Inilah Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

Temulawak memiliki nama latin Curcuma Zanthorrhiza, tanaman dengan banyak manfaat ini tumbuh subur di iklim Indonesia yang merupakan tanah kelahiran dari tanaman tersebut.

Ya indonesia khususnya pulau jawa adalah asal dari tanaman penuh manfaat ini, kini temulawak sudah mulai tumbuh dan dikembang biakan di Negara lain seperti Malaysia, Filipina, Thailand, Cina, Jepang, Korea, Amerika Serikat dan beberapa negara lain di dataran Eropa.

Temulawak ini merupakan salah satu tanaman obat dari suku temu-temuan (Zingiberaceae), tanaman yang berkerabat dekat dengan Jahe ini dapat tumbuh pada dataran rendah hingga mencapai ketinggian 1500 meter diatas permukaan laut serta mampu beradaptasi di Hutan tropis, struktur tanah yang gembur dapat membuat temulawak tumbuh dengan subur.

Khasiat Temulawak

Tanaman yang sering digunakan untuk bumbu dapur ini memiliki banyak sekali khasiat seperti mencegah penyakit hati (hepatoprotektor), mencegah peradangan (anti Inflasi) peluru kencing (diuretik), menurunkan kolesterol dan pereda nyeri, sejak jaman kerajaan temulawak telah dimanfaatkan untuk dijadikan jamu dan obat secara alami.

Selain itu temulawak juga berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan dan sangat baik untuk pertumbuhan anak usia tujuh tahun keatas. Temulawak juga sangat baik untuk Ibu Menyusui karena kandungan alami dalam temulawak akan memperbaiki serta menyuburkan produksi ASI.

Kandungan karbohidrat nya yang komplek menjadikan temulawak sangat baik untuk diolah menjadi bubur untuk makanan si buah hati dan orang-orang yang sedang mengalami gangguan pada pencernaan.

Dalam Temulawak terdapat kandungan minyak atsiri golongan fenol yang memproduksi linelool dan geraniol dapat mengusir nyamuk pada saat tidur.

Nah, sangat banyak bukan khasiat yang ada dalam temulawak, untuk melanjutkan pembahasan kali ini Admin InKes akan memberikan penjelasan tentang apa saja sih manfaat dari tumbuhan ini… mari simak artikel dibawah ini.

Menghancurkan Batu Empedu

Kandungan Zat Kolagoga dalam temulawak akan menjadikan tanaman ini efektif untuk menghancurkan batu empedu dalam tubuh. Dengan meminum temulawak yang telah dilarutkan dalam air disertai diet ketat selama tiga sampai empat minggu batu pada saluran empedu anda akan hancur dan larut.

Menambah Nafsu Makan

Temulawak sudah sejak jaman dulu memang terkenal untuk dijadikan jamu penambah nafsu makan, temulawak memiliki kandungan yang bersifat karminativum yang secara klinis mampu merangsang nafsu makan.

Memelihara Saluran Pencernaan

Hasil uji coba secara pra klinis peneliti menemukan adanya serbuk rimpang yang akan memberikan efek positif didalam usus halus, yaitu membantu proses metabolisme dan mengurangi kontraksi pada usus anda.

Mengatasi Radang Pada Sendi

Kandungan kurkumin dalam temulawak bersifat anti-inflasi, zat kimianya setara dengan 100 mg fenibutazon, yaitu zat yang sering digunakan untuk mengatasi rasa nyeri dan radang pada sendi anda.

Menurunkan Lemak dalam darah

Kurkuminoid yang terdapat pada temulawak diperkirakan mempunyai peranan untuk menurunkan lemak dalam darah anda, di samping itu peneliti juga menemukan bahwa ekstrak temulawak dan fraksi kurkuminoid mempu menurunkan kolesterol, trigliserida dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Memelihara Kebugaran Tubuh

Kurkumin dalam temulawak juga berguna untuk menjaga kebugaran tubuh anda, zat ini mampu manangkal radikal bebas seperti anion superoksid serta menepis radikal hidroksil yang membantu anda memiliki kondisi tubuh yang prima.

Sebagai Obat Jerawat

Memang khasiat temulawak sebagai pembunuh bakteri penyebab jerawat belum teruji secara klinis, namun khasiat temulawak untuk mengobati jerawat sudah banyak memberi manfaat bagi yang menggunakannya sebagai alternatif obat herbal yang jauh dari efek samping berbahaya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Khasiat Daun Pegagan Sebagai Anti Bakteri Tuberculosis (TB) Ancaman penyakit TBC saat ini kian gencar. Mudahnya penularan TBC, membuat terkadang seseorang yang teridentifikasi TBC tidak menyadari hal tersebut. Pada orang dewasa sehat, TBC kadang tidak terlihat telah menginfeksi dirinya. Dalam […]
  • Cara Atasi Masalah Insomnia Dengan Makan Kangkung Plus Seledri Untuk mengatasi gangguan tidur, banyak orang terbiasa mengkonsumsi obat agar bisa mendapatkan kualitas dan kuantitas tidur yang lebih baik. Padahal, konsumsi obat tidur terlalu sering bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan mereka. […]
  • Jamur Shitake Bisa Tingkatkan Immunitas Penderita HIV/AIDS Suka mencicipi masakan khas China, Korea atau Jepang, pasti tidak lupa dengan jamur shitake yang biasa dimasukkan ke dalam aneka masakan tersebut. Di Korea, jamur shitake merupakan bahan yang dibutuhkan dalam menambah rasa tjap hae. […]
  • Temu Putih Unggul Untuk Obat Alami Kanker Serviks Penelitian tentang penggunaan obat herbal untuk mengatasi penyakit kanker telah banyak dilakukan.  Sayangnya, hingga sekarang banyak peneliti yang belum mengungkapkan tentang aspek-aspek obat herbal.  Sampai saat ini, obat […]
  • Manfaat Mengkudu Untuk Mengatasi Berbagai Penyakit Kanker Morinda citrifolia atau yang sangat dikenal dengan buah mengkudu adalah salah satu tumbuhan yang sampai saat ini masih menjadi kegemaran para peneliti, untuk terus dilakukan penelitian. Khasiatnya yang sangat banyak untuk kesehatan […]