Hubungan Sakit Pinggang Dan Sirosis Hati

Sirosis hepatis terkait hati berlemak sering menyebabkan gejala seperti sakit pinggang atau tulang belakang.

Karena tingkat obesitas meningkat, lebih banyak orang perkotaan juga mendapatkan penyakit hati berlemak, salah satu penyebab penyakit sirosis hepatis.

Sakit pinggang, NASH & Sirosis Hepatis

Sakit Pinggang Dan Sirosis Hati. Dalam kebanyakan kasus, penyakit hati berlemak atau NASH; tidak menyebabkan banyak gejala yang spesifik. Namun, kebanyakan orang mendapatkan gejala secara tidak sengaja. Gejala muncul ketika penyakit sudah parah.

Kadang, gejala parah diketahui setelah dokter memeriksa fisik pasien melalui tes darah rutin yang menunjukkan bahwa fungsi hati sudah mulai tidak normal.

Mungkin Anda hanya merasa bahwa sakit pinggang dianggap kasus ringan akibat kelelahan dan Anda belum mencurigai bahwa rasa sakit ini berasal dari kelainan di dalam tubuh Anda.

Pada tahap lebih lanjut, rasa sakit di pinggang akan lebih intensif dan Anda didiagnosis dengan penyakit hati berlemak. Jika dibiarkan, status yang kemudian meningkat menjadi sirosis hepatis, jika tidak dikendalikan sejak dini.

Hubungan sakit pinggang dengan gejala sirosis hepatis

Salah satu penyebab sirosis hepatis, yaitu penyakit hati berlemak – NASH; terjadi saat sel-sel hati menimbun lemak.

Meskipun tidak jelas mengapa penimbunan lemak ini terjadi, kemungkinan Anda memiliki obesitas dan resistensi insulin – bagian dari gangguan metabolik karena kelebihan berat badan.

Penyakit hati berlemak (NASH – NonalcoholicSteatoHepatitis) menyebabkan radang, baik di sel hati dan jaringan di dekatnya.

Meskipun di awal penyakit tidak memiliki gejala jelas, namun peradangan tersebut dapat menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan di perut Anda, dan rasa ketidaknyamanan itu menyebar hingga ke tulang belakang Anda.

Namun, tidak semua orang dengan NASH memiliki gejala seperti ini. Faktanya, sekitar 5 sampai 10 persen orang yang telah didiagnosis terus mengembangkan sirosis hepatis.

Sirosis hepatis merupakan suatu kondisi peradangan hati yang lebih serius di mana jaringan parut yang benar-benar mengganggu fungsi hati mereka.

Dan pada gejala sirosis hepatis dapat menyebabkan nyeri otot dan kehilangan massa otot, dan yang Anda rasakan seperti sakit pinggang – tulang belakang.

Gejala lain

Sering sakit tulang belakang terutama di pinggang terjadi jika NASH mulai berkembang menjadi gejala sirosis hati, kemungkinan besar Anda akan merasa banyak gejala selain potensi rasa sakit di perut dan sakit di pinggang Anda.

Setelah hati gagal untuk berfungsi normal, produk limbah pencernaan dapat terbentuk di aliran darah dan meracuni otak, menyebabkan kebingungan mental, kelelahan dan disorientasi (ensefalopati hepatik).

Selain itu, Anda mungkin gejala lain seperti kulit menjadi kuning, telapak tangan menjadi kemerahan, Anda akan kehilangan nafsu makan dan terjadi penurunan berat badan, Kadang, Anda mungkin mengalami gatal pada kulit disebut pruritus.

Anda harus memeriksa diri ke dokter Anda untuk pemeriksaan fisik lengkap; Hanya dokter yang bisa menentukan apakah Anda memiliki penyakit hati lanjutan ( sirosis hati) atau tidak, terkait gejala sakit tulang belakang Anda.

Kunjungi dokter ketika datang sakit

Nyeri pinggang dapat berkembang dari sejumlah penyebab yang berbeda, termasuk cedera, radang sendi degeneratif, kerusakan saraf, olahraga atau pekerjaan yang berlebihan.

Jika Anda memiliki penyakit hati berlemak NASH dan belum berkembang menjadi sirosis hepatis, tidak mungkin sakit pinggung berasal dari selain kondisi tersebut.

Kapan pun Anda merasa sakit yang tidak biasa – terutama jika Anda tidak ingat apa yang menjadi penyebab sakit tulang belakang seperti melakukan tugas berat atau kegiatan apa pun yang menekankan otot punggung Anda – pertimbangkan untuk memeriksakan diri ke dokter Anda guna mencegah perkembangan penyakit liver serius.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Pruritus, Gatal- Gatal Di Kulit Badan Apa itu pruritus? Pruritus atau gatal kulit adalah sensasi gatal yang menjengkelkan dan tak terkendali yang membuat Anda ingin menggaruk untuk meredakan rasa, disebabkan oleh penyakit ginjal, penyakit liver, ruam kulit, alergi, dan […]
  • Kulit Dan Mata Menjadi Kuning, Apa Artinya? Kenapa kulit dan mata menjadi kuning? Sirosis hepatis ditandai mata kuning yang memberi sinyal bahwa telah terjadi kerusakan hati serius pada tubuh penderita nya dimana hati tidak bisa memproses bilirubin, menyebabkan penyakit kuning. […]
  • Urin Berwarna Kuning Gelap Tanda Liver Anda Bermasalah Penyakit liver menjadi salah satu masalah umum di masyarakat serba modern sekarang ini, namun hanya sedikit gejala yang dapat dikenali. Jika Anda tidak memahami arti kecil sebuah tanda, hanya sedikit perubahan warna urin , ini menjadi […]
  • Komplikasi Gagal Ginjal Pada Sirosis Hati Gagal Ginjal Pada Sirosis Hati. Penyakit liver kronis menyebabkan gagal fungsi ginjal terkait asites dan edema, dimana ginjal mengalami kerusakan secara progresif yang disebut sindrom hepatorenal. Komplikasi gagal ginjal ini adalah […]
  • Pemeriksaan Biopsi Hati Untuk Penyakit Liver Dan Sirosis Hati Apa Itu biopsi sirosis hati? Tes biopsi adalah sebuah prosedur diagnosis suatu penyakit organ dalam dengan mengambil ukuran kecil jaringan sebagai sample untuk diteliti di laboratorium dalam rangka menentukan penyebab dan pengobatan […]