Skoliosis Degeneratif

Skoliosis degeneratif adalah skoliosis atau tulang belakang melengkung ke samping akibat degenerasi sendi kecil tulang belakang. Skoliosis degeneratif hanya terjadi pada orang tua berusia di atas 65 th, sehingga skoliosis degeneratif sering disebut sebagai skoliosis orang tua (dewasa)

Pada skoliosis degeneratif, kurva C terbentuk di tulang belakang lumbar akibat degenerasi di tulang yg dikenal sebagai Spondylosis. Melemahnya ligamen dan jaringan lunak lainnya dari tulang belakang menyebabkan lengkungan tulang belakang.

Selain lemahnya ligamen, skoliosis orang tua juga dapat dipengaruhi oleh osteoporosis, frakturisasi kompresi vertebral, dan degenerasi diskus (cakram). Penyebab potensial lainnya termasuk tumor tulang belakang seperti osteoid osteoma, yaitu tumor jinak di tulang belakang yang ditandai rasa sakit.

Rasa sakit yang mendasari jenis skoliosis ini menyebabkan orang tua selalu ingin bersandar ke satu sisi untuk mengurangi tekanan pada area sakit tersebut, pada akhirnya akan menyebabkan deformitas.

Penyebab skoliosis degeneratif

Skoliosis degeneratif disebabkan oleh keausan bertahap sendi facet (sendi kecil di tulang belakang yang terletak di antara dan di belakang vertebra). Keausan sendi yang berangsur-angsur pada skoliosis degeneratif, membuat tekanan di sendi faset semakin memburuk, menyebabkan tulang belakang bengkok menyamping.

 Gejala Skoliosis degeneratif

Ketika tulang rawan di sendi facet terkikis, itu bisa menjadi menyakitkan bagi penderita ketika hendak membungkuk. Keausan tulang rawan menyebabkan iritasi sendi dan meradang, menimbulkan sensasi nyeri seperti tertusuk duri di tulang belakang.

Kadang, pasien mengalami kekakuan dan rasa sakit di pertengahan punggung bawah, hingga mati rasa dan kelumpuhan kaki.

Nyeri punggung akibat skoliosis degeneratif datang secara bertahap dan memburuk dari waktu ke waktu. Rasa sakit biasanya lebih buruk di pagi hari. Jika pagi hari sedikit membaik, namun kemudian memburuk pada akhir hari (sore kadang malam hari).

Duduk bisa memberikan sedikit rasa nyaman daripada berdiri atau berjalan karena saat penderita duduk, sendi facet menerima lebih sedikit tekanan pada posisi ini.

Ketika sendi facet mengalami iritasi dan meradang, kondisi ini membuat beban di stenosis lumbal. Peradangan akar saraf mempengaruhi salah satu kaki atau kedua kaki yang dapat dirasakan ketika berdiri atau berjalan. Duduk memungkinkan darah mengalir dan dapat meredakan rasa sakit ini.

Pengobatan

Orang tua dengan skoliosis degeneratif perlu menghindari atau mengurangi aktifitas yang memperberat gejala dan semua kegiatan yang menyebabkan rasa sakit punggung.

Ada latihan khusus yang direkomendasikan Dokter, ini mencakup latihan untuk melonggarkan otot dan memperbaiki ketidakseimbangan. Terapi Chiropractic juga memberi manfaat untuk skoliosis degeneratif.

Orang tua dengan skoliosis degeneratif berat (sudut lengkung lebih dari 60 derajat) jarang memperoleh tindakan operasi, karena kadang risiko atau efek samping operasi bisa lebih berat/meningkat seiring usia pasien.

Pengobatan dan perawatan difokuskan pada pengendalian rasa sakit serta menghentikan pengembangan kurva. Prioritas pertama adalah menghilangkan rasa sakit, kemudian menghentikan perkembangan kurva, dan akhirnya mengurangi ukuran kurva.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Jenis-Jenis Skoliosis Skoliosis sebenarnya bukan penyakit, karena bukan disebabkan oleh virus aatau bakteri tertentu. Namun, skoliosis adalah istilah untuk menggambarkan kelengkungan tulang belakang yang abnormal, menyamping (lateral). Kurva tulang belakang […]
  • Skoliosis Idiopatik? Skoliosis idiopatik adalah suatu kondisi yang menyebabkan tulang belakang melengkung ke samping namun belum diketahui apa penyebabnya. Skoliosis idiopatik mempengaruhi anak-anak dan remaja mulai usia 10 tahun. Skoliosis semasa […]
  • Skoliosis Idiopatik Remaja Skoliosis idiopatik remaja (AIS - ADOLESCENT IDIOPATHIC SCOLIOSIS) adalah satu bentuk skoliosis yang menyerang anak-anak hingga remaja berusia setidaknya 10 - 18 tahun. Istilah skoliosis remaja berarti seorang penderita masih masa […]
  • Skoliosis Juvenile? Skoliosis juvenil adalah skoliosis pada masa anak-anak, mengacu pada bentuk tulang belakang melengkung ke samping secara berlebihan tanpa alasan atau memiliki penyebab pasti (idiopatik). Skoliosis juvenil ditemukan pada anak-anak antara […]
  • Kifosis Apa itu Kyphosis? Kifosis adalah kelainan tulang belakang toraks (tulang belakang bagian tengah ke atas ) melengkung ke arah luar secara berlebihan, membuat penderita menjadi bungkuk atau bongkok. Kifosis berasal dari kata yunani, yaitu […]