Studi: Stem Sel Dari Ekstrak Air Kencing Bisa Tumbuhkan Gigi

Gigi tanggal bisa tumbuh kembali

Para ilmuwan telah menemukan cara menumbuhkan gigi yang tidak sempurna dari sumber yang paling tidak mungkin dan sangat aneh, yaitu menggunakan stem sel pluripoten dari air kencing manusia.

Sel induk atau stem cell pluripoten berpotensi berkembang menjadi semua jenis sel di tubuh. Keuntungan menggunakan urin sebagai sumber stem sel adalah cara paling mudah untuk mendapatkan sel induk dibandingkan dengan mendapatkan dari sumsum tulang.

Penemuan kontroversial ini menuai kritisi tajam. Cakupan media di Inggris dalam mengomentari studi ini dengan standar tinggi. BBC News, Mail Online dan Metro semuanya menjelaskan bahwa penelitian dilakukan pada tikus bukan manusia.

Juga komentar kritisi dari pakar lain tentang penggunaan air kencing sebagai sumber stem sel karena urin sangat berpotensi kontaminasi bakteri.

Asal studi

Penelitian ini dilakukan oleh para peneliti dari Guangzhou Institutes of Biomedicine and Health di China, Universitas Peking dan institusi China lainnya.

Pendanaan studi diperoleh dari Chinese Ministry of Science and Technology, Natural Science Foundation of China and the Chinese Academy of Sciences. Hasil penelitian ini dipublikasikan di jurnal Cell Regeneration, bisa diakses bebas.

Konsep penelitian

Ini adalah penelitian berbasis laboratorium dimana peneliti berusaha untuk menumbuhkan gigi pada tikus dengan menggunakan sel induk pluripoten yang berasal dari urine manusia.

Sel punca pluripoten (PSCs – Pluripotent stem cells) adalah sel yang memiliki potensi untuk membelah dan berkembang menjadi semua jenis sel dalam tubuh. PSCs dalam penelitian ini disebut induksi stem sel pluripoten (iPSCs – induced Pluripotent stem cells) karena secara alamiah berasal dari sel yang disekskresi oleh urin manusia.

Para peneliti mengatakan, penggunaan air kencing sebagai sumber stem sel pluripoten karena keterbatasan sumber sel induk manusia yang memadai, semisal sumsum tulang.

Para periset mengatakan bahwa sepengetahuan mereka, tidak ada penelitian lain yang menggunakan urin manusia untuk menginduksi sel punca pluripoten sebagai regenerasi dan pertumbuhan gigi.

Apa hasil penelitian ini

Para periset melaporkan bahwa setelah tiga minggu setelah transplantasi sel induk, sel gigi tikus mulai nampak seperti gigi manusia dengan tingkat keberhasilan hingga 30%.

Struktur gigi sangat lengkap berisi pulpa gigi, dentin, ruang enamel dan organ enamel. Namun, gigi hasil transplantasi stem sel ini tidak sekeras gigi alami, dan tingkat kekerasan hanya sekitar sepertiga dari kekerasan gigi manusia.

Kesimpulan

Para peneliti menyimpulkan bahwa urin manusia yang menginduksi sel punca pluripoten (iPSCs) mampu membentuk gigi seperti gigi normal lainnya.

Gigi ciptaan ini berstruktur lengkap, meliputi enamel dan memiliki sifat fisik yang serupa dengan gigi manusia biasa. Mereka mengatakan bahwa iPSCs bisa menjadi sumber penelitian sel induk masa depan untuk regenerasi gigi atau mungkin bisa menumbuhkan kembali gigi yang tanggal pada orang dewasa.

Masih banyak penelitian yang perlu dilakukan untuk mengembangkan teknik ini sebelum dinilai apakah di masa depan bisa berpotensi untuk menumbuhkan kembali gigi pada manusia.

Selain itu, penelitian lanjutan diperlukan untuk memastikan bahwa gigi yang tumbuh dari induksi stem sel pluripoten bisa berfungsi seperti gigi manusia normal, aman dan efektif dalam jangka panjang (NHS Choices)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait