4 Fitokimia Penting Tanaman Binahong Dan Manfaatnya

Manfaat Daun Binahong


Binahong, tanaman ini asli Tiongkok, dengan sebutan Dheng San Chi. Tanaman ini juga banyak ditemukan di negara-negaradi  pasific , seperti Australia, New Zeland, dll. Binahong hidup dengan mudah di dataran rendah. Di Indonesia sendiri tanaman berbentuk jantung ini banyak ditemukan menjalar di jalan.

Sudah sejak lama, daun Binahong dipercaya oleh masyarakat untuk pengobatan. Tidak hanya daunnya, bagian tumbuhan lainnya juga terbukti berkhsiat.  Biasanya masyarakat menggunakannya untuk pengobatan luka bakar, mempercepat pengeringan luka paska melahirkan, batuk darah, diabetes, mengontrol kolesterol, mimisan, gangguang pembekuan darah, dsb.

Di Amerika, tumbuhan ini sangat terkenal dan juga banyak digunakan masyarakat, namun amat disayangkan, peneliti di sana belum meneliti tumbuhan ini secara serius.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak penelitian mengenai khasiat daun Binahong dilakukan. Peneliti dari Fakultas Kedokteran UMY, Salmah Urbaniyahdan Adhitia Kartyanto, membuktikan aktivitas senyawa flavonoid dalam Binahong yang berfungsi sebagai antioksidan dan melindungi fungsi hati.

Penelitian ini diperkuat juga oleh Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Dr Muhammad Da’i MSi Apt dan Devi Octavia, yang mengatakan bahwa terdapat kemampuan antioksidan dalam binahong, yaitu mampu menangkap radikal bebas. Bahkan menurut mereka kemampuan tersebut menyamai kemampuan vitamin E.

Di Malaysia, oleh Sri Murni Hastuti yang melakukan penelitiandaun  Binohang, mendapatkan hasil dimana Binahong berpotensi mengobati diabetes melitus, gangguan hati, tekanan darah dan kolesterol. Sedang penelitian oleh G.M. Gundidza, peneliti dari Afrika Selatan, meriset manfaat lain daun Binahong, sebagai obat penambah vitalitas.

4 Kandungan Utama, kaya Khasiat

Dikabarkan, ada 4 kandungan utama Binahong yang membuatnya kaya dengan khasiat. Empat kandungan tersebut adalah Flavonoid, Alkaloid, Terpenoid dan Saponin.

Kandungan flavonoid yang terdapat dalam Binahong, membuat Binahong memiliki sifat antioksidan. Karena sifatnya ini, maka Binahong mampu mereduksi radikal bebas, sehingga mencegah munculnya penyakit-penyakit yang membahayakan.

Tidak hanya itu, Flavonoid juga memiliki aktivitas antibiotika alami, yang membantu tubuh untuk melawan virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Dalam Binahong juga terdapat Alkaloid. Alkaloid dalam radikal bebas inilah yang dilangsir memiliki sifat hipoglikemik, yaitu sifat  berkhasiat yang mampu menurunkan gula darah pada penderita Diabetes.

Senyawa terpenoid yang terdapat dalam Binahong, merupakan senyawa hidrokarbon isometrik, yang dapat membantu tubuh memulihkan stamina saat dalam keadaan sembuh dari sakit. Sedangkan kandungan Saponin dalam Binahong, dikatakan bisa membantu menurunkan kolesterol. Di samping itu, Saponin juga memiliki sifat antioksidan dan antikarsinogenik, yang berfungsi untuk mencegah timbulnya kanker.

Pengolahan Binahong Untuk Pengobatan

Ada dua cara pemakaian Binahong, yaitu untuk pemakaian dalam dan pemakaian luar. Untuk pemakaian dalam, daun Binahong diolah dengan cara sederhana, yaitu dengan menambahnya dalam campuran makanan, seperti sayur, soto, mie dll. Tidak hanya itu, Binahong juga bisa dimasak sebagai lalapan.

Umbi tanaman Binahong yang fresh, biasanya khasiatnya lebih berasa untuk kesehatan. Umbi bisa diolah dengan merebusnya dalam gelas air, setelah dingin baru diminumkan airnya 2-3 kali sehari. Hal ini amat berfungsi untuk pemulihan stamina dan menyembuhkan dari dalam luka bekas operasi.

Pada pemakaian luar, bagian Binahong yang dipakai adalah daun dan batangnya. Daun dan batang ditumbuk sampai halus, dan dioleskan pada bagain tubuh yang sakit, memar, nyeri rematik, dll. Untuk bayi, tumbukan daun binahong ini dapat membantu meredakan demam pada bayi. Hal yang sama juga bisa dilakukan sang ibu, meminum air daun binohang, kemudian memberikan asi pada bayi, juga memberikan manfaat khasiat pada bayi.

Saat ini budidaya tanaman Binahong mulai digalakkan, Tujuannya agar tanaman binahong bisa dimanfaatkan sepenuhnya untu kesehatan. Walaupun tumbuhan ini banyak di temukan di sekitar kita, namun masyarakat terkadang kurang peduli untuk merawatnya dengan baik. 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Manfaat Mengkudu Untuk Mengatasi Berbagai Penyakit Kanker Morinda citrifolia atau yang sangat dikenal dengan buah mengkudu adalah salah satu tumbuhan yang sampai saat ini masih menjadi kegemaran para peneliti, untuk terus dilakukan penelitian. Khasiatnya yang sangat banyak untuk kesehatan […]
  • Cara Atasi Masalah Insomnia Dengan Makan Kangkung Plus Seledri Untuk mengatasi gangguan tidur, banyak orang terbiasa mengkonsumsi obat agar bisa mendapatkan kualitas dan kuantitas tidur yang lebih baik. Padahal, konsumsi obat tidur terlalu sering bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan mereka. […]
  • Inilah Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh Anda Temulawak memiliki nama latin Curcuma Zanthorrhiza, tanaman dengan banyak manfaat ini tumbuh subur di iklim Indonesia yang merupakan tanah kelahiran dari tanaman tersebut. Ya indonesia khususnya pulau jawa adalah asal dari tanaman […]
  • Temu Putih Unggul Untuk Obat Alami Kanker Serviks Penelitian tentang penggunaan obat herbal untuk mengatasi penyakit kanker telah banyak dilakukan.  Sayangnya, hingga sekarang banyak peneliti yang belum mengungkapkan tentang aspek-aspek obat herbal.  Sampai saat ini, obat […]
  • Khasiat Daun Pegagan Sebagai Anti Bakteri Tuberculosis (TB) Ancaman penyakit TBC saat ini kian gencar. Mudahnya penularan TBC, membuat terkadang seseorang yang teridentifikasi TBC tidak menyadari hal tersebut. Pada orang dewasa sehat, TBC kadang tidak terlihat telah menginfeksi dirinya. Dalam […]