Resep Cilok Daging Sapi Empuk Spesial Enak

Resep Cilok Daging Sapi Empuk Spesial Enak

Cara Membuat Cilok Daging Sapi Empuk Enak Spesial -Resep cilok adalah salah satu jajanan kuliner yang sangat populer khususnya sekitaran daerah jawa barat. Yapz, panganan ini memang berasal dari daerah bandung yang memiliki banyak peminat hingga berbagai kalangan. Cilok sendiri sebuah nama yang terdiri dari dua kata yakni aci dicolok. Biasanya resep cilok ini kerap dijajakan oleh para pedagang dipinggir jalan, sekolah dan taman atau alun-alun. Resep cilok juga memiliki banyak variasi rasa dan salah satunya adalah resep cilok daging sapi yang akan kami bagikan kali ini.

Tekstu dari jajanan ini cukup empuk dan citarasanya sangatlah nikmat sehingga sangat menggugah selera. Resep cilok daging sapi ini terbuat dari bahan campuran antara daging sapi, tepung terigu, tepung kanji, dan air yang kemudian diolah menjadi adonan kemudian dibentuk menjadi bulat. Untuk proses memasaknya juga ada dua variasi yakni dnegan cara di kukus dan juga digoreng. Nah, bila anda ingin menyajikan cemilan resep cilok daging sapi, silahkan anda ikuti Cara Membuat Cilok Daging Sapi Empuk Enak Spesial.

Resep Cilok Daging Sapi

Cara Membuat Cilok Daging Sapi Empuk Enak Spesial

Bahan – bahan yang digunakan :

  • 250 gram Daging sapi ( potong tipis )
  • 25 gram Tepung terigu
  • 250 gram Tepung kanji
  • Air panas secukupnya
  • Air bersih secukupnya
  • Sambal kacang secukupnya ( sebagai pelengkap )

Bumbu yang harus dihaluskan :

  • 5 siung Bawang putih
  • 2 batang Daun bawang polong
  • merica bubuk ½ sendok teh
  • garam dapur halus 1 sendok teh
  • ½ sendok teh Penyedap rasa

Berikut cara mudah untuk membuat Cilok Daging Sapi :

  1. Bersihkan terlebih dahulu daging sapi hingga benar – benar bersih, kemudian masukkan kedalam blender bersama dengan garam dapur dan blender hingga halus .
  2. Ambil sebuah wadah kemudian masukkan tepung terigu, tepung kanji dan daging sapi yang sudah dihaluskan aduk – aduk hingga tercampur rata dan menjadi adonan yang lembut.
  3. Selanjutnya masukkan sedikit demi sedikit air panas aduk – aduk hingga merata.
  4. Masukkan pula bumbu yang telah dihaluskan aduk kembali hingga tercampur rata.
  5. Uleni dengan mengunakan tangan agar menghasilkan adonan yang sempurna, tidak lengket ditangan dan mudah untuk dibentuk.
  6. Ambil adonan secukupnya, lalu bentuk menjadi bulatan kecil atau sesuai dengan keinginan. Lakukan hal yang sama sampai adonan habis tak tersisa.
  7. Panaskan air bersih hingga mendidih, kemudian masukkan semua cilok yang telah dibentuk kedalamnya serta rebus sampai cilok terapung dan matang. Angkat dan tiriskan dahulu.
  8. Tata cilok daging sapi diatas wadah atau anda bisa pula untuk menusuknya dahulu dengan tusukan sate kemudian beri kucuran sambal kacang siap pakai diatasnya dan hidangkan.

Bila anda suka makanan pedas, anda bisa menambahkan sambal kacang dengan penuh cabai kedalamnya sesuai yang diinginkan. Sekian Cara Membuat Cilok Daging Sapi Empuk Enak Spesial yang dapat kami bahas dikesempatan kali ini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Resep Bandeng Presto Juwana Khas Semarang Cara Membuat Bandeng Presto Juwana dari Lunak – Resep bandeng presto merupakan salah satu variasi resep bandeng yang terbuat dari paduan bahan baku ikan bandeng serta bumbu khas presto yang menjadikan resep bandeng presto ini lebih […]
  • Resep Nasi Liwet Khas Sunda Komplit Enak Gurih Cara Membuat Nasi Liwet Sunda Dengan Rice Cooker – Masih dalam menu masakan nasi, setelah sebelumnya kami membahas resep nasi liwet solo asli, kali ini kami  juga ingin memberikan resep nasi liwet sunda Ncc. Sebetulnya untuk pembuatan […]
  • Cara Membuat Kue Semprong Wijen Enak Resep Kue Semprong Wijen Renyah Enak Mudah dan Sederhana – Ada berbagai macan jenis kue tradisional yang mungkin belum kita coba, salah satunya adalah kue semprong. Kue semprong termasuk panganan sejenis kue kering yang memiliki tekstur […]
  • Resep Seblak Makaroni Super Pedas Cara Membuat Seblak Makaroni Pedas Enak Sederhana – Seblak merupakan salah satu kuliner khas bandung yang identik dengan citarasa pedas. Keberadaanya sangat bervarian sebut saja seperti seblak tulang, seblak mie, seblak ceker, […]
  • Cara Membuat Sate Kerang Bumbu Kacang Khas Medan Resep Sate Kerang Medan Bumbu Kacang Enak -Resep sate adalah menu panganan yang umumnya terbuat dari bahan daging kambing dan ayam dengan cara disindik menggunakn tusuk lidi. Resep sate ini sangat beragam, beberapa diantaranya ialah […]