Manfaat Dan Efek Samping Acetyl-L-Carnitine (ALCAR) Pada Tubuh

Manfaat Dan Efek Samping Acetyl-L-Carnitine (ALCAR)  Pada Tubuh

Apa Itu Acetyl-L-Carnitine?

Asetil-L-karnitin adalah antioksidan penting dari salah satu bentuk karnitin. Secara alamiah, karnitin ditemukan di dalam tubuh dan diregulasi oleh ginjal. Ginjal membantu mengatur tingkat karnitin. Semua karnitin adalah antioksidan, bertugas memperbaiki kerusakan sel dan melawan efek stres oksidatif.

Acetyl-L-Carnitine – ALCAR bertindak sebagai reservoir energi dan membantu meningkatkan produksi energi. ALCAR memiliki fungsi mirip dengan karnitin tetapi lebih unggul dan lebih efisien. ALCAR secara alami terbentuk pada tumbuhan dan hewan, dan sering digunakan sebagai suplemen makanan.

Sebagai suplemen, ALCAR digunakan untuk meningkatkan memori dan meningkatkan energi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa Acetyl-L-Carnitine memiliki manfaat dalam mengobati penyakit Peyronie, hipertiroidisme, serangan jantung, dan banyak masalah medis lainnya.

Sumber-sumber Acetyl-L-Carnitine

Nutrisi karnitin dapat ditemukan secara alami dalam daging, khususnya daging domba dan ikan, produk susu seperti keju dan yogurt, asparagus, gandum, selai kacang, dan alpukat. Sumber Acetyl-L-Carnitine secara alami diproduksi oleh tubuh dalam jumlah sedikit di jantung dan otot rangka. Umumnya, diet ALCAR berdampak positif; Oleh karena itu, tidak ada persyaratan dosis diet untuk setiap nutrisi.

Akan tetapi, pada beberapa individu dengan kondisi tertentu, tubuh mereka tidak dapat membuat L-Carnitine secara alami, atau bisa menyerap suplemen ALCAR karena cacat genetik. Terutama bagi mereka yang memiliki penyakit hati, ginjal, atau gangguan otak mungkin tidak bisa menyerap jumlah ALCAR secara tepat.

Diet Acetyl-L-Carnitine

Banyak orang mengonsumsi suplemen ALCAR untuk terapi kesehatan dalam bentuk pil atau kapsul dengan ukuran bervariasi mulai dari 100 hingga 500 mg. Seperti obat resep lainnya, pastikan Anda memilih produk ALCAR dengan merek bereputasi. Anda bisa meminta apoteker setempat untuk membantu memilih merek yang tepat.

Orang mengambil suplemen ALCAR karena berbagai alasan. Mereka mendapatkan manfaat ALCAR seperti peningkatan energi fisik, energi mental dan peningkatan kecerdasan otak. Efek manfaat secara langsung setelah makan suplemen ALCAR dalam beberapa jam membuat orang merasa otak lebih tajam, lebih waspada, dan merasa lebih mudah untuk fokus berkonsentrasi.

Dosis Acetyl-L-Carnitine

Dosis umum ALCAR adalah 100 hingga 500 mg sekali sehari, biasanya dimakan di pagi hari bersama makanan. Mereka yang mengonsumsi ALCAR harus selalu berbicara dengan dokter lebih dulu untuk mendiskusikan berapa jumlah nutrisi yang tepat. Perhatikan, ALCAR dapat berinteraksi/kontraindikasi dengan obat-obatan tertentu, jadi pastikan berkonsultasi dengan dokter.

Untuk anak-anak, dosis ALCAR menyesuaikan. Seorang dokter akan meresepkan ALCAR tersesuai untuk anak-anak.

Manfaat Acetyl-L-Carnitine

Beberapa manfaat ALCAR bisa anda simak dibawah ini

1. Meningkatkan kecerdasan otak 

Ada banyak penelitian ilmiah tentang efek ALCAR pada otak dan tubuh Anda. Hasil positif adalah merangsang fungsi otak, meningkatkan energi, dan mengobati beberapa penyakit. ALCAR memiliki kemampuan untuk mencapai otak dan mencegah kerusakan sel-sel otak. Banyak penelitian telah menunjukkan ALCAR memiliki manfaat positif pada pengobatan penyakit seperti jantung, penyakit Peyronie, penyakit Alzheimer, dan hipertiroidisme. 

2. Meningkatkan stamina dan energi 

Banyak perusahaan memproduksi dan memasarkan ALCAR sebagai peningkat kinerja stamina dalam atletik. Meski belum ada penelitian ilmiah secara khusus yang menunjukkan adanya hubungan antara mengonsumsi ALCAR dengan kemampuan atletik, namun beberapa olahragawan mempercayai itu. 

