Benarkah Buah Semangka Bisa Menurunkan Hipertensi?

Benarkah Buah Semangka Bisa Menurunkan Hipertensi?

Membahas mengenai penyakit hipertensi, pasti tidak akan ada habisnya. Ya, penyakit yang kerap menyerang siapa saja ini memang membuat penderitanya menjadi sangat waspada.

Biasanya, ketika didiagnosa mengalami hipertensi, orang akan mulai mengurangi kadar garam yang ada dalam masakannya. Menambah makanan-makanan pendukung yang bisa mengontrol tekanan darah kerap dilakukan.

Salah satu makanan yang memiliki khasiat antihipertensi adalah buah semangka. Selama ini orang mengira khasiat buah semangka adalah untuk diuretik, ternyata buah semangka juga bisa mengatasi hipertensi.

Buah yang menyegarkan ini sangat disukai oleh banyak orang. Rasanya yang manis dengan kandungan air yang sangat banyak, kadang sangat dibutuhkan untuk mengatasi panas dalam.

Namun, beberapa penelitian membutikan salah satu khasiat buah semangka yang belum banyak diketahui adalah untuk mengatasi hipertensi.

Buah Semangka Meningkatkan Fungsi Arteri

Penelitian ini dilakukan oleh Profesor Arturo Figueroa and Professor Bahram H. Arjmandi, yaitu seorang ahli gizi dari Florida State University. 

Dalam penelitian tersebut, mereka membuktikan bahwa, sebanyak 6 gr asam amino L-sitrullin/L-arginin yang terkandung dalam buah semangka, yang diberikan kepada penderita hipertensi selama enam minggu, akan membantu perbaikan fungsi arteri, yang kemudian membantu menurunkan tekanan darah aorta.

Kandungan dalam khasiat buah semangka, yang memiliki efek antihipertensi adalah L-sitrullin. Di dalam tubuh manusia L-sitrullin dirubah menjadi L-arginin, yang dibutuhkan untuk pembentukan nitrat oksida. Nitrat oksida sendiri merupakan senyawa yang berperan penting dalam regulasi otot pembuluh darah.

Buah Semangka VS Suplemen L-Arginin

Untuk membuatnya menjadi lebih sederhana, banyak produsen suplemen kemudian membuat suplemen dengan kandungan L-Arginin. Tentu hal ini membantu orang yang sibuk, sehingga bisa tetap mendapatkan asupan zat untuk menjaga tekanan darahnya.

Namun, dibalik penggunaan suplemen tersebut, terdapat efek samping yang juga terkadang membuat tidak nyaman. Pada umumnya, saat mengkonsumsi suplemen ini, seseoarang akan merasakan rasa tidak nyaman pada perut seperti mual dan diikuti diare, dan terkadang bisa terjadi muntah.

Bedanya dengan mengkonsumsi buah semangkan, hal ini tidak akan terjadi., Khasiat buah semangka selain mensuplai L-Arginin, juga bisa membuat hari-hari Anda justru menyegarkan.

Mengkonsumsi juice semangka atau potongan buah semangka di siang hari, akan membuat tubuh merasa lebih sejuk, sehingga metabolisme tubuh lebih baik. Dan, ini menjadi salah satu tambahan khassiat buah semangka yang biasa Anda dapatkan.

Jika Anda sangat menyukai buah semangka, maka Anda berada satu langkah untuk mencegah hipertensi. Namun, gaya hidup yang sehat tetap harus dipertahankan.

Benarkah Buah Semangka Bisa Menurunkan Hipertensi?
5 (100%) 1 vote[s]

Artikel Terkait

Bagikan Ke Temanmu: