Istilah Dan Kamus Sirosis hati

Sirosis hati atau sirosis hepatis adalah bentuk penyakit liver kronis tahap akhir dimana hati menjadi tidak berfungsi dengan pembentukan jaringan parut dan nodul.

Hati adalah salah satu organ terpenting tubuh kita. Ini adalah organ besar yang berada tepat di bawah tulang rusuk di sisi kanan perut. Ia melakukan banyak fungsi – memproduksi empedu, mencerna makanan, detoksifikasi darah, pembentukan faktor pembekuan darah, dan menyediakan kekebalan tubuh dari penyakit.

Dengan demikian, sirosis hepatis adalah penyakit hati/liver yang memiliki berbagai konsekuensi di seluruh tubuh.

Kamus Sirosis Hepatis

Alanine Aminotransferase (ALT)

Alanine aminotransferase (ALT) adalah enzim yang ditemukan di hati. Tes ALT mengukur tingkat ALT dalam darah. Tingkat ALT konsisten tinggi pertanda adanya pembengkakan hati atau bekas luka

Alkaline Phosphatase (ALP)

Alkaline Phosphatase (ALP) adalah enzim hati, saluran empedu, dan bagian tubuh lainnya. Tes ALP mengukur tingkat ALP dalam darah. Tingkat ALP tinggi pertanda adanya kerusakan saluran hati atau empedu.

Antibodi

Antibodi adalah protein dalam darah yang dibuat oleh tubuh untuk melawan kuman seperti virus atau bakteri.

Asites

Asites adalah pembentukan cairan di perut yang bisa terjadi pada gagal hati, sirosis dan kanker hati.

Aspartat Transaminase (AST)

Aspartate Transaminase (AST) adalah enzim yang jumlah besar di hati dan bagian tubuh lainnya. Tes AST mengukur tingkat AST dalam darah. Tingkat AST yang tinggi bisa menjadi pertanda kerusakan hati.

Autoimun

Autoimun adalah respon kekebalan tubuh terhadap jaringan, sel, atau molekulnya sendiri. Pada orang dengan penyakit autoimun, sistem kekebalan tubuh mereka dapat menyerang sel atau jaringan tubuhnya senditi.

Hepatitis autoimun

Hepatitis autoimun adalah penyakit hati kronis (jangka panjang) dimana sistem kekebalan tubuh menyerang hati.

Empedu

Empedu adalah cairan yang dibuat oleh hati berperan membantu memecah lemak dan nutrisi lainnya.

Saluran empedu

Saluran empedu adalah tabung yang mengalirkan empedu dari hati ke dalam usus.

Atresia empedu

Atresia empedu/Atresia bilier adalah penyakit langka yang menyerang saluran empedu pada bayi. Pada bayi dengan atresia empedu, saluran empedu menjadi tersumbat setelah kelahiran

Sirosis

Sirosis adalah jaringan parut yang luas dari hati – jaringan bekas luka mengeras menggantikan jaringan sehat yang sehat. Jaringan parut yang parah bisa mencegah hati berfungsi dengan baik.

Scan komputer tomografi (CT)

CT scan adalah tes pencitraan yang menggunakan sinar-x untuk mendapatkan gambaran rinci tentang tubuh.

Edema

Edema adalah pembentukan cairan di kaki atau tangan karena gagal fungsi hati, sirosis, dan kanker hati.

Fibrosis

Fibrosis adalah jaringan parut awal hati.

Genetik

Genetik mengacu pada sesuatu yang berhubungan atau disebabkan oleh gen.

Hemochromatosis

Hemochromatosis adalah kondisi genetik dimana tubuh menyimpan terlalu banyak zat besi di hati.

Ensefalopati hepatik

Ensefalopati hepatik adalah suatu kondisi yang terjadi pada orang dengan sirosis hati tahap lanjut karena hati yang rusak tidak bisa membuang toksin (amonia) Racun ini kemudian berjalan melalui tubuh hingga mencapai otak

Hepatitis

Hepatitis berarti “radang hati”.

