Hubungan Antara Micin, MSG Dan Penyakit Liver

Semua pasti tahu jika MSG adalah inisial dari monosodium glutamat, aditif penambah rasa yang dapat mengubah rasa makanan dari biasa menjadi sangat lezat; mengundang selera untuk mencicipi.

Sayangnya, kebiasaan ini diklaim tak aman bagi kesehatan. Masalahnya, selain menjadikan efek ketergantungan, dalam penelitian terbaru menunjukkan bahwa konsumsi MSG dikaitkan dengan penyakit hati berlemak dan obesitas.

Apa itu MSG?

MSG – monosodium glutamat adalah garam natrium dari asam glutamat, salah satu asam amino paling berlimpah dalam makanan yang terjadi secara alami dalam protein seperti daging, sayuran dan produk susu.

Banyak orang keliru asumsi bahwa hanya restoran Asia yang makanannya mengandung monosodium glutamat. Tetapi ternyata, MSG ditemukan disembarang produk mulai segala bentuk sup, keripik, aneka jajan kemasan, dll.

Apa itu umami?

Ketika di rumah, Anda suka memasak makanan ditambah MSG, meski dalam jumlah kecil. Menambahkan MSG ke makanan Cenderung memberikan dorongan rasa ingin tambah, istilah dikenal sebagai umami atau sensasi rasa ingin tambah.

Apakah MSG aman bagi hati?

Menurut Asosiasi Glutamat, MSG telah digunakan secara aman selama 100 tahun dalam rangka meningkatkan cita rasa gurih makanan.

Food and Drug Administration (FDA) mengklasifikasikan monosodium glutamat sebagai bumbu makanan yang bersifat aman.

Meskipun demikian, banyak kontroversi terhadap statement tersebut; tak terhitung jumlah yang dilaporkan

Gejala MSG kompleks

MESKIPUN klaim dari FDA untuk monosodium glutamat adalah aman, namun ada sejumlah besar reaksi negatif terhadap makanan aditif ini.

Efek dari makan MSG dikenal dengan istilah gejala MSG kompleks, gejala jangka pendek yang paling Sering Dilaporkan meliputi:

– sakit kepala
– berkeringat
– wajah menebal
– mati rasa
– Palpitasi jantung
– Nyeri dada
– mual
– kelemahan

Gejala-gejala ini sementara dianggap efek ringan dan tubuh bisa menyembuhkan dirinya sendiri. Namun, jika MSG kompleks terjadi beulang-ulang, akan menyebabkan kerusakan, dan hati Anda paling dipengaruhi.

MSG dan penyakit hati berlemak

Penelitian pertama. Pada tahun 2008, peneliti Jepang menerbitkan sebuah studi dalam Journal of Autoimunitas; menyelidiki hubungan antara MSG dan peradangan pada hati.

Para peneliti menemukan bahwa MSG diinduksi obesitas dan diabetes dengan akumulasi lemak di hati yang disertai peradangan.

Penelitian kedua. Baru-baru ini, beberapa peneliti yang sama bermitra dengan peneliti lain dari AS dan Italia, dan menerbitkan sebuah artikel dalam edisi Journal of Medicinal Food, pada Maret 2014

Kali ini, MSG itu diidentifikasi sebagai faktor penting dalam inisiasi obesitas. Mereka juga menemukan bahwa MSG dikaitkan dengan awal tahap NASH (nonalcohol steatohepatitis) atau penyakit hati berlemak

NASH adalah akumulasi lemak di hati yang diiringi peradangan hati, dianggap sebagai sindrom metabolik- salah satu penyebab sirosis hepatis

Ini adalah sebuah bukti tak terbantahkan, hasil penelitian telah membuktikan bahwa profil MSG tidak bisa diubah sebagai profil aman.

Dan orang-orang yang beresiko tinggi atau orang-orang yang sudah mendapat penyakit hati berlemak, mereka dapat mengambil pesan berharga dari penelitian ini.

Untuk Anda yang masih aman dari gangguan metabolisme hati, mulai hari ini pastikan untuk  tidak mengkonsumsi monosodium glutamat. Terlepas dari apakah Anda pernah menderita gejala MSG kompleks, atau belum sama sekali.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Hubungan Minuman Energi Dengan Radang hati Hingga Penyakit Liver Sebagian besar dari kita mengerti bagaimana rasanya bekerja berat dibarengi kelelahan, minuman energi (ME) menjadi minuman yang dihandalkan untuk memicu semangat dan mendapat energi tambahan. Sementara banyak orang mengonsumsi minuman […]
  • Jenis Gula Yang Memicu Penyakit Liver Hingga Sirosis Hati Sebagian besar, orang pasti suka dengan makanan atau minuman berasa manis, meskipun sesekali saja atau ketika ingin mengonsumsi dalam jumlah sedang, mungkin tidak mengapa. Tapi, kita tentu juga harus menyadari bahwa kita tidak ingin […]
  • Khasiat Biji pepaya untuk Liver Kronis Dan Cara Membuat Ramuannya Pepaya mengandung Vitamin A, B, C dan E, serta mineral sehat seperti besi, kalsium, magnesium, potassium, kolin dan lycopene yang bersifat antioksidan - melawan pertumbuhan sel abnormal. Sebenarnya, kekuatan manfaat sesungguhnya dari […]
  • Pruritus, Gatal- Gatal Di Kulit Badan Apa itu pruritus? Pruritus atau gatal kulit adalah sensasi gatal yang menjengkelkan dan tak terkendali yang membuat Anda ingin menggaruk untuk meredakan rasa, disebabkan oleh penyakit ginjal, penyakit liver, ruam kulit, alergi, dan […]
  • Mitos Dan Fakta Tentang Penyakit Liver Mitos Dan Fakta Tentang Penyakit Liver Yang Berkembang di Masyarakat. Bila konsep tentang penyakit hati adalah menyimpang dari kebenaran, maka upaya untuk mencegah, mendeteksi dan mengobati penyakit menjadi terhambat. Penyakit liver […]