Manfaat Alpukat Untuk Mencegah Sakit Liver Akibat Cidera Hati

Memilih lemak sehat dengan makan alpukat adalah pilihan ideal untuk orang dengan masalah kesehatan hati.

Daging alpukat sangat lembut berwarna kuning kehijauan namun penuh dengan berbagai manfaat kesehatan.

Lemak sehat, anti-inflamasi dan antioksidan dalam alpukat membuat buah ini menjadi superstar bagi siapa saja yang menjalani perawatan penyakit hati.

Alpukat juga telah diteliti mampu melawan penyebab sirosis hepatis seperti Penyakit hati berlemak, hepatitis virus atau alcoholisme, obat-obatan atau racun lainnya.

Orang-orang yang memiliki masalah hati dapat memperbaiki kesehatan mereka dengan memilih makanan dengan bijak.

Makanan tak sehat yang mengandung banyak lemak jenuh, gula atau bahan kimia olahan dapat menyebabkan kerusakan pada sel hati – dan dengan demikian memiliki potensi untuk memperburuk kondisi sirosis hati.

Di sisi lain, makanan tinggi serat, mineral, antioksidan dan nutrisi lainnya dapat melindungi sel hati dari bahaya racun lingkungan.

Dikemas dengan nutrisi yang mendukung kesehatan sel hati, menempatkan alpukat pada kategori -makanan untuk terapi pengobatan  sirosis hati –

Buah alpukat menonjol di komponen, beberapa orang menganggap menjadikan alpukat sebagai sayuran.

Namun, karena pertumbuhannya dan komponen reproduksi yang berada pada benihnya, alpukat secara teknis sebagai buah.

Manfaat alpukat untuk sakit liver dan sirosis hati

Alpukat menyediakan hampir 20 vitamin dan menyajikan mineral penting untuk penguat nutrisi dengan memungkinkan tubuh menyerap nutrisi yang larut dalam lemak.

Beberapa manfaat alpukat untuk kesehatan sistem tubuh, meliputi:

1.  Membantu Sistem Kardiovaskular

Karena alpukat mengandung lemak tak jenuh rantai tunggal dan potasium, alpukat dapat membantu mempertahankan kadar kolesterol sehat (HDL).

2.  Bagus untuk kesehatan Mata

Alpukat mengandung lutein dan zeaxanthin, karotenoid yang melindungi mata dari berbagai masalah.

3.  Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Karena mengandung Vitamin B6 (membantu produksi antibodi) dan Vitamin C (membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan), alpukat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap dalam kondisi prima.

4. Pemeliharaan Kesehatan Hati

Nutrisi alpukat membantu dalam detoksifikasi hati dan melawan peradangan hati, sehingga buah ini dapat membantu mencegah perkembangan sirosis hepatis.

5. Menekan perlemakan hati

Jika Anda menderita hati berlemak, alpukat memperbaiki profil kolesterol seseorang dengan menurunkan low-density-lipoprotein (juga dikenal sebagai LDLs atau kolesterol jahat) dan meningkatkan high-density-lipoprotein (juga dikenal sebagai HDL atau kolesterol baik).

6. Membantu hati menyaring zat berbahaya

Alpukat dapat membantu tubuh memproduksi sejenis antioksidan yang disebut glutathione. Glutathione sangat dibutuhkan oleh hati untuk menyaring zat berbahaya dan melindungi sel-sel hati dari kerusakan.

Kemungkinan karena mengalami luka berulang, mereka yang memiliki penyakit hati kronis sering ditemukan rendah glutathione. Alpukat adalah sumber makanan utama antioksidan ini.

7. Menetralisir radikal bebas

Selain glutathione, alpukat kaya akan sumber vitamin C dan vitamin E, antioksidan yang menetralisir radikal bebas sehingga ikut berperan serta dalam melindungi sel-sel hati dari kerusakan.

8. Mencegah cedera sel hati yg berulang

Alpukat mengandung Vitamin E dan Vitamin K, dua nutrisi yang diketahui dapat meredakan peradangan seluler.

Karena peradangan sel hati mengakibatkan cedera sel, intervensi anti-inflamasi merupakan pendekatan tepercaya terhadap dukungan kesehatan hati.

Orang yang diet makanan untuk kesehatan hati sering kali mendapati jatah makanannya itu kurang lengkap akibat membatasi lemak yang berpotensi untuk inflamasi ( sebagai contoh lemak yang didapat sari daging merah, mentega, mayones dll). Dan Alpukat, mampu melengkapi kekurangan itu.

Cara makan alpukat untuk terapi sakit liver

Menyajikan buah alpukat apakah dimakan langsung, diblender, dipotong dadu, diiris, dalam bentuk apapun, alpukat menawarkan manfaat optimal untuk hati Anda.

Bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan hati, pasta alpukat bisa dicampurkan ke dalam makanan Anda.

Yang kedua, sel-sel hati Anda mendapat manfaat dari profil lemak sehat buah yang menakjubkan ini, antioksidan dan sifat anti-inflamasi.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Manfaat Bawang Putih Untuk Terapi Penyakit Liver Setiap orang yang memiliki penyakit liver kronis pasti selalu mencari makanan diet untuk dimasukkan ke dalam koleksi makanan yang mendukung kesehatan hati mereka. Bawang putih, bumbu kuliner dapur ini banyak memberi manfaat untuk […]
  • Manfaat Kunyit Sebagai Anti Virus Hepatitis Penyebab Radang Hati Siapa tidak tahu kunyit? Kunyit dapur atau kunir (Curcuma longa) adalah bumbu rempah-rempah anti-inflamasi yang melindungi sel hati dari virus pemicu peradangan hati. Dan virus Hepatitis C (HCV), salah satu penyebab utama sirosis […]
  • Khasiat Biji pepaya untuk Liver Kronis Dan Cara Membuat Ramuannya Pepaya mengandung Vitamin A, B, C dan E, serta mineral sehat seperti besi, kalsium, magnesium, potassium, kolin dan lycopene yang bersifat antioksidan - melawan pertumbuhan sel abnormal. Sebenarnya, kekuatan manfaat sesungguhnya dari […]
  • Khasiat Teh Hijau Untuk Terapi Fibrosis Dan Sirosis hati Daun teh hijau dianggap tanaman berkualitas sangat tinggi di seluruh dunia yang telah dikaitkan dengan beragam manfaat untuk kesehatan. Cari tahu, mengapa banyak penderita penyakit liver di seluruh dunia menjadi sangat tertarik untuk […]
  • Khasiat Vitamin D Untuk Liver Kronis Dan Cidera Hati Konsumsi multivitamin atau memilih vitamin D adalah salah satu gizi penting namun sedikit orang yang menyadari betapa berharganya makanan ini untuk merawat hati dari penyakit liver kronis hingga sirosis hepatis. Mengambil vitamin D […]