Manfaat Kunyit Sebagai Anti Virus Hepatitis Penyebab Radang Hati

Siapa tidak tahu kunyit? Kunyit dapur atau kunir (Curcuma longa) adalah bumbu rempah-rempah anti-inflamasi yang melindungi sel hati dari virus pemicu peradangan hati.

Dan virus Hepatitis C (HCV), salah satu penyebab utama sirosis hepatis – dan kunyit akan bekerja lebih banyak lagi untuk Anda. Simak penjelasannya…

Peradangan hati adalah sebuah reaksi atas apa yang terjadi bila sel-sel hati diserang oleh mikroba atau virus atau zat-zat lain penyebab penyakit.

Hati adalah organ penting yang membantu proses pencernaan dan menjalankan banyak fungsi penting lainnya, meliputi:

– memproduksi empedu untuk membantu memecah makanan menjadi energi
– Membuat hormon
– Membersihkan racun dari darah, termasuk obat-obatan, alkohol dan obat-obatan
– Juga mengendalikan lemak baik penyimpanan, produksi dan pelepasan kolesterol.

Apa itu hepatitis?

Kata hepatitis mengacu pada peradangan hati. Sebagian besar bentuk hepatitis diakibatkan oleh infeksi virus, walaupun dalam beberapa kasus disebabkan oleh kelainan autoimun.

Semua makanan yang Anda pilih untuk dimasukkan ke perut bisa bermanfaat bagi hati Anda atau justru bisa berbahaya bagi nya.

Hidup dengan hepatitis C atau HCV, atau jenis penyakit liver kronis lainnya, merupakan peringatan dan ancaman bahwa selangkah lagi Anda akan bersama sirosis hepatis.

Semakin kita terdidik dalam memilah dan memilih makanan mana yang paling bermanfaat bagi hati, itu adalah pilihan makanan sehari-hari lebih baik yang bisa jadi acuan diet sehat.

Kunyit

Termasuk kunyit, bumbu dapur yang kerap dimasukkan ke dalam makanan, itu adalah contoh utama bahwa Anda telah mengerti bagaimana meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, juga memperkuat ketahanan fisik terhadap infeksi pemicu peradangan hati.

Selain sebagai bumbu kuliner, kunyit telah digunakan dalam jamu global selama lebih dari 4.000 tahun.

Curcumin adalah penyusun yang paling aktif dari kunyit dan memiliki antioksidan kuat dan sifat anti-inflamasi.

Hasil langsung dari sifat antioksidan dan anti-inflamasinya yang manjur, kunyit dipuja karena berbagai manfaat kesehatannya.

Kunyit sebagai anti virus penyebab radang hati

Kunyit telah ditemukan memiliki karakteristik unik yang membantu melawan virus hepatitis C. Meskipun tidak sekuat obat antiviral yang baru.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Gut edisi 2014, menargetkan tahap awal infeksi HCV.

Para peneliti melihat potensi kunyit sebagai penghambat masuk virus. Mereka menentukan bahwa kunyit menghambat masuknya virus tanpa memandang apa genotipe nya.

Di dalam sel hati manusia, para peneliti menyimpulkan bahwa kunyit mampu menekan membran fluida dengan mengganggu pengikatan antara virus HCV dengan fusi.

Dengan demikian, kunyit menawarkan potensi murah untuk melindungi sel hati agar tidak terinfeksi virus HCV.

Manfaat kunyit untuk pengobatan sirosis hati

Beberapa manfaat kunyit untuk penderita sirosis hepatis antara lain:

– Menekan peradangan gastrointestinal.

Kurkumin menekan peradangan pada saluran pencernaan yang terkait dengan penyakit radang usus dan pendarahan gastrointestinal.

– Meringankan kerja fungsi hati.

Kurkumin diyakini mampu meningkatkan produksi dan aliran empedu, yang membantu kerja hati dalam hal pencernaan dan mengeliminasi zat racun

– Mencegah perlemakan hati.

