Antioksidan: Manfaat Tirosol Untuk Mencegah Kepikunan dan Penuaan Dini

Antioksidan: Manfaat Tirosol Untuk Mencegah Kepikunan dan Penuaan Dini

Tirosol adalah antioksidan fenolik sebagai antibiotik alami pada tanaman yang bekerja melindungi sel dan jaringan dari cidera oksidatif. Tyrosol banyak dikandung dalam buah zaitun, anggur dan teh hijau. Antioksidan tirosol hadir di daun, buah, dan dalam minyak tanaman. Tyrosol dianggap identik dengan antioksidan lain yang disebut hydroxytyrosol, dengan sedikit perbedaan.

Pada manusia, tirosol menjadi penting sebagai pelindung cedera oksidatif . Cidera oksidatif pada otak dapat menyebabkan penyakit kepikunan, termasuk Parkinson serta penyakit Alzheimer dan bentuk lain demensia. Cedera oksidatif juga dapat menyebabkan kanker dan penyakit jantung.

Sumber-sumber tirosol

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun dianggap “makanan ajaib” dunia kuno khususnya di Eropa selatan dan Timur Tengah. Secara historis, minyak zaitun digunakan untuk membantu pencernaan dan melawan kanker, terutama untuk perawatan kulit. Tirosol minyak zaitun juga mempromosikan kesehatan kardiovaskular.

Kadang, secara topikal untuk membantu menghilangkan noda seperti bekas luka dan jerawat; kadang juga digunakan untuk menyembuhkan penyakit kulit seperti kulit kering, ruam, dan eksim. Minyak zaitun juga diduga memiliki sifat anti-aging (anti penuaan dini).

2. Teh Hijau

Teh hijau adalah obat tradisional dari Asia, terutama dari China. Teh ini bertindak sebagai antioksidan, karena kandungan tyrosol dan beberapa komponen lainnya, juga dianggap dapat menyembuhkan kanker dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan kulit.

Zaitun masih dianggap sebagai penyedia tyrosol terbaik dibanding teh hijau sehingga kadang teh hijau jarang direkomendasikan ketika seseorang ingin meningkatkan asupan tyrosolnya.

Manfaat Tirosol

1. Mencegah kanker.

Meskipun tirosol belum terbukti menyembuhkan kanker, tapi dapat membantu mencegahnya. Juga, penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang rutin mengonsumsi minyak zaitun berisiko lebih rendah terkena penyakit jantung dan gangguan mental. Bahkan, telah terbukti menurunkan risiko seseorang mengembangkan penyakit Alzheimer.

2. Perawatan kulit

Minyak zaitun yang dioleskan secara topikal juga dapat meningkatkan kesehatan kulit dan dapat menjaga kulit dari penuaan dini. Namun, ketika mengobati jerawat, harus diingat bahwa tyrosol minyak zaitun bukanlah “obat mujarab ajaib”.

Obat modern sekarang telah membuktikan bahwa tyrosol memang memiliki sifat anti-penuaan, mirip dengan vitamin E. Agar tirosol dalam minyak zaitun dapat secara efektif mengobati atau mencegah penyakit apa pun, ia harus dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.

3. Mencegah penyakit jantung koroner

Dalam kultur budaya kuno, khususnya di Italia dan Yunani, minyak zaitun adalah salah satu komponen utama dalam diet Mediterania. Diet kaya tyrosol ini telah terbukti menurunkan risiko kanker, demensia, dan beberapa penyakit jantung, terutama penyakit jantung koroner. Diet Mediterania juga menurunkan risiko stroke.

4. Memperpanjang umur

Salah satu kasus paling terkenal yang membuktikan keefektifan tyrosol adalah Jeanne Louise Calment yang bertahan hidup dari 21 Februari 1875 hingga 4 Agustus 1997, total 122 tahun dan 164 hari; Ia memegang rekor untuk masa hidup terpanjang.

Ketika ditanya tentang umur panjangnya dan kesehatannya, Calment menghubungkannya dengan penggunaan minyak zaitun secara topikal.

Calment meninggal karena usia tua; dia tidak pernah menderita serangan jantung atau stroke dan, meskipun telah merokok selama 96 tahun dalam hidupnya, dia tidak pernah mengidap kanker.

Dosis tirosol

Agar tyrosol memiliki dampak pada kesehatan seseorang, Anda harus sering mengonsumsi banyak minyak Zaitun dan teh hijau. Mereka sangat aman untuk orang dewasa, anak-anak, dan bahkan ibu hamil dan menyusui.

Saat mengonsumsi suplemen tyrosol / hydroxytyrosol, disarankan bagi orang dewasa untuk mengonsumsi kurang lebih 300 mg, satu sampai empat kali sehari. Namun, yang terbaik adalah mengikuti instruksi dosis pada botol suplemen. Anak-anak umumnya menerima dosis lebih sedikit daripada yang diambil oleh orang dewasa.

Efek samping tirosol.

Tirosol tidak menyebabkan efek buruk apa pun. Namun, seseorang bisa mendapat alergi dari produk yang dia gunakan. Hives atau biduran adalah gejala yang paling umum dari reaksi alergi. Minyak zaitun extra virgin berkualitas tinggi tidak akan menyebabkan reaksi alergi kecuali seseorang itu sendiri memiliki alergi pada zaitun. Jika diminum dalam jumlah besar, minyak zaitun dapat bertindak sebagai pencahar.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait