Khasiat Vitamin D Untuk Liver Kronis Dan Cidera Hati

Konsumsi multivitamin atau memilih vitamin D adalah salah satu gizi penting namun sedikit orang yang menyadari betapa berharganya makanan ini untuk merawat hati dari penyakit liver kronis hingga sirosis hepatis.

Mengambil vitamin D untuk membantu, mendukung serta meningkatkan kesehatan hati adalah pilihan yang jelas, meskipun ada beberapa potensi bahaya dari vitamin yang harus dihindari.

Karena zat gizi juga berperan dalam mencegah perkembangan dan komplikasi penyakit liver kronis, maka untuk menjalani hidup lebih sehat bagi orang-orang dengan penyakit hati biasanya direkomendasikan mengambil multivitamin.

Semua orang akan mendapat dampak, baik atau buruk dari mengambil atau memilih vitamin, jika dikonsumsi sesuai aturan dan disikapi dengan bijak.

Kekurangan Vitamin D dan Kerusakan oksidatif

Kerusakan oksidatif adalah paling sering menyebabkan cedera sel hati, sebuah jalur untuk perkembangan sirosis hepatis atau penyakit hati kronis lainnya.

Dikenal sebagai oksidasi seluler, karena ini adalah sebuah proses alami dimana radikal bebas merusak jaringan organik tubuh.

Jumlah kadar antioksidan yang tidak mencukupi dalam tubuh, radikal bebas akan menerobos masuk hingga ke hati dan bisa merusak sel hati.

Sumber-sumber radikal bebas ini berasal dari:

– Proses metabolisme normal
– Paparan sinar matahari
– Polusi
– Racun lingkungan
– Stres
– Riwayat penyakit
– Dll

Pada seseorang dengan penyakit hati kronis, jumlah radikal bebas yang berlebihan akan berkontribusi pada pembentukan jaringan parut hingga fibrosis yang selanjutnya berkembang menjadi sirosis hepatis .

Peran penting antioksidan adalah mengikat radikal bebas, menetralisir, serta menendangnya dari tubuh sehingga tidak menyebabkan kerusakan pada sel-sel hepar – hati.

Banyak vitamin yang umum, seperti Vitamin A, C, D, dan E, adalah antioksidan kuat untuk mencegah oksidasi seluler.

Oleh karena itu, multivitamin tersebut menawarkan kepada Anda tentang spektrum anti radikal bebas secara luas.

Liver Kronis – Akibat kekurangan Vitamin D

Alasan lain penyebab seseorang menderita penyakit liver kronis dan sirosis hepatis adalah akibat minimnya atau kekurangan asupan vitamin D.

Menurut para peneliti dari University of Tennessee di Memphis, lebih dari 90 persen individu dengan penyakit liver kronis memiliki tingkat kekurangan vitamin D.

Para peneliti sepakat bahwa kekurangan vitamin D yang parah lebih sering terjadi pada orang dengan sirosis hepatis – salah satu bentuk penyakit liver kronis tahap lanjut.

Meskipun peran utama dari vitamin D adalah untuk kesehatan tulang, namun Vitamin D juga merupakan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan kardiovaskular, kekebalan tubuh dan fungsi neurologis.

Dr. Satheesh P. Nair, mengatakan

“Karena kekurangan vit D adalah umum di antara pasien penyakit liver, asupan vitamin D diharapkan dapat mencegah osteoporosis dan komplikasi tulang lainnya yang terkait dengan penyakit hati stadium akhir.”

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Khasiat Biji pepaya untuk Liver Kronis Dan Cara Membuat Ramuannya Pepaya mengandung Vitamin A, B, C dan E, serta mineral sehat seperti besi, kalsium, magnesium, potassium, kolin dan lycopene yang bersifat antioksidan - melawan pertumbuhan sel abnormal. Sebenarnya, kekuatan manfaat sesungguhnya dari […]
  • Manfaat Bawang Putih Untuk Terapi Penyakit Liver Setiap orang yang memiliki penyakit liver kronis pasti selalu mencari makanan diet untuk dimasukkan ke dalam koleksi makanan yang mendukung kesehatan hati mereka. Bawang putih, bumbu kuliner dapur ini banyak memberi manfaat untuk […]
  • Khasiat Teh Hijau Untuk Terapi Fibrosis Dan Sirosis hati Daun teh hijau dianggap tanaman berkualitas sangat tinggi di seluruh dunia yang telah dikaitkan dengan beragam manfaat untuk kesehatan. Cari tahu, mengapa banyak penderita penyakit liver di seluruh dunia menjadi sangat tertarik untuk […]
  • Manfaat Alpukat Untuk Mencegah Sakit Liver Akibat Cidera Hati Memilih lemak sehat dengan makan alpukat adalah pilihan ideal untuk orang dengan masalah kesehatan hati. Daging alpukat sangat lembut berwarna kuning kehijauan namun penuh dengan berbagai manfaat kesehatan. Lemak sehat, […]
  • Manfaat Kunyit Sebagai Anti Virus Hepatitis Penyebab Radang Hati Siapa tidak tahu kunyit? Kunyit dapur atau kunir (Curcuma longa) adalah bumbu rempah-rempah anti-inflamasi yang melindungi sel hati dari virus pemicu peradangan hati. Dan virus Hepatitis C (HCV), salah satu penyebab utama sirosis […]