Kifosis

Kifosis

Apa itu Kyphosis? Kifosis adalah kelainan tulang belakang toraks (tulang belakang bagian tengah ke atas ) melengkung ke arah luar secara berlebihan, membuat penderita menjadi bungkuk atau bongkok. Kifosis berasal dari kata yunani, yaitu Kyphosis yang berarti “punuk”. Oleh karena itu, penderita kifosis sering disebut si bongkok.

Apa penyebab Kifosis?

Kyphosis terjadi ketika tulang belakang di punggung bagian atas melengkung menyebabkan postur membungkuk. Beberapa kondisi yang menungkinkan seseorang mengalami kifosis termasuk

– Fraktur.

Kerusakan atau cedera tulang vertebra ( tulang punggung) dapat menyebabkan kelengkungan tulang belakang.

– Osteoporosis.

Keausan tulang juga dapat menyebabkan kelengkungan tulang belakang, terutama jika vertebra keropos mengakibatkan fraktur kompresi.

– Degenerasi diskus.

Bantalan/cakram antara tulang belakang semakin aus seiring bertambahnya usia.

– Penyakit Scheuermann.

Juga disebut kyphosis Scheuermann, penyakit ini biasanya dimulai selama percepatan pertumbuhan yang terjadi sebelum pubertas. Anak laki-laki lebih sering terkena dibandingkan anak perempuan.

– Cacat lahir.

Kegagalan perkembangan tulang tulang belakang sebelum lahir dapat menyebabkan kyphosis.

– Sindrom.

Kyphosis bisa terjadi pada anak-anak penderita sindrom Ehlers-Danlos dan sindrom Marfan.

– Efek Perawatan kanker.

Pengobatan kanker seperti kemoterapi atau radiasi di tulang belakang dapat melemahkan vertebra dan membuatnya lebih rentan terhadap fraktur kompresi.

Jenis-jenis Kifosis

Kyphosis Postural

Kyphosis postural adalah jenis paling umum pada anak-anak dan orang dewasa akibat ketidakseimbangan otot di tulang belakang.

HyperKyphosis

Hyperkyphosis biasanya berkembang karena penuaan saja, tetapi sekitar sepertiga kasus parah sering terjadi setelah osteoporosis sehingga melemahkan tulang belakang torak.

Kyphosis Scheuermann

Kyphosis Scheuermann disebabkan oleh gangguan suplai darah normal ke tulang belakang, anak laki-laki lebih sering terkena dibandingkan anak perempuan. Kelelahan adalah gejala umum, kemungkinan besar karena kerja otot yang lambat ketika seorang anak akan berdiri dan / atau duduk dengan benar.

Kyphosis kongenital

Kyphosis kongenital terjadi pada bayi akibat tulang belakang toraknya belum berkembang dengan baik selama di dalam rahim. Kyphosis kongenital dapat juga tiba-tiba muncul pada usia remaja, lebih sering pada anak-anak dengan cerebral palsy dan gangguan neurologis lainnya.

Kyphosis Gizi

Kyphosis gizi disebabkan kekurangan vitamin, terutama selama masa kanak-kanak. Salah satu contoh adalah kekurangan vitamin D yang menyebabkan Rickets, yaitu pelunakan tulang yang menghasilkan lengkungan tulang belakang.

Deformitas Gibbus

Deformitas Gibbus adalah kyphosis terjadi di mana satu atau lebih vertebra yang berdekatan menjadi terjepit, menyebabkan kompresi medula spinal, paraplegia, gangguan fungsi motorik atau fungsi sensorik ekstremitas bawah.

Kyphosis Pasca Traumatik

Kyphosis Pasca Traumatik terjadi dari cidera vertebral yang tidak diobati. Pasien dengan kyphosis pasca traumatik biasanya memiliki gangguan neurologis (otot dan saraf) berat seperti quadriplegia atau paraplegia.

Diagnosa

Pemeriksaan fisik kifosis diperlukan, dokter akan memeriksa tinggi badan Anda dan mungkin meminta Anda untuk membungkuk ke depan, dokter akan melihat tulang belakang dari samping. Bentuk bongkok punggung bagian atas dapat menjadi lebih jelas dalam posisi ini.

Dokter membutuhkan sinar-X untuk menentukan derajat kelengkungan dan mengidentifikasi jenis kyphosis yang Anda derita.

Pengobatan Kyphosis

Perawatan kifosis tergantung pada usia, penyebab kelengkungan dan gejala yang muncul. PIlihan pengobatan termasuk:

Senam khusus

Program latihan senam khusus dengan program koreksi postural spesifik kyphosis dapat membantu memperbaiki postur, fleksibilitas dan penyelarasan tulang belakang dan mengurangi rasa sakit.

Dalam kasus yang sangat parah, obat osteoporosis mungkin diperlukan untuk membantu mencegah patah tulang belakang (fraktur).

Bracing

Untuk anak muda yang masih memiliki fleksibilitas di tulang belakang mereka, bracing akan menjadi bagian dari program senam khusus kyphosis. Untuk orang tua, bracing untuk mengurangi rasa sakit dan bahaya keruntuhan postural.

Operasi

Jika kurva kyphosis sangat parah, terutama jika kurva menjepit sumsum tulang belakang atau akar saraf, operasi mungkin dilakukan untuk mengurangi derajat kelengkungan.

Yang paling umum adalah operasi fusi tulang belakang. Ahli bedah memasukkan bit-bit tulang di antara tulang belakang dan kemudian mengencangkan vertebra bersama dengan kawat logam, pelat dan sekrup. Jika operasi pertama gagal memperbaiki masalah, operasi kedua mungkin diperlukan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Skoliosis Apa itu penyakit tulang skoliosis? Skoliosis adalah bentuk kurva tulang belakang abnormal, membentuk leter huruf "S" atau "C" bukan lurus, seperti memuntir. Bila seseorang menderita skoliosis, tulang punggung mereka melengkung ke […]
  • Tanda Dan Gejala Skoliosis Awal, Ringan, Sedang Hingga Berat Anak perempuan mulai usia 8 hingga 14 tahun, memiliki tubuh kurus, dan belum mulai menstruasi merupakan mayoritas munculnya gejala awal skoliosis. Penting untuk menunjukkan bahwa perubahan kurva tulang belakang adalah gejala skoliosis […]
  • Faktor Risiko Dan Penyebab Skoliosis Apa saja penyebab Skoliosis? Skoliosis dapat disebabkan oleh tulang belakang tidak terbentuk dengan sempurna saat bayi masih di dalam rahim, disebut skoliosis kongenital. Skoliosis juga bisa disebabkan karena penyakit saraf atau kelainan […]
  • Skoliosis Idiopatik Remaja Skoliosis idiopatik remaja (AIS - ADOLESCENT IDIOPATHIC SCOLIOSIS) adalah satu bentuk skoliosis yang menyerang anak-anak hingga remaja berusia setidaknya 10 - 18 tahun. Istilah skoliosis remaja berarti seorang penderita masih masa […]
  • Skoliosis Juvenile? Skoliosis juvenil adalah skoliosis pada masa anak-anak, mengacu pada bentuk tulang belakang melengkung ke samping secara berlebihan tanpa alasan atau memiliki penyebab pasti (idiopatik). Skoliosis juvenil ditemukan pada anak-anak antara […]