Hepatitis A

Hepatitis A adalah penyakit hati yang disebabkan oleh hepatitis B dan hepatitis C, tapi belum tentu bersifat kronis (jangka panjang).

Hepatitis B

Hepatitis B adalah penyakit hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B (HBV). HBV menyebabkan hati membengkak dan tidak bisa bekerja dengan baik.

Hepatitis C

Hepatitis C adalah penyakit hati yang disebabkan oleh virus hepatitis C (HCV). HCV menyebabkan hati membengkak dan mencegahnya bekerja dengan baik.

Hepatologis

Seorang hepatologis adalah dokter spesialis penyakit hati.

Interferon

Interferon adalah protein yang digunakan tubuh untuk melawan infeksi. Ini diresepkan sebagai obat yang disuntikkan untuk orang penderita hepatitis B atau hepatitis C.

Penyakit kuning

Penyakit kuning ditandai kulit yang menguning dan bagian putih mata.

Biopsi hati

Biopsi hati adalah prosedur medis yang digunakan untuk mengeluarkan sepotong kecil jaringan hati untuk dipelajari di laboratorium guna menentukan kondisi hati.

Penyakit hati berlemak nonalkohol

Penyakit hati berlemak nonalkohol (NAFLD) adalah pembentukan lemak ekstra pada sel hati yang tidak disebabkan oleh alkohol.

Steatohepatitis nonalkohol (NASH)

Steatohepatitis nonalkohol (NASH) adalah bentuk parah dari penyakit hati berlemak nonalkohol, menyebabkan hati membengkak dan rusak.

Primary Biliary Cholangitis (PBC)

Primary Biliary Cholangitis (PBC) adalah penyakit hati jangka panjang yang perlahan-lahan menghancurkan saluran empedu di hati.

Cholangitis Sclerosing Primer (PSC)

Primary sclerosing cholangitis (PSC) adalah penyakit hati jangka panjang yang secara perlahan merusak saluran empedu di hati.

Ribavirin

Ribavirin adalah obat oral yang diresepkan bersamaan dengan interferon untuk beberapa orang dengan hepatitis C.

Steroid

Steroid adalah obat yang diresepkan untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh overaktivitas sistem kekebalan tubuh seperti penyakit sirosis hati autoimun.

Viral load

Viral load adalah jumlah virus, seperti virus hepatitis B atau hepatitis C, dalam darah.

Penyakit Wilson

Penyakit Wilson adalah kondisi genetik dimana tubuh menyimpan terlalu banyak tembaga, sedangkan tembaga terbentuk di hati.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • IStilah Dan Kamus Reumatoid Artritis Reumatoid artritis (RA) adalah penyakit autoimun dimana sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang persendian menyebabkan peradangan jaringan yang melapisi bagian dalam sendi (synovium) Sinovium berperan membuat cairan yang melumasi […]
  • Istilah Dan Kamus Penyakit Herpes Herpes adalah infeksi yang disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV). Herpes mulut menyebabkan luka dingin di sekitar mulut atau wajah. Genital herpes mempengaruhi alat kelamin, bokong atau daerah dubur. Genital herpes adalah penyakit […]
  • Istilah Dan Kamus Penyakit Abses Otak Abses otak adalah pembengkakan berisi kumpulan nanah yang terjadi di otak karena infeksi. Di masa lalu, abses otak dianggap penyakit fatal, namun kemajuan dalam diagnosis dan pengobatan terkini telah meningkatkan peluang hidup untuk […]
  • Mengenal Apa Itu Kanker Genitourinaria Kanker Genitourinaria (Genitourinary) adalah kanker yang mempengaruhi area genital dan organ kemih pada pria dan wanita. Kanker jenis ini mempengaruhi kandung kemih, ginjal, pen1s, prostat, testis, ureter dan uretra. Berikut daftar […]
  • Istilah-Istilah Dalam Penyakit Kanker Payudara Ca Mammae atau Kanker payudara dimulai di sel-sel payudara selaku kelompok sel abnormal menyerang jaringan lain atau menyebar ke sekitarnya (metastasis) di daerah tubuh yang lain. Sel-sel kanker dapat menyebar dengan melepaskan diri […]