Jamur Shitake Bisa Tingkatkan Immunitas Penderita HIV/AIDS

Khasiat jamur Shitake

Suka mencicipi masakan khas China, Korea atau Jepang, pasti tidak lupa dengan jamur shitake yang biasa dimasukkan ke dalam aneka masakan tersebut. Di Korea, jamur shitake merupakan bahan yang dibutuhkan dalam menambah rasa tjap hae.

Begitu pula di China, aneka sup sering disajikan dengan penambahan jamur ini. Menurut beberapa pengobatan herbal china, jamur shitake bukan hanya lezat, tapi khasiat jamur shitake untuk kesehatan pun begitu banyak.

Indonesia, saat ini sudah mulai banyak menggunakan jamur shitake dalam aneka masakannya. Misalnya dalam nasi gorek, sup atau tumis-tumisan sayuran. Ketika dimakan, rasa jamur shitake tergolong khas. Terlebih jika diolah dengan penambahan saus tiram. Ketika seseorang memakan jamur shitake, maka ia juga mensupporet dirinya untuk sehat, karena khasiat jamur shitake untuk kesehatan ini sudah banyak digunakan.

Kandungan Asam Amino Tinggi Sebagai Bukti Khasiat Jamur Shitake

Asam amino adalah zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Fungsi asam amino yang terasa untuk tubuh adalah untuk daya tahan tubuh. Ada banyak jenis asam amino, dan yang menambah khasiat jamur shitake adalah jenis asam amino Thiamin, Riboflavin dan Niachin.

Banyaknya jenis asam amino yang terdapat dalam jamur shitake, membantu tubuh untuk menambah sistem kekebalan tubuh. Beberapa ahli pengobatan herbal juga mengatakan, asam amino ini berfungsi dalam pencernaan, menguatkan hati dan memperlancar peredaran darah.

Khasiat jamur Shitake di China sendiri lebih unik, karena beberapa ahli herbal menganggap jamur ini sebagai tanaman untuk panjang umur, karena membantu mengatasi masalah paru-paru, sirkulasi darah dan hipertensi. Sebuah penelitian menyatakan adanya kandungan letinen dalam jamur shitake yang menambah khasiat jamur shitake tersebut sebagai anti kanker.

Jamur Shitake Membantu Menghambat Peerkembangan Virus HIV

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) tertarik untuk meneliti kandungan Beta-glucan yang terdapat pada jamur shitake. Sejak dahulu, Beta-glucan diyakini mampu membantu mangatasi masalah kesehatan, seperti diabetes, kanker dan masalah kolesterol.

Di Jepang sendiri, cukup banyak penelitian yang membahas manfaat beta-glucan ini. Dan, diketahui bahwa Beta-glucan berkontribusi dalam menambah immunitas tubuh, sehingga tubuh tidak rentan terkena penyakit. Dengan adanya peningkatan imunitas ini, maka ia bisa dikonsumsi oleh penderita HIV untuk menjaga imunitas tubuhnya dari infeksi opportunitis, sehingga bisa memperpanjang waktu hidup.

Berita baiknya, jika bahan makanan lain ada yang menurun khasiatnya saat dimasak, hal ini berbeda dengan jamur shitake. Khasiat jamur shitake tidak hilang sekalipun dimasak, sehingga kandungan Beta-glucan pun akan tetap baik atau tidak rusak.

Khasiat Jamur Shitake Untuk Menambah Kenikmatan Makanan

Dalam jamur shitake sendiri, terdapat asam glutaman yang sangat diperlukan juga oleh tubuh. Uniknya, adanya kandungan asam glutamat dalam jamur shitake ini, membuat aroma dan citarasa makanan menjadi lebih enak.

Mengolah jamur shitake tidaklah sulit. Jika anda yang tidak punya banyak waktu, maka anda bisa membelinya dalam bentuk basah di supermaket, namun bagi anda yang memiliki banyak waktu, memberi jamur shitake kering juga lebihtahan lama. Tinggal merendamnya ke dalam air panas untuk membuatnya mekar kembali.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Inilah Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh Anda Temulawak memiliki nama latin Curcuma Zanthorrhiza, tanaman dengan banyak manfaat ini tumbuh subur di iklim Indonesia yang merupakan tanah kelahiran dari tanaman tersebut. Ya indonesia khususnya pulau jawa adalah asal dari tanaman […]
  • Benarkah Buah Semangka Bisa Menurunkan Hipertensi? Membahas mengenai penyakit hipertensi, pasti tidak akan ada habisnya. Ya, penyakit yang kerap menyerang siapa saja ini memang membuat penderitanya menjadi sangat waspada. Biasanya, ketika didiagnosa mengalami hipertensi, orang akan […]
  • Temu Putih Unggul Untuk Obat Alami Kanker Serviks Penelitian tentang penggunaan obat herbal untuk mengatasi penyakit kanker telah banyak dilakukan.  Sayangnya, hingga sekarang banyak peneliti yang belum mengungkapkan tentang aspek-aspek obat herbal.  Sampai saat ini, obat […]
  • 25 Manfaat Daun Saffron Paling Menakjubkan Bagi Kulit Dan Kesehatan Anda Manfaat Saffron - Bumbu paling populer, yang menawarkan segala manfaat. Kami katakan, sangat luar biasa dan menakjubkan jika Anda mau mempelajarinya mulai dari akar, batang, daun, hingga bunga saffron. Dan, kami akan membahas semuanya di […]
  • Khasiat Daun Pegagan Sebagai Anti Bakteri Tuberculosis (TB) Ancaman penyakit TBC saat ini kian gencar. Mudahnya penularan TBC, membuat terkadang seseorang yang teridentifikasi TBC tidak menyadari hal tersebut. Pada orang dewasa sehat, TBC kadang tidak terlihat telah menginfeksi dirinya. Dalam […]