Kurkumin memiliki efek penurun kolesterol, dan mungkin bisa membantu mencegah oksidasi kolesterol.

Mencegah oksidasi kolesterol melindungi orang dari penyakit hati berlemak – salah satu penyebab penyakit sirosis hepatis

Cara mengolah kunyit untuk terapi penyakit hepatitis

Ada banyak cara membuat ramuan kunyit. Sekitar setengah sendok teh bubuk kunir cukup membumbui hidangan untuk porsi empat orang;

Terlalu banyak mungkin membuat masakan nggak enak, sengir dan pahit. Menyeimbangkan profil rasa dengan beberapa tetes sirup maple atau madu akan menetralkan kepahitan.

– Dicampur dengan jinten hitam, ketumbar, dan kayu manis – untuk memasak kari

– Air rebusan kunyit dicampur susu dan madu menjadi minuman yang bersahaja dan menenangkan.

– Campuran kunyit ke dalam nasi dan santan kelapa akan mengubahnya menjadi nasi kuning.

Dan masih banyak cara yang bisa dikerjakan untuk memanen manfaat, dan meningkatkan fungsi hati Anda.

Belajar tentang kunir dan manfaat kesehatan akan memotivasi kebanyakan orang untuk memasukkannya ke dalam rejimen diet mingguan mereka.

Kunir – bumbu kuning yang dihormati ini sangat berharga bagi mereka yang menderita penyakit HCV – atau siapa pun yang ingin mengurangi oksidasi dan pembengkakan di tubuh mereka.

Kunyit dan lada hitam

Sementara, kunyit merupakan rempah-rempah yang luar biasa untuk kesehatan, namun ahli gizi setuju bahwa makanan itu hanya diserap dengan baik bila dikonsumsi dengan lada hitam atau piperine – zat pemberi rasa pedas sebagai penyusun lada hitam.

Dengan demikian, saat memasak, Anda akan mendapatkan manfaat paling banyak dari kunyit jika lada hitam ditambahkan ke dalam adonan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Manfaat Alpukat Untuk Mencegah Sakit Liver Akibat Cidera Hati Memilih lemak sehat dengan makan alpukat adalah pilihan ideal untuk orang dengan masalah kesehatan hati. Daging alpukat sangat lembut berwarna kuning kehijauan namun penuh dengan berbagai manfaat kesehatan. Lemak sehat, […]
  • Khasiat Teh Hijau Untuk Terapi Fibrosis Dan Sirosis hati Daun teh hijau dianggap tanaman berkualitas sangat tinggi di seluruh dunia yang telah dikaitkan dengan beragam manfaat untuk kesehatan. Cari tahu, mengapa banyak penderita penyakit liver di seluruh dunia menjadi sangat tertarik untuk […]
  • Khasiat Vitamin D Untuk Liver Kronis Dan Cidera Hati Konsumsi multivitamin atau memilih vitamin D adalah salah satu gizi penting namun sedikit orang yang menyadari betapa berharganya makanan ini untuk merawat hati dari penyakit liver kronis hingga sirosis hepatis. Mengambil vitamin D […]
  • Manfaat Bawang Putih Untuk Terapi Penyakit Liver Setiap orang yang memiliki penyakit liver kronis pasti selalu mencari makanan diet untuk dimasukkan ke dalam koleksi makanan yang mendukung kesehatan hati mereka. Bawang putih, bumbu kuliner dapur ini banyak memberi manfaat untuk […]
  • Khasiat Biji pepaya untuk Liver Kronis Dan Cara Membuat Ramuannya Pepaya mengandung Vitamin A, B, C dan E, serta mineral sehat seperti besi, kalsium, magnesium, potassium, kolin dan lycopene yang bersifat antioksidan - melawan pertumbuhan sel abnormal. Sebenarnya, kekuatan manfaat sesungguhnya dari […]