Waspadai Distribusi Obat Ilegal Online Via Internet

Waspadai Distribusi Obat Ilegal Online Via Internet

Masalah distribusi obat illegal di Indonesia, masih menjadi masalah yang sulit dikendalikan.  Bukan hanya obat illegal, obat resmipun terkadang sulit diatur tata tertibnya. Status obat, yang oleh beberapa orang dianggap status komersil, membuat distribusi obat menjadi sulit terkontrol.

Padahal, status obat sendiri bukanlah produk komersialisasi. Ragam cara distribusi, membuat distribusi obat illegal sulit dikontrol. Distribusi obat illegal melalui internet, adalah salah satu fenomena yang menjadi perhatian banyak pihak.

Tidak hanya obat tanpa resep, beberapa toko obat juga menyediakan obat yang seharusnya dibeli dengan resep, bisa dibeli melalui internet.  Tidak jarang, obat dijual dengan harga miring. Setelah ditelusuri, ternya obat tersebut adalah obat illegal. Oktober 2012 lalu, pemerintah mulai menyidak beberapa toko online yang melakukan distribusi obat illegal melalui internet.

Distribusi Obat Illegal Sulit Dikendalikan

Suatu waktu ketika BPOM mengadakan jumpa pers di BPOM, di akhir tahun 2012, pernah disebutkan distribusi obat illegal melalui internet agak sulit ditelusuri. Beberapa pemiliki toko online, terkadang tidak menyertakan alamat toko ataupun nomor telepon tetap yang bisa dihubungi. Kesulitan lainnya adalah, hosting yang digunakan beberapa toko online tersebut adalah hosting luar negeri, dimana untuk menemukan akses keberadaan mereka menjadi lebih sulit.

Sekitar 83 situs penjualan obat illegal juga telah di tutup oleh BPOM pada Oktober 2012 yang lalu. Situs ini dianggap sangat merugikan masyarakat dan juga pemilik industri obat itu sendiri. Dari banyaknya situs obat palsu yang ditutup tersebut, ternyata obat-obat dengan mekanisme sebagai obat kuat mendominasi dijual sebagai obat palsu dan illegal.(http://health.kompas.com)

Sayangnya banyak masyarakat tidak aware dengan dampak atas pemakaian obat palsu tersebut. Obat palsu maupun obat illegal memiliki banyak pengaruh buruk pada tubuh. Dengan ketidakpahaman ini, masyarakat masih tetap memilih belanja obat melalui internet, yang senantiasa memberikan janji harga dan khasiat yang dilebih-lebihkan.

Banyaknya jenis obat kuat yang dijual melalui internet, dinilai pemerintah diakibatkan tingginya minat masyarakat terhadap obat tersebut. Obat kuat kimia, biasanya adalah obat keras, yang membutuhkan resep dokter jika dibeli di Apoteker.

Karenanya, jika pemilik toko bisa memberikan tanpa meminta resep dokter, tentulah amat mudah bagi pembeli. Sama halnya dengan obat kuat tradisional, setelah ditelusuri ternyata banyak diantaranya yang diberikan tambahan obat kimia. Bahayanya adalah, obat kuat tradisional selalu dianggap aman untuk dikonsumsi setiap harinya.

Tips Membeli Obat Melalui Internet

Jika memang akan membeli obat selain melalui internet, maka ada baiknya untuk memperhatikan banyak hal. Termasuk diantaranya teliti dalam memilih toko yang menjual obat.

  1. Sebaiknya tidak melakukan transaksi obat keras, yang seharusnya dibeli dengan resep dokter melalui internet. Karena obat keras ini penggunaanya harus dibawah sepengetahuan dokter. Membeli obat melalui jalur resmi, lebih aman, karena jika terjadi sesuatu mudah ditelusuri asal muasal obat tersebut.
  2. Distribusi obat illegal dan obat tradisional palsu juga banyak di internet. Perlu diperhatikan klaim obat tradisional, karena terkadang berlebihan dan senantiasa mengatakan dapat menyembuhkan segala macam penyakit. Jika memang pernah melakukan transaksi dan menberikan khasiat langsung sembuh, boleh dicurigai terdapat kandungan bahan kimia di dalamnya.
  3. Membeli suplemen melalui internet juga perlu selektif. Pada dasarnya suplemen makanan tidak terlalu dibutuhkan, jika tubuh memang dalam keadaan fit, tidak banyak aktivitas dan makanan sudah seimbang.
  4. Untuk menekan distribusi obat illegal dan palsu melalui internet, jangan segan melaporkan kejadian mengenai efek samping obat, baik obat kimia ataupun tradisional yang dibeli melalui internet kepada BPOM.
  5. Pilihlah toko obat yang memiliki alamat dan nomor telepon tetap yang bisa dihubungi. Kalau bisa membeli secara COD akan lebih baik.
  6. Sebaiknya tidak terlalu mempercayai klaim yang tercantum pada situs ataupun pada email (spam) yang menyajikan obat dengan harga murah. Bisa jadi merupakan jaringan toko distribusi obat illegal dan palsu.
Waspadai Distribusi Obat Ilegal Online Via Internet
5 (100%) 1 vote[s]

Artikel Terkait

Bagikan Ke Temanmu: