Kulit Dan Mata Menjadi Kuning, Apa Artinya?

Kenapa kulit dan mata menjadi kuning? Sirosis hepatis ditandai mata kuning yang memberi sinyal bahwa telah terjadi kerusakan hati serius pada tubuh penderita nya dimana hati tidak bisa memproses bilirubin, menyebabkan penyakit kuning. Kulit dan mata tampak menguning.

Sebagian hati yang telah rusak ini tidak bisa bekerja sebagai mana mestinya, membuat akumulasi bilirubin ke seluruh tubuh yang disebut hiperbilirubinemia.

Kenapa mata menjadi warna kuning

Mata berubah warna menjadi kuning karena bilirubin terakumulasi di kornea mata dimana bilirubin ini dibawa darah menuju seluruh tubuh, tak hanya mata, kulit pun menguning juga.

Bilirubin adalah hasil pemecahan hemoglobin yang telah rusak. Hemoglobin adalah bagian dari sel darah merah yang membawa oksigen.

Hemoglobin dimetabolisme menjadi bilirubin oleh enzim tubuh  sebagai bagian proses normal daur ulang dari sel darah merah tua yang telah rusak.

Pada hati yang normal, bilirubin dibawa dalam aliran darah dari hati ke empedu.

Bilirubin kemudian bergerak melalui saluran empedu ke dalam saluran pencernaan untuk dihilangkan dari tubuh melalui sistem pembuangan.

Secara normal, jumlah banyak bilirubin dihilangkan melalui tinja dan hanya sejumlah kecil dikeluarkan melalui urin.

Namun, sirosis hepatis membuat perubahan besar pada fungsi hati.

Jika bilirubin tidak dapat dipindahkan melalui saluran hati dan empedu dengan segera, mereka akan menumpuk dalam darah dan disimpan di mata dan di kulit. Hasilnya adalah mata kuning, bagian dari penyakit kuning.

Banyak orang dengan penyakit hati dan sakit kuning ditandai urin kuning gelap dan tinja berwarna terang.

Perubahan ini terjadi ketika ada sebuah penyumbatan atau masalah kesehatan lainnya yang mencegah bilirubin dibuang melalui tinja, menyebabkan jumlah lebih bilirubin dihilangkan melalui urin.

Mata kuning dan badan gatal gatal

Kadang sirosis hepatis dengan gejala mata kuning disertai badan gatal-gatal di seluruh tubuh, dikenal sebagai pruritus.

Hal ini disebabkan karena ketika kadar bilirubin yang tinggi, ada enzim penghambat kerja ketika empedu memetabolis sebagian mereka, menghasilkan produk sampingan berupa racun.

Zat racun dan bilirubin yang tinggi mengakibatkan kulit terasa panas. Sensasi rasa panas di kulit menyebabkan gatal-gatal di seluruh tubuh.

Penyebab

Mata kuning pada sirosis hepatis disebabkan beberapa kondisi, Anda mengalami:

1. Gagal fungsi hati
2. Gangguan sirkulasi empedu – batu atau kanker empedu. Jika saluran empedu diblokir, bilirubin dapat terakumulasi dalam darah.
3. Hemolisis, sebuah prosedur yang merusak sel darah merah sehingga menghasilkan jumlah lebih bilirubin.
4. Hepatitis terutama C, virus ini mengganggu sirkulasi bilirubin ke dalam saluran empedu
5. Sirosis hati alkoh0lik, alko adalah racun bagi hati

Gejala selain mata kuning

Mata kuning identik dengan gejala penyakit hati yang parah. Jika Anda menderita sirosis hepatis yang diawali dengan penyakit kuning, biasanya diiringi dengan masalah serius lain, seperti:

1. Asites: Akumulasi cairan dalam perut
2. Koagulopati: Sebuah gangguan kesehatan kecenderungan untuk mudah berdarah atau memar, pendarahan sulit membeku.
3. Ensefalopati: Penurunan fungsi otak karena kerusakan hati, sehingga zat-zat beracun terakumulasi dalam darah, mencapai otak, dan menyebabkan perubahan fungsi mental (seperti kebingungan dan mengantuk)
4. Hipertensi portal: Tekanan darah tinggi di pembuluh darah yang membawa darah ke hati, yang dapat menyebabkan perdarahan di kerongkongan dan kadang-kadang di perut

Mata kuning dan kernikterus

Selain mengakibatkan mata kuning, akumulasi bilirubin atau hiperbilirubinemia dapat mencapai otak, menyebabkan kerusakan otak yang disebut kernikterus.

