Penyebab Resistensi Insulin

Penyebab Resistensi Insulin. Beberapa faktor meningkatkan risiko resistensi insulin. Sementara beberapa faktor risiko ini dikaitkan dengan gaya hidup dan dapat dimodifikasi, yang lain adalah genetik atau biokimia dan karenanya tidak dapat dimodifikasi.

Resistensi insulin disebabkan oleh tingkat insulin yang terus-menerus tinggi selama periode waktu yang lama yang pada akhirnya menyebabkan sensitivitas tubuh terhadap insulin menurun.

Beberapa faktor risiko untuk resistensi insulin meliputi:

Faktor gaya hidup

Obesitas dan diet yang kaya lemak dan karbohidrat olahan merupakan faktor yang diduga terkait dengan perkembangan resistensi insulin. Lemak perut, terutama, dianggap berperan karena menghasilkan hormon yang dapat memicu resistensi insulin.

Vitamin D

Kekurangan vitamin D dalam makanan dapat berkontribusi terhadap resistensi insulin karena perannya dalam toleransi glukosa melalui efeknya pada sekresi insulin dan sensitivitas insulin.

Diabetes

Penderita diabetes tipe 2 mungkin mengalami peningkatan kadar insulin. Pada orang sehat, aksi insulin dimediasi pada pengikatan pada reseptor insulin yang hadir pada berbagai target seluler seperti sel lemak, sel otot, dan sel hati.

Pada orang dengan diabetes tipe 2, kadar gula darah yang tinggi memicu tingkat produksi insulin yang tinggi dan ini menyebabkan turunnya regulasi reseptor insulin. Ini berarti ada resistensi relatif terhadap insulin meskipun kadar insulin sedang tinggi. Penyebab awal gula darah tinggi disebabkan oleh asupan karbohidrat yang tinggi.

Resistensi insulin diduga berhubungan dengan peradangan. Dalam kasus prediabetes dan diabetes tipe 2, sistem kekebalan melepaskan mediator inflamasi yang disebut sitokin yang dianggap mengganggu kerja insulin. Kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas atau stres oksidatif juga terlibat dalam pengembangan resistensi insulin.

Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Penyakit seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS) berhubungan dengan resistensi insulin, tetapi tidak diketahui apakah PCOS menyebabkan resistensi insulin atau terjadi sebagai bagian dari proses penyakit PCOS. Penyakit lain seperti sindrom Cushing dan hipogonadisme juga dikaitkan dengan penyebab resistensi insulin.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Tips Memilih Makanan Untuk Mencegah Resistensi Insulin Untuk memahami resistensi insulin, Anda harus terlebih dahulu mengetahui peran insulin. Hormon ini mengatur glukosa dalam darah. Setelah makanan Anda dicerna dan glukosa memasuki aliran darah, pankreas mengirimkan insulin untuk membantu […]
  • Tips Memilih Makanan Untuk Diet Resistensi Insulin Apa makanan terbaik untuk orang yang didiagnosis dengan resistensi insulin? Ketika Anda menuju ke diet untuk resistensi insulin, prediabetes, atau bahkan diabetes, berdasarkan penelitian yang dirangkum dalam laporan American Diabetes […]
  • Gejala Resistensi Insulin Bisa Dideteksi Anda Sendiri Dengan Melihat Rasa Lapar Gejala resistensi insulin. Dr. Cederquist menjelaskan gejala yang muncul bersamaan dengan Insulin Resisten. Resistensi Insulin adalah gangguan metabolisme yang membuat Anda sangat mudah untuk menambah berat badan, dan sangat sulit untuk […]
  • Memahami Apa Itu Resistensi Insulin Banyak orang mengerti bahwa resistensi insulin (juga sering disebut sebagai sindrom metabolik) adalah faktor risiko untuk mengembangkan diabetes tipe 2. Apa yang mereka tidak mengerti adalah mengapa hal ini terjadi. Anda mungkin belum […]
  • Rangkaian Proses Terjadinya Hipoglikemia Dan Hiperglikemia Dan Tips Mencegahnya Mengapa hiperglikemia terjadi? Risiko hipo dan hiperglikemik dapat terjadi ketika kadar gula darah HbA1C berada pada posisi tidak normal, dimana target kadar gula HbA1C yang normal untuk pasien dengan diabetes melitus adalah sekitar 6.5% […]