Manfaat Probiotik Dongkrak Immunitas Anak Terhadap Gastroenteritis

Manfaat Probiotik Dongkrak Immunitas Anak Terhadap Gastroenteritis

Probiotik bermanfaat dalam memodulasi respon imun terhadap antigen asing pada anak-anak dengan gastroenteritis. Sifat baik probiotik tidak mengkolonisasi saluran gastrointestinal dan bisa dihilangkan dalam waktu satu sampai dua jam setelah dikonsumsi.

Probiotik mampu menurunkan dan memodifikasi antigen diet dan menyeimbangkan respons anti-inflamasi dari sitokin . Belum ditemukan interaksi-kontraindikasi yang diketahui antara probiotik dan obat-obatan.

Probiotik banyak digunakan di negara-negara maju termasuk di Amerika Serikat dan tersedia di pasar bebas, dapat diberikan secara oral di rumah, dan biasanya direkomendasikan oleh dokter untuk memampatkan durasi diare selama terjadi.

Tinjauan database Cochrane terhadap 63 penelitian menyimpulkan bahwa probiotik mengurangi durasi diare sekitar satu hari bila digunakan bersamaan dengan oralit, namun peninjauan tersebut tidak menilai apakah salah satunya lebih unggul.

Sebuah meta-analisis untuk terapi Lactobacillus pada pasien rawat inap dengan gastroenteritis akut, menunjukkan bahwa terapi tersebut mengurangi durasi diare sebesar 0,7 per hari dan mengurangi frekuensi diare sebesar 1,6 feses pada hari ke 2 terapi.

Sebuah meta-analisis dari strain Lactobacillus GG menunjukkan bahwa terapi tersebut secara signifikan mengurangi durasi diare dan rotavirus.

Dalam uji coba terkontrol secara acak terhadap lima probiotik yang berbeda, diberikan selama lima hari pada pasien rawat jalan, durasi rata-rata diare dan jumlah tinja berkurang secara signifikan setelah 24 jam pertama pada anak-anak yang menggunakan Lactobacillus GG atau campuran empat strain bakteri yaitu:

– Lactobacillus delbrueckii var bulgaricus
– Streptococcus thermophilus
– Lactobacillus acidophilus
– Bifidobacterium bifidum.

Sumber:

Allen SJ, Martinez EG, Gregorio GV, Dans LF. Probiotics for treating acute infectious diarrhoea Cochrane Database Syst Rev. 2010(11):CD003048.

Canani RB, Cirillo P, Terrin G, et al. Probiotics for treatment of acute diarrhoea in children: randomised clinical trial of five different preparations. BMJ. 2007;335(7615):340

Manfaat Probiotik Dongkrak Immunitas Anak Terhadap Gastroenteritis
5 (100%) 1 vote
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!