3. Menurunkan berat badan 

ALCAR juga dijual sebagai penurun berat badan. Beberapa perusahaan membanggakan ALCAR sebagai nutrisi untuk menekan nafsu makan dan mengurangi lemak di dalam tubuh.

4. Mengobati aterosklerosis 

Individu yang menderita pengerasan arteri, atau aterosklerosis, bahwa mengonsumsi 500 mg ALCAR sekali sehari dapat meningkatkan kemampuan otot untuk berfungsi.

5. Mengobati Gagal Jantung Kongestif 

Ada penelitian kecil, ALCAR dapat memperbaiki gejala gagal jantung kongestif dengan mengonsumsi ALCAR selama 60 hari, dengan dosis 600 hingga 1.200 mg ALCAR diminum tiga kali sehari. 

6. Mencegah serangan dan gagal Jantung 

Dalam penelitian terbaru, ALCAR memiliki efek positif mengurangi tingkat mortalitas akibat serangan jantung. Penggunaan ALCAR menunjukkan peningkatan denyut jantung, lipid darah, rongga nafas dada, dan perbaikan tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa dosis 4 g ALCAR sehari akan meningkatkan daya tahan hidup setelah seseorang mengalami serangan jantung. 

7. Mengobati sindrom kelelahan kronis 

Beberapa peneliti mengatakan bahwa Chronic Fatigue Syndrome (CFS) mungkin disebabkan kurangnya nutrisi tertentu di dalam tubuh, termasuk karnitin. Dalam beberapa penelitian, ALCAR menunjukkan peningkatan stamina lebih baik setelah 4 hingga 8 minggu dengan dosis 500 mg hingga 2 gram sehari. Karnitin mampu meningkatkan produksi mitokondria dan melindungi terhadap efek negatif dari kelelahan kronis dan tekanan darah rendah.

8. Mengobati Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) 

Bukti dari tiga penelitian ilmiah terkontrol menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi ALCAR menunjukkan peningkatan dalam kerja otot-otot jantung dan mereka yang menderita PPOK, dan meningkatkan daya tahan nafas selama berolahraga. 

9. Mengobati Alzheimer 

Sejumlah penelitian telah mengevaluasi manfaat ALCAR dalam pengobatan Alzheimer dan demensia. Penelitian juga menemukan bahwa mengonsumsi ALCAR dapat mencegah dan memperlambat perkembangan Alzheimer dan kepikunan karena demensia.

10. Mengobati Hipertiroidisme

Sebuah studi 6 bulan menyimpulkan bahwa penggunaan 2 sampai 4 g ALCAR setiap hari dalam kombinasi tepat, bisa mengobati penyakit hipertiroidisme dengan perbaikan sel-sel hormon tiroid. Penelitian ini juga menunjukkan kemampuan ALCAR untuk mengurangi gejala gangguan tiroid hiperaktif seperti: kecemasan, kegelisahan, insomnia, tremor, dan debar jantung. 

11. Penyakit Peyronie 

Penyakit Peyronie adalah peradangan p3nis membuat bentuk melengkung dan er3ksi menyakitkan karena aliran darah yang tersumbat. Sebuah studi 3 bulan menunjukkan bahwa ALCAR secara signifikan mengurangi rasa sakit selama hubungan s3ksual dan mengurangi rasa sakit. Dengan dosis 1 gram dua kali sehari, tidak menunjukkan efek samping yang nyata di salah satu peserta penelitian.

Efek samping Acetyl-L-Carnitine

  • Sebelum menggunakan ALCAR, selalu baca petunjuk dosis pada label produk. Efek samping ALCAR paling umum adalah mual, muntah, diare, kebingungan, depresi, perilaku agresif, dan bau badan yang tidak menyenangkan. Mayoritas efek samping terjadi ketika mengambil dosis lebih tinggi 5 g per hari.
  • Tanda-tanda reaksi alergi ALCAR adalah ruam kulit, gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah atau tangan, kesemutan atau pembengkakan mulut atau tenggorokan, dan sesak dada.
  • Orang menderita epilepsi atau mempunyai riwayat kejang-kejang tidak boleh mengonsumsi ALCAR.
  • Wanita hamil atau menyusui harus menghindari mengonsumsi ALCAR.
  • Individu dengan tiroid rendah harus menghindari ALCAR. Suplemen bisa mengganggu kerja hormon tiroid, menyebabkan reaksi yang merugikan.

Interaksi obat.

  • Mereka yang memakai obat-obatan seperti ddI dan d4T4 yang digunakan untuk mengobati HIV tidak boleh makan ALCAR karena dapat mengurangi efek obat.
  • Individu yang memakai obat kanker seperti Cisplatin atau Platinol atau sedang menjalani perawatan seperti Paclitaxel atau Taxol juga harus menghindari ALCAR.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait