Khasiat Biji pepaya untuk Liver Kronis Dan Cara Membuat Ramuannya

Pepaya mengandung Vitamin A, B, C dan E, serta mineral sehat seperti besi, kalsium, magnesium, potassium, kolin dan lycopene yang bersifat antioksidan – melawan pertumbuhan sel abnormal.

Sebenarnya, kekuatan manfaat sesungguhnya dari buah pepaya, ada di dalam enzim yaitu: papain dan chymopapain. Enzim kuat ini ditemukan di daun, buah dan terutama pada biji pepaya.

Biji pepaya rasanya pedas seperti lada hitam. Fakta di lapangan! Biji-biji ini sering digunakan sebagai pengganti lada karena memiliki rasa yang sama!

Bagi Anda, menambahkan sekitar 5-6 biji, atau sekitar 1 sendok teh bubuk biji pepaya per hari, dapat menjadi enzim tambahan yang kuat untuk terapi pengobatan maupun pencegahan dalam memperbaiki kesehatan pencernaan beserta fungsi hati Anda.

Biji pepaya mencegah laju penyakit liver kronis

Fungsi utama hati adalah memproduksi dan memetabolisme protein, dimana produk protein ini  diperlukan tubuh untuk pembekuan darah, menghancurkan sel darah lama atau rusak lalu menggantinya, dan memetabolisme lemak.

Sel hati mencerna protein dengan cara memecahnya dan mengubahnya menjadi asam amino sehingga tubuh bisa memanfaatkannya sebagai energi.

Hati juga menyimpan vitamin dan zat besi untuk digunakan nanti jika tubuh membutuhkan.

Pada sirosis hepatis, hati tidak bisa menjalankan fungsi ini sepenuhnya, terutama memetabolisme protein.

Ini berarti, orang-orang dengan penyakit liver kronis memiliki masalah sama dalam pencernaannya, dan peran kandungan enzim dalam biji pepaya mungkin bisa membantu masalah ini.

Alasan besar lainnya, kenapa biji pepaya sering digunakan dalam mengobati masalah pencernaan?

Itu disebabkan karena biji pepaya juga mengandung konsentrasi tinggi enzim proteolitik, papain dan chymopapain, dimana enzim-enzim ini membantu pencernaan dalam pemecahan protein.

Khasiat papain

Menambahkan enzim papain dalam bentuk biji pepaya kering ke dalam makanan dapat meningkatkan laju pencernaan.

Dengan percepatan laju pencernaan, ini berarti bisa mengurangi beban kerja pada hati sehingga meningkatkan penyerapan nutrisi makanan berprotein tinggi secara keseluruhan.

Selain daripada itu, enzim papain dalam biji pepaya juga berperan sebagai antioksidan kuat dengan melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

Dengan demikian, ini adalah sebuah tindakan untuk mengurangi peradangan di hati – ciri khas penyakit sirosis hepatis.

Khasiat chymo papain

Mirip dengan papain, chymopapain berperan melarutkan protein, meski lebih bertahap dan lebih lambat.

Chymopapain sering disuntikkan ke dalam cakram tulang belakang untuk melarutkan struktur jaringan lunak yang rusak yang menyebabkan rasa sakit dan untuk mengurangi pembengkakan.

Papain dan chymopapain, kedua senyawa ini membantu kesehatan hati Anda dengan mengurangi beban pencernaan pada hati, dan membantu pemecahan protein jumlah besar sebelum digunakan oleh tubuh.

Juga daripada itu, saat Anda mengonsumsi buah pepaya, kandungan serat tinggi semakin meningkatkan khasiat dan manfaatnya dalam proses pencernaan, menjadikan sebuah alasan bahwa buah papaya itu sendiri juga merupakan penolong yang baik untuk semua masalah penyakit pencernaan.

Secara keseluruhan, pepaya adalah makanan yang sangat baik dan ramah terhadap hati. Buah maupun biji papaya kering, baik dalam bentuk ekstrak biji, menawarkan antioksidan kuat dan memberikan bantuan kesehatan untuk hati dengan membantu mencerna protein tinggi.

Siapa pun yang menghadapi masalah kesehatan hati, baik dari sirosis hepatis, Hepatitis atau bahkan penyakit hati berlemak, dapat memanfaatkan biji pepaya pada terapi pengobatan atau pencegahan penyakit mereka.

Cara membuat ramuan biji pepaya untuk mengobati sirosis hati

Tambahkan 1 sendok teh serbuk biji papaya dengan biji jeruk, atau biji lemon, atau satu cangkir daun dandelion.

Perhatian:

– Pepaya menghasilkan getah lateks, terutama sebelum matang, yang dapat menyebabkan iritasi dan menimbulkan reaksi alergi.

– Ekstrak biji pepaya juga telah terbukti memiliki efek kontr4sepsi jika digunakan dalam dosis besar.

Konsultasikan dengan dokter Anda mengenai masalah ini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Khasiat Vitamin D Untuk Liver Kronis Dan Cidera Hati Konsumsi multivitamin atau memilih vitamin D adalah salah satu gizi penting namun sedikit orang yang menyadari betapa berharganya makanan ini untuk merawat hati dari penyakit liver kronis hingga sirosis hepatis. Mengambil vitamin D […]
  • Manfaat Bawang Putih Untuk Terapi Penyakit Liver Setiap orang yang memiliki penyakit liver kronis pasti selalu mencari makanan diet untuk dimasukkan ke dalam koleksi makanan yang mendukung kesehatan hati mereka. Bawang putih, bumbu kuliner dapur ini banyak memberi manfaat untuk […]
  • Manfaat Alpukat Untuk Mencegah Sakit Liver Akibat Cidera Hati Memilih lemak sehat dengan makan alpukat adalah pilihan ideal untuk orang dengan masalah kesehatan hati. Daging alpukat sangat lembut berwarna kuning kehijauan namun penuh dengan berbagai manfaat kesehatan. Lemak sehat, […]
  • Khasiat Teh Hijau Untuk Terapi Fibrosis Dan Sirosis hati Daun teh hijau dianggap tanaman berkualitas sangat tinggi di seluruh dunia yang telah dikaitkan dengan beragam manfaat untuk kesehatan. Cari tahu, mengapa banyak penderita penyakit liver di seluruh dunia menjadi sangat tertarik untuk […]
  • Manfaat Kunyit Sebagai Anti Virus Hepatitis Penyebab Radang Hati Siapa tidak tahu kunyit? Kunyit dapur atau kunir (Curcuma longa) adalah bumbu rempah-rempah anti-inflamasi yang melindungi sel hati dari virus pemicu peradangan hati. Dan virus Hepatitis C (HCV), salah satu penyebab utama sirosis […]