Tanaman Obat: Lengkuas Berbagai Manfaatnya Dan Efek Sampingnya

Manfaat Lengkuas

Galangal atau lengkuas adalah keluarga akar rimpang mirip jahe. Umumnya digunakan dalam pengobatan tradisional, karena lengkuas memiliki sifat penyembuhan, menghangatkan tubuh dan membantu pencernaan untuk obat anti-mual.

Lengkuas juga merupakan bumbu masakan di Asia Timur, dari India, Indonesia hingga Thailand, menawarkan sensasi pedas ringan yang sangat harum dan aromatik. Lengkuas diberi taksonomi nama sebagai Alpinia officinarum.

Asal usul lengkuas dari ke China, telah digunakan selama ribuan tahun dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Meskipun orang Eropa juga sangat akrab dengan lengkuas, hingga akhir abad ke 19 lengkuas diklasifikasikan secara biologis dan dimasukkan dalam taksonomi standar pengobatan tradisional.

Manfaat Lengkuas
Gambar Lengkuas/Galangal

Sejarah lengkuas

Galangal atau lengkuas adalah tanaman asli Cina. Pertama diidentifikasi di sebuah pulau kecil di Laut Cina Selatan, disebut Hainan, tak jauh dari pantai wilayah yang disebut Tung-Sai.

Sedangkan Lengkuas Alpinia adalah tanaman asli pulau-pulau di kepulauan Indonesia. Ciri-ciri lengkuas Alphina memiliki ukuran lebih besar daripada lengkuas Hainan.

Nama-nama lain dari lengkuas

  •     Galangan
  •     Gao Liang
  •     Blue ginger
  • Kha
  • Siamese ginger
  • Alpinia galanga
  • Alpinia officinarum

Kandungan fitoKimia lengkuas

Lengkuas mengandung beberapa senyawa penting yang memberinya sifat penyembuhan; termasuk resin, minyak, kaempferid, galangin, alpinin, dan galangol. Galangol, komponen berminyak dari rimpang lengkuas, dan resin adalah komponen utama yang menghasilkan sifat obat.

Di Cina, pengobatan tradisional Tiongkok menyatakan bahwa lengkuas memiliki sifat panas. Dalam pengobatan Tiongkok tradisional, tubuh dipengaruhi oleh yin dan yang. Yin dan Yang adalah dua kekuatan dalam tubuh yang harus seimbang untuk menghasilkan kesehatan lebih baik.

Yin mewakili kesejukan, kegelapan, dan air, sedangkan Yang mewakili api, kehangatan, dan kekeringan. Ketidakseimbangan pada yin dan yang dapat menyebabkan penyakit.

Akar lengkuas memiliki sifat Yang dan karenanya dianggap sebagai panas. Dalam pengobatan Cina tradisional, lengkuas digunakan untuk membantu pencernaan dan untuk mnegobati gangguan pencernaan, terutama sebagai anti mual.

Manfaat lengkuas untuk kesehatan

Mengobati infeksi saluran nafas (ISK)

Selain properti tersebut, praktisi medis tradisional India percaya bahwa lengkuas memiliki sifat anti-inflamasi, mengencerkan lendir batuk, dan melegakan nafas pada pasien ISK (infeksi saluran pernapasan atas).

Mengobati radang sendi

Karena sifat anti-inflamasinya, herbalists India percaya bahwa lengkuas adalah pengobatan yang efektif untuk rheumatoid arthritis.

Mengobati perut kembung dan sakit mulut

Pada pengobatan Barat, mereka mengadopsi lengkuas untuk menyembuhkan penyakit perut. Orang Eropa belajar tentang sifat lengkuas yang dapat meredakan masalah perut, terutama perut kembung dan mual. Mereka juga meyakini bahwa lengkuas dapat secara efektif mengobati penyakit mulut seperti sariawan dan gusi berdarah.

Mengobati dan mencegah kanker metastatik

Ketika orang Eropa turun ke laut untuk membangun rute perdagangan baru dan menemukan wilayah baru, mereka menemukan bahwa lengkuas adalah ramuan kuat untuk mengatasi mual dan muntah di laut. Penelitian mereka juga menunjukkan bahwa lengkuas mungkin memiliki sifat melawan kanker. Dalam penelitiannya, lengkuas terbukti membunuh sel kanker; serta mencegah sel kanker jinak menjadi kanker ganas.

Dosis lengkuas untuk obat

Lengkuas dapat diperoleh dalam bentuk segar atau kering. Lengkuas segar digunakan dalam memasak, sedangkan lengkuas kering digunakan untuk pengobatan tradisional.

Dosis ekstrak lengkuas adalah satu sendok teh, tiga kali sehari. Akar kering dapat dimasukkan ke dalam air panas untuk membuat teh.

Untuk menyiapkan teh lengkuas, satu sendok teh kering, akar lengkuas ditumbuk dalam dua cangkir air mendidih. Campuran didinginkan setidaknya selama lima belas menit.

Teh lengkuas dapat dikonsumsi dua hingga tiga kali sehari. Lengkuas kering juga bisa dicampur dengan air panas sebagai minuman hangat sore/malam hari.

Serbuk lengkuas bisa dicampur dengan atau untuk membuat pasta salep yang bisa mengobati nyeri otot.

Efek samping

Efek samping dari minum teh akar lengkuas atau ekstrak jarang terjadi. Dalam beberapa kasus, reaksi alergi dapat terjadi. Jika gejala reaksi alergi seperti gatal, sesak napas, atau ruam kulit, stop penggunaan lengkuas dan segera berkonsultasi dengan dokter. Lengkuas juga memiliki efek samping, menyebabkan halusinasi jika diambil dosis sangat tinggi.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Inilah Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh Anda Temulawak memiliki nama latin Curcuma Zanthorrhiza, tanaman dengan banyak manfaat ini tumbuh subur di iklim Indonesia yang merupakan tanah kelahiran dari tanaman tersebut. Ya indonesia khususnya pulau jawa adalah asal dari tanaman […]
  • Cara Atasi Masalah Insomnia Dengan Makan Kangkung Plus Seledri Untuk mengatasi gangguan tidur, banyak orang terbiasa mengkonsumsi obat agar bisa mendapatkan kualitas dan kuantitas tidur yang lebih baik. Padahal, konsumsi obat tidur terlalu sering bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan mereka. […]
  • Kandungan, Khasiat Dan Manfaat Mengkudu Dari Berbagai Penelitian Buah yang jika sudah matang berwarna kuning pucat ini pohonnya tumbuh subur dari kepulauan di Pasifik sampai ke Asia Tenggara. Mengkudu atau pace atau disebut juga buah noni ini sebenarnya sudah lama digunakan sebagai obat tradisional, […]
  • Virus Dengue – Demam Berdarah Dengue adalah penyakit virus yang ditularkan oleh nyamuk betina terutama dari spesies Aedes aegypti (untuk tingkat umum) dan Aedes albopictus (untuk tingkat lebih rendah). Menurut WHO; Ke dua Nyamuk ini juga menularkan chikungunya, […]
  • Jamur Shitake Bisa Tingkatkan Immunitas Penderita HIV/AIDS Suka mencicipi masakan khas China, Korea atau Jepang, pasti tidak lupa dengan jamur shitake yang biasa dimasukkan ke dalam aneka masakan tersebut. Di Korea, jamur shitake merupakan bahan yang dibutuhkan dalam menambah rasa tjap hae. […]