Cara Atasi Masalah Insomnia Dengan Makan Kangkung Plus Seledri

Cara Atasi Masalah Insomnia Dengan Makan Kangkung Plus Seledri

Untuk mengatasi gangguan tidur, banyak orang terbiasa mengkonsumsi obat agar bisa mendapatkan kualitas dan kuantitas tidur yang lebih baik. Padahal, konsumsi obat tidur terlalu sering bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan mereka.

Di samping itu juga, konsumsi obat tidur tidak menjadi solusi jangka panjang, bahkan efek yang di dapatkan setelah bangun tidur adalah perasaan gelisah, tidak seperti ketika kita tidur secara alami.

Tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan kimia, untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, jika kita mau memanfaatkan bahan alamiah, dengan mengolahnya sendiri. Banyak tanaman di sekitar kita, yang berkhasiat mengatasi gangguan tidur. Yang paling dikenal saat ini adalah kangkung. Selain kangkung, seledri juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan tidur

Kangkung, Memicu Rasa Mengantuk

Dalam kehidupan sehari-hari, kangkung banyak dikonsumsi dalam bentuk sayur yang ditumis, cah, lalap dll. Tanaman kangkung berasal dari india, kemudian menyebar ke Malaysia, Birma, Cina Selatan, Australia dan Afrika

Kandungan vitamin dan mineral yang terkadung dalam kangkung juga banyak sekali. Diantaranya adalah vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, kalsium, fosfor, zat besi, karoten dan sitosterol.

Berdasarkan banyak penelitian, bahan-bahan yang terkandung dalam kangkung memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, juga sebagai antiracun.

Bagaimana cara kangkung bisa mengatasi gangguan tidur, adalah dengan memanfaatkan sifat sedatif (menenangkan). Sifat sedatif ini juga bekerja pada saluran cerna, sehingga kangkung juga bisa menjadi antiracun, yang berfungsi baik untuk saluran cerna.

Biasanya, bagian tubuh kangkung yang banyak dilakukan pengujian adalah bagian batang muda dan pucuknya. Pada bagian ini, vitamin dan mineralnya lebih besar.

Banyak ahli masakan, senang mengolah kangkung karena ciri khas rasanya, yang terdiri dari rasa tawar, manis dan sejuk, sehingga menyebabkan sayuran ini sangat digemari. Di samping bersifat menenangkan, kangkung juga bersifat anti radang, dan melancarkan buang air kecil.

Seledri untuk Insomnia

Lain kangkung, lain juga seledri. Sayuran yang kerap ditambahakan dalam beberapa kudapan ini, walaupun hanya sedikit tapi memberi banyak manfaat. Seledri kerap memberikan aroma dan rasa spesifik pada makanan yang ditambahkannya. Terkadang, banyak ibu rumah tangga yang merasa kekurangan rasa, jika belum memasukan seledri ke dalam campuran sayur yang dibuatnya.

Di balik keunggulan seledri sebagai peramu makanan, ternyata seledri bisa bersama kangkung memberikan khasiat untuk mengatasi gangguan tidur. Tidak hanya bersama kangkung, ramuan seledri dengan buah yang di juice, ternyata berkhasiat juga untuk mengatasi gangguan tidur. Karena besarnya efek seledri untuk masalah insomnia, menyebabkan saat ini banyak produsen herbal mengemasnya dalam bentuk kapsul, yang dijual dengan tujuan mengatasi gangguan tidur.

Hampir sama seperti kangkung, yang memiliki sifat sedatif, sehingga menyebabkan kantuk, seledri bekerja dengan cara yang berbeda. Mineral basa pada seledri juga memberikan efek menenangkan pada sistem saraf. Efek sedatif ini juga berfungsi mengatasi gangguan kecemasan yang secara langsung menyebabkan gangguan tidur. Seledri juga diteliti bisa menurunkan tingkat stress, yang mempengaruhi seseorang menjadi insomnia.

Hal lain, yang dilakukan oleh seledri untuk mengatasi gangguan tidur adalah dengan cara menstabilkan tekanan darah dan menjaga keseimbangan pH darah. Dalam tekanan darah yang stabil, biasanya orang merasa lebih nyaman dan tenang.

Sebuah resep perpaduan antara rebusan seledri dengan wortel, dan rebusan seledri dengan kangkung, ternyata memberikanb efek maksimal pada rebusan seledri dan kangkung dalam mengatasi gangguan tidur. Karenanya, jika memiliki masalah insomnia, membuat tumisan kangkung ditambahkan seledri, mungkin bisa membantu mengurangi masalah insomnia anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Temu Putih Unggul Untuk Obat Alami Kanker Serviks Penelitian tentang penggunaan obat herbal untuk mengatasi penyakit kanker telah banyak dilakukan.  Sayangnya, hingga sekarang banyak peneliti yang belum mengungkapkan tentang aspek-aspek obat herbal.  Sampai saat ini, obat […]
  • Inilah Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh Anda Temulawak memiliki nama latin Curcuma Zanthorrhiza, tanaman dengan banyak manfaat ini tumbuh subur di iklim Indonesia yang merupakan tanah kelahiran dari tanaman tersebut. Ya indonesia khususnya pulau jawa adalah asal dari tanaman […]
  • Khasiat Teh Chamomile Untuk Penderita Diabet Dan Insomnia Menikmati Teh Chamomile pagi, siang dan malam hari ternyata memberikan manfaat bagi tubuh. Namanya memang tidak seterkenal the pada umumnya, namun bicara tentang Teh Chamomile, makan kita juga akan bicara tentang aneka ragam manfaat […]
  • 4 Fitokimia Penting Tanaman Binahong Dan Manfaatnya Binahong, tanaman ini asli Tiongkok, dengan sebutan Dheng San Chi. Tanaman ini juga banyak ditemukan di negara-negaradi  pasific , seperti Australia, New Zeland, dll. Binahong hidup dengan mudah di dataran rendah. Di Indonesia sendiri […]
  • Manfaat Mengkudu Untuk Mengatasi Berbagai Penyakit Kanker Morinda citrifolia atau yang sangat dikenal dengan buah mengkudu adalah salah satu tumbuhan yang sampai saat ini masih menjadi kegemaran para peneliti, untuk terus dilakukan penelitian. Khasiatnya yang sangat banyak untuk kesehatan […]