Gejala Dan Stadium Sirosis Hepatis Saat Aktif

Gejala Dan Stadium Sirosis Hepatis Saat Aktif. Secara umum, gejala sirosis hepatis bertahap termasuk kelelahan, malaise, anoreksia, mual dan penurunan berat badan.

Kemudian, gejala meningkat ke tahap lebih lanjut yg ditandai dgn: asites, mudah memar, sulit konsentrasi, gangguan daya ingat, dan perdarahan varises esofagus.

Gejala sirosis hepatis secara khusus:

– Nampak pembuluh darah kapiler pada kulit di perut bagian atas
– Kelelahan kronis
– Insomnia atau sulit tidur
– Kulit gatal
– Kehilangan selera makan
– Kehilangan berat badan
– Rasa Mual
– Rasa sakit atau nyeri di daerah di lokasi hati
– Telapak tangan berwarna merah seperti kotor
– Badan letih dan loyo.

Stadium sirosis hepatis

Sirosis hati stadium 1

Tahap pertama dari sirosis ditandai dengan adanya peradangan atau pembengkakan. Selain itu, ada juga mungkin pertumbuhan jaringan ikat yang abnormal.

Kedua faktor – peradangan dan jaringan ikat abnormal – terbatas pada daerah portal hati. Daerah Portal adalah wilayah arteri hepatika, vena dan saluran empedu. Ini adalah daerah di mana aliran darah dan cairan masuk ke dalam dan keluar dari hati.

Sirosis hati stadium 2

Tahap kedua sirosis juga ditandai dengan peradangan, tetapi fibrosis juga mulai terjadi. Fibrosis adalah sebuah proses dan produk dari penggantian jaringan hati normal dengan jaringan parut.

Tidak ada gejala fisik yang nampak pada tahap 2 sirosis karena jaringan hati masih normal dan mampu mengimbangi aktifitas jaringan parut yang mulai terbentuk.

Namun, jaringan parut tidak akan kembali normal menjadi jaringan hati yang sehat, ini berarti proses transformasi adalah permanen.

Sirosis hati stadium 3

Selama proses sirosis hepatis berlangsung, kerusakan hati menjadi semakin lebih parah. Dalam tahap ini sirosis masih dalam bentuk fibrosis yang merupakan jembatan untuk pengembangan sirosis hati.

FIbrosis menghubungkan kondisi abnormal antara arteri hepatika, vena dan pembuluh lain yang menyebabkan aliran darah abnormal dan peningkatan tekanan darah di hati.

Kondisi ini akan meningkatkan tekanan darah di hati yang disebut hipertensi hepatik – suatu kondisi yang dapat menyebabkan kerusakan hati semakin parah, yang dikenal sebagai hipertensi portal

Sirosis hati stadium dekompensata

Stadium ini disebut juga stadium tahap 4 adalah tahap yang paling maju dan pertumbuhan jaringan parut telah berkembang ke titik bahwa hati sudah mulai tidak berfungsi normal.

Stadium lanjut tahap 4 dari sirosis memiliki banyak gejala, termasuk perdarahan di saluran pencernaan, penyakit kuning – warna kuning pada mata dan kulit, efek mental seperti kebingungan, mudah mengantuk yang tidak biasanya dan sulit berbicara, edema perifer; dan gatal-gatal kulit yang sangat intens – pruritus.

Gejala sirosis hati aktif

Gejala dan ciri-ciri fisik dari penderita saat penyakit sirosis mulai aktif dan bereaksi termasuk:

– Perut terisi dengan cairan menyebabkan perut besar – asites
– Detak jantung cepat
– Perubahan kepribadian akibat racun dalam darah mempengaruhi otak
– Gusi berdarah
– Tubuh dan lengan atas kehilangan massa, mengkurus
– Tubuh lebih sulit untuk memproses dan mencerna obat
– Kebingungan
– Pusing
– Penumpukan cairan di pergelangan kaki, dan kaki (edema)
– Rambut rontok