Gejala Resistensi Insulin Bisa Dideteksi Anda Sendiri Dengan Melihat Rasa Lapar

Gejala Resistensi Insulin
4
(15)

Gejala resistensi insulin. Dr. Cederquist menjelaskan gejala yang muncul bersamaan dengan Insulin Resisten. Resistensi Insulin adalah gangguan metabolisme yang membuat Anda sangat mudah untuk menambah berat badan, dan sangat sulit untuk menurunkannya.

Gejala resistensi insulin ditilik dari perut lapar

Anda tidak perlu melakukan tes laboratorium untuk menentukan apakah Anda memiliki resistensi insulin atau tidak. Ada beberapa indikator kunci yang memiliki resistensi insulin, yang bisa Anda deteksi sendiri karena resistensi insulin ini menyebabkan gejala-gejala tertentu, termasuk

  • Keinginan makan atau minum yang manis, menyukai karbohidrat atau pati
  • Tidak selera makan atau kurang lapar di pagi hari
  • Jika Anda melewatkan makan atau sarapan, Anda merasa pusing dan gemetar
  • Makanan enak tidak benar-benar menarik bagi Anda, sampai Anda benar-benar mulai makan dan kemudian Anda melahapnya
  • Pada jam 2-4 sore, Anda merasa kelaparan, di mana Anda ingin makan banyak

Jika Anda merasa lapar di pagi hari, Anda akan sarapan, dan Anda merasa kurang lapar Anda akan melewatkan sarapan, maka kemungkinan Anda akan mengalami gejala resistensi insulin.

Jika Anda sarapan roti bakar dan sereal atau buah-buahan, atau panekuk misalnya, Anda akan merasa sangat lapar dalam beberapa jam, maka ini kemungkinan Anda memiliki gangguan metabolisme dan ini perlu diubah.

Jenis kelaparan yang muncul bersama resistensi insulin bukanlah rasa lapar yang normal.

Jenis makanan yang salah di siang hari dapat bertindak sebagai stimulan nafsu makan besar Anda.

Perlu disadari, beberapa obat penurun berat badan bisa tidak aman bagi banyak orang, biasanya membatasi nafsu makan.

Lihat video di bawah ini

Gejala secara umum

Resistensi insulin adalah gambaran klinis diabetes mellitus tipe 2 dan sindrom metabolik. Pada tahap awal resistensi insulin, gejala mungkin tidak terlihat tetapi ketika diabetes tipe 2 atau sindrom metabolik berkembang, gejala dapat meliputi:

  • Peningkatan kadar gula darah yang dapat menyebabkan peningkatan rasa haus (polidipsia), seringnya pengeluaran urin dalam jumlah besar (poliuria) dan peningkatan kelaparan (polifagia). Selain itu, mungkin ada kenaikan berat badan atau penurunan berat badan.
  • Kelemahan dan kelelahan yang tidak bisa dijelaskan.
  • Kesulitan dalam berkonsentrasi dan stamina mental yang buruk – Seseorang mungkin mengantuk dan mengantuk di siang hari. Hal ini dapat disebabkan oleh resistensi insulin atau oleh terjaga malam yang dipicu oleh kebutuhan untuk buang air kecil. Rasa kantuk lebih terasa setelah makan kaya karbohidrat.
  • Kelebihan berat badan atau obesitas – Mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah besar dapat menyebabkan resistensi insulin dan individu dengan kondisi tersebut mungkin kelebihan berat badan atau obesitas. Bobot yang bertambah karena resistensi insulin biasanya sulit hilang. Biasanya, lemak disimpan di sekitar organ perut.
  • Kelebihan karbohidrat dalam makanan juga dapat menyebabkan gejala lain seperti kembung usus, perut kembung, sembelit, diare, mual dan muntah.
  • Kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah tinggi. Peningkatan ini mungkin tidak menyebabkan gejala yang jelas, tetapi pada kasus yang parah, timbunan lemak di sekitar mata dapat terwujud.
  • Bercak kulit gelap mungkin terlihat di bagian leher. Ini disebut acanthosis nigricans. Bercak gelap mungkin juga ada pada siku, buku-buku jari lutut atau ketiak.
  • Hiperglikemia yang terlihat pada resistensi insulin juga dapat menyebabkan infeksi genital yang sering, seperti sariawan.
  • Tekanan darah meningkat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4 / 5. Vote count: 15

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Tips Memilih Makanan Untuk Mencegah Resistensi Insulin Untuk memahami resistensi insulin, Anda harus terlebih dahulu mengetahui peran insulin. Hormon ini mengatur glukosa dalam darah. Setelah makanan Anda dicerna dan glukosa memasuki aliran darah, pankreas mengirimkan insulin untuk membantu […]
  • Tips Memilih Makanan Untuk Diet Resistensi Insulin Apa makanan terbaik untuk orang yang didiagnosis dengan resistensi insulin? Ketika Anda menuju ke diet untuk resistensi insulin, prediabetes, atau bahkan diabetes, berdasarkan penelitian yang dirangkum dalam laporan American Diabetes […]
  • Memahami Apa Itu Resistensi Insulin Banyak orang mengerti bahwa resistensi insulin (juga sering disebut sebagai sindrom metabolik) adalah faktor risiko untuk mengembangkan diabetes tipe 2. Apa yang mereka tidak mengerti adalah mengapa hal ini terjadi. Anda mungkin belum […]
  • Penyebab Resistensi Insulin Penyebab Resistensi Insulin. Beberapa faktor meningkatkan risiko resistensi insulin. Sementara beberapa faktor risiko ini dikaitkan dengan gaya hidup dan dapat dimodifikasi, yang lain adalah genetik atau biokimia dan karenanya tidak […]
  • Etiologi Diabetes Melitus – Faktor-Faktor Yang Memicu Kejadian Diabetes Etiologi diabetes melitus secara umum dimulai adanya penyakit kronis yang ditandai oleh defisiensi insulin baik secara relatif atau absolut, menghasilkan suatu kondisi yang disebut intoleransi glukosa. Itu terjadi pada kurang 150 ribu […]