritis dan dehidrasi minimal untuk mendapatkan jus apel atau larutan elektrolit rasa apel.

Anak-anak yang diberi jus apel encer mengalami keadaan lebih baik dengan sedikit kegagalan pengobatan (17%) daripada mereka yang diberi elektrolit (25%).

Jus apel encer bekerja dengan baik untuk anak-anak dengan gastroenteritis ringan dari mereka yang kurang menyukai penggunaan larutan elektrolit setelah muntah atau diare.

Kejadian muntah dan diare jauh lebih sedikit pada anak yang diberi jus apel saat mendapat cairan pilihan rehidrasi intravena (2,5 persen jus apel vs 9 persen rehidrasi elektrolit).

Mereka menyimpulkan bahwa di banyak negara berekonomi tinggi, penggunaan jus apel encer dan cairan pilihan yang diinginkan anak-anak menjadi alternatif yang tepat sebagai pengganti cairan elektrolit yang hilang pada anak-anak dengan gastroenteritis ringan dan dehidrasi minimal.

Studi: Jus Apel Lebih Efektif Untuk Rehidrasi Gastroenteritis Anak-Anak
5 (100%) 1 vote
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!