Skoliosis Juvenile?

Skoliosis juvenil adalah skoliosis pada masa anak-anak, mengacu pada bentuk tulang belakang melengkung ke samping secara berlebihan tanpa alasan atau memiliki penyebab pasti (idiopatik). Skoliosis juvenil ditemukan pada anak-anak antara usia 4 dan 10 tahun, dikenal sebagai skoliosis juvenil idiopatik.

Bentuk skoliosis ini menyumbang sekitar 10-15% dari semua skoliosis idiopatik anak-anak, kebanyakan mempengaruhi lebih banyak jumlah anak laki-laki daripada jumlah anak perempuan.

Bentuk skoliosis anak-anak berbeda dengan bentuk skoliosis remaja, dimana skoliosis masa remaja justru lebih dominan terjadi pada remaja perempuan dibanding remaja pria.

Gejala dan tanda-tanda skoliosis anak-anak

Skoliosis idiopatik masa anak-anak dapat dikenali dengan ciri-ciri berikut:

– Tinggi bahu yang tidak selaras
– Pakaian menggantung tidak rata
– Satu kaki lebih pendek dari yang lain
– Pinggul tidak rata
– Anak sering sakit di punggung
– Anak mengalami masalah pernapasan / kardiovaskular

Jika dokter telah mendeteksi bahwa anak Anda mungkin menderita skoliosis, mereka akan menyarankan Anda untuk membawa anak ke spesialis untuk membuat rencana perawatan, membantu mengurangi kelengkungan tulang belakang dan meminimalkan rasa sakit.

Penyebab Skoliosis Anak-anak

Penyebab pasti skoliosis masa kanak-kanak tidak diketahui, maka dikatakan sebagai skoliosis “idiopatik”. Arti idiopatik secara harfiah berarti “penyebab yang tidak diketahui”.

Teori paling banyak dipakai untuk menyebutkan sebagai penyebab skoliosis anak adalah kondisi genetik.Para ilmuwan percaya bahwa suatu gen orang tua bisa mewariskan skoliosis pada anak-anak mereka. Namun, skoliosis belum tentu terjadi pada pola dominan tradisional, artinya tidak setiap anak mewarisi gen skoliosis dari orang tuanya.

Cara mendeteksi skoliosis pada anak-anak

Skoliosis pada anak biasanya pertama-tama dicurigai oleh orang tua ketika melihat bahu atau panggul yang tidak rata. Pemeriksaan oleh dokter biasanya menggunakan skrining skoliosis, disebut “Adams forward bending test”.

Dalam tes ini, anak membungkuk ke depan sampai tulang belakang sejajar dengan lantai, dokter akan mengamati bentuk tulang belakang si anak. Skoliosis dideteksi dengan adanya satu sisi tulang rusuk lebih menonjol dibandingkan rusuk sisi lain ketika anak sedang membungkuk.

Uji MRI untuk memastikan bahwa skoliosis bukan disebabkan kondisi neurologis tertentu, atau sumsum tulang belakang tidak dipengaruhi oleh penyakit lain.

Pengobatan skoliosis masa kanak-kanak

Keputusan pengobatan untuk skoliosis anak bergantung pada tingkat keparahan kelengkungan tulang belakang pada saat diagnosis, usia anak, dan kemungkinan tingkat keparahan untuk masa depan.

Skoliosis ringan (10-25 derajat) pada awalnya hanya diperlakukan dengan observasi (pemantauan) selama waktu 6-8 bulan oleh ahli bedah ortopedi. Setelahnya, ahli ortopedi akan memantau perkembangan kurva dengan sinar-x sebagai pemeriksaan fisik lanjutan.

Jika skoliosis ringan mengalami pengembangan ke tingkat skoliosis sedang, dengan kurva > 25 derajat, maka pengobatan segera dimulai, karena dokter menduga bahwa skoliosis mempunyai probabilitas tinggi untuk memburuk jika tidak diobati. .

Perawatan bisa terdiri dari Casting, bracing dan / atau Terapi skoliosis. Jenis perawatan tergantung pada usia dan tingkat keparahan kurva. Untuk informasi lebih lengkap dan akurat, sebaiknya tanyakan masalah ini ke dokter yang menangani masalah Anak Anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Skoliosis Idiopatik? Skoliosis idiopatik adalah suatu kondisi yang menyebabkan tulang belakang melengkung ke samping namun belum diketahui apa penyebabnya. Skoliosis idiopatik mempengaruhi anak-anak dan remaja mulai usia 10 tahun. Skoliosis semasa […]
  • Skoliosis Idiopatik Remaja Skoliosis idiopatik remaja (AIS - ADOLESCENT IDIOPATHIC SCOLIOSIS) adalah satu bentuk skoliosis yang menyerang anak-anak hingga remaja berusia setidaknya 10 - 18 tahun. Istilah skoliosis remaja berarti seorang penderita masih masa […]
  • Skoliosis Apa itu penyakit tulang skoliosis? Skoliosis adalah bentuk kurva tulang belakang abnormal, membentuk leter huruf "S" atau "C" bukan lurus, seperti memuntir. Bila seseorang menderita skoliosis, tulang punggung mereka melengkung ke […]
  • Skoliosis Kongenital Skoliosis kongenital adalah kelainan tulang belakang pada bayi ketika pertama didiagnosis pada anak antara usia kelahiran hingga 5 tahun (batita dan balita). Skoliosis kongenital disebut juga skoliosis infantil karena orangtua biasanya […]
  • Skoliosis Degeneratif Skoliosis degeneratif adalah skoliosis atau tulang belakang melengkung ke samping akibat degenerasi sendi kecil tulang belakang. Skoliosis degeneratif hanya terjadi pada orang tua berusia di atas 65 th, sehingga skoliosis degeneratif […]