Gejala-gejala penyakit kernikterus ini mungkin termasuk mual, muntah dan sakit perut, dan ada pembuluh darah laba-laba kecil yang terlihat di kulit (spider angioma – spider nevi).

Mata kuning pada bayi baru lahir

Kadang, bayi memiliki gangguan empedu yang dibawa sejak lahir. Penyumbatan empedu pada bayi dikenal sebagai atresia bilier.

Atresia bilier atau penyumbatan empedu menyebabkan kadar bilirubin tinggi mengakibatkan mata kuning.

Jika bilirubin melampaui otak bayi, mengakibatkan kerusakan otak – kernikterus.

Seiring waktu, atresia bilier atau gangguan saluran empedu akan menyebabkan pembentukan jaringan parut di hati yang menjadi cikal bakal sirosis hepatis.

Pengobatan

Mata kuning diobati berdasar penyebab dan gangguan lain yang muncul.

Pengobatan mata kuning bersifat segera karena bisa mengarah ke penyakit hati serius, sirosis hepatis.

Serangkaian pengobatan itu termasuk:

1. Pengobatan hepatitis

Jika mata kuning ini disebabkan hepatitis akut, mungkin hilang secara bertahap, tanpa pengobatan, apabila kondisi hati membaik.

Mata kuning itu sendiri tidak memerlukan pengobatan khusus.

Namun, perbaikan fungsi hati adalah pengobatan yang dikhususkan dengan mengambil obat dari dokter, dan perubahan gaya hidup yang sehat.

2. Pengobatan gatal-gatal badan

Biasanya, pruritus atau gatal-gatal tubuh secara bertahap menghilang jika kondisi hati membaik.

Jika gatal-gatal terus mengganggu, obat cholestyramine melalui mulut dapat membantu.

Namun, obat ini tidak efektif jika mata kuning itu disebabkan karena saluran empedu yang  benar-benar terblokir.

3. Pengobatan gangguan empedu

Jika penyebab mata kuning adalah saluran empedu tersumbat, pengobatan dilakukan dengan membuka saluran empedu.

Prosedur pengobatan biasanya ERCP, menggunakan instrumen berulir melalui endoskopi.

Untuk orang dewasa, mata kuning biasanya hasil dari penyumbatan di saluran empedu karena kanker.

Dokter menduga bahwa, jika penyebab penyumbatan empedu adalah kanker, diagnosis berdasar keluhan pasien ketika mereka mengalami penurunan berat badan, gatal-gatal, dan memiliki benjolan di perut.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Pruritus, Gatal- Gatal Di Kulit Badan Apa itu pruritus? Pruritus atau gatal kulit adalah sensasi gatal yang menjengkelkan dan tak terkendali yang membuat Anda ingin menggaruk untuk meredakan rasa, disebabkan oleh penyakit ginjal, penyakit liver, ruam kulit, alergi, dan […]
  • Urin Berwarna Kuning Gelap Tanda Liver Anda Bermasalah Penyakit liver menjadi salah satu masalah umum di masyarakat serba modern sekarang ini, namun hanya sedikit gejala yang dapat dikenali. Jika Anda tidak memahami arti kecil sebuah tanda, hanya sedikit perubahan warna urin , ini menjadi […]
  • Hubungan Sakit Pinggang Dan Sirosis Hati Sirosis hepatis terkait hati berlemak sering menyebabkan gejala seperti sakit pinggang atau tulang belakang. Karena tingkat obesitas meningkat, lebih banyak orang perkotaan juga mendapatkan penyakit hati berlemak, salah satu […]
  • Pemeriksaan Dan Tes Kadar Bilirubin Untuk Sirosis Hati Tes kadar bilirubin adalah sebuah prosedur untuk mengukur jumlah bilirubin dalam sampel darah, biasanya dilaksanakan ketika Anda mendapat penyakit hati serius atau kondisi penyakit lain yang berhubungan dengan darah. Jika kadar […]
  • Ensefalopati Hepatikum Ensefalopati hepatikum adalah kegagalan fungsi hati dalam menetralisir zat racun sehingga terakumulasi dalam aliran darah, kemudian mengalir menuju otak, menyebabkan penurunan fungsi nya. Ensefalopati hepatikum merupakan salah satu […]