25 Manfaat Daun Saffron Paling Menakjubkan Bagi Kulit Dan Kesehatan Anda

manfaat saffron bagi kesehatan
4
(15)

Manfaat Saffron – Bumbu paling populer, yang menawarkan segala manfaat. Kami katakan, sangat luar biasa dan menakjubkan jika Anda mau mempelajarinya mulai dari akar, batang, daun, hingga bunga saffron. Dan, kami akan membahas semuanya di postingan ini!

Tetaplah membaca artikel penting ini.

Apa itu Saffron?

Bumbu yang berasal dari bunga Crocus sativus digunakan sebagai bumbu dan pewarna dalam makanan. Terlepas dari penggunaannya, ia juga terkenal sebagai salah satu rempah-rempah paling mahal di dunia.

Safron (Kesar dalam bahasa Hindi, Jafran dalam bahasa Bengali, Kumkumappu dalam bahasa Tamil, Kumkuma pubba dalam bahasa Telugu dan Zaeafran dalam bahasa Arab) diperkirakan berasal di atau dekat Persia, dari mana ia menyebar ke Eurasia, dan kemudian ke bagian-bagian Amerika Utara, Afrika Utara , dan Oseania.

Tanaman ini biasanya tumbuh subur di maquis Mediterania (tempat di daerah Mediterania dengan semak-semak hijau lebat), dan di iklim serupa di mana angin musim panas dan dingin berhembus di atas tanah semi-kering.

Bunga tanaman berwarna merah hingga ungu dan memiliki aroma seperti madu. Batangnya tumbuh setinggi 20 hingga 30 cm, dan mereka, bersama dengan bunga dan akarnya, berkembang antara Oktober dan Februari.

Saffron datang dalam berbagai varietas; beberapa yang populer termasuk –

  • Padmagadhi, tumbuh di Kashmir dan sering dianggap sebagai varietas terbaik (juga disebut kunyit Mongra atau Lacha).
  • Parasika kumkuma, yang memiliki helai yang lebih besar.
  • Madhugandhi, yang memiliki helai tebal yang kasar hingga keras (dan agak putih).
  • Bahilka, memiliki helai putih kecil.

Varietas populer lainnya adalah sargol (asli Iran), acquilla (asli Italia), dan crème (asli Spanyol).

Tetapi rempah-rempah populer ini memiliki sejarah yang menarik juga.

Sejarah Saffron

Budidaya dan penggunaan saffron membentang lebih dari 3.500 tahun. Ia telah diperdagangkan dan digunakan di seluruh benua dan bahkan digunakan sebagai pengobatan untuk lebih dari 90 gangguan kesehatan.

  • Legenda Yunani kuno berbicara tentang perjalanan tentara menganggap saffron adalah tanaman paling berharga.
  • Cleopatra, menggunakan safron di kamar mandinya untuk kosmetik.
  • Tabib Mesir menggunakan rempah-rempah ini untuk mengobati penyakit pencernaan.
  • Orang-orang Romawi menggunakannya sebagai pewangi.

Kami membicarakan semua ini karena satu alasan, mengapa saffronmenjadi sangat berarti bagi dunia kesehatan alternatif? Berikut alasannya.

Mengapa Saffron Baik Untuk Tubuh Anda?

Sesuai dengan tulisan Hippocrates (sering dianggap sebagai bapak kedokteran), saffron adalah pengobatan luar biasa untuk pilek dan batuk, masalah perut, pendarahan rahim, insomnia, perut kembung, dan bahkan masalah jantung.

Saffron sangat kaya akan mangan, yang membantu mengatur gula darah dan membantu pembentukan tulang, jaringan, dan hormon libido.

Ia juga mengandung vitamin C untuk melawan infeksi dan membantu penyerapan zat besi. Lebih menarik lagi, safron mengandung lebih dari 150 senyawa yang mudah menguap, Sebagian besar kualitas kesehatan dikaitkan dengan crocin, satu senyawa penting senyawa dalam saffron.

Bahkan susu safrron (ekstrak) memiliki banyak manfaat ditawarkan. Bumbu ini, bila dikombinasikan dengan susu, dapat meningkatkan pencernaan dan nafsu makan, menjaga kulit Anda tetap sehat, dan bahkan meningkatkan kekebalan Anda.

Minum susu saffron setiap hari, terutama sebelum tidur, dapat meningkatkan kualitas tidur. Minyak safron dapat membuat kulit Anda bercahaya – dan bahkan air nya memiliki khasiat luar biasa.

Semua ini bermuara pada isi dalam saffron – yang akan kita lihat sekarang.

Kandungan gizi dan nutrisi saffron

Safron, dalam sekitar 100 gram jumlahnya mengandung 310 kilokalori, 65,37 gram karbohidrat, 11,43 gram protein, 5,85 gram lemak, dan 0mg kolesterol.

Kandungan serat makanan adalah 3,9 gram dengan mineral lain seperti kalsium 111mg, tembaga, 0,328mg, besi 11,10mg, magnesium 264mg, dan mangan 28mg yang berkontribusi pada basis mineralnya.

Nilai nutrisi per 100 gram berdasar % AKG

Energi310 Kcal15.5%
Karbohidrat65.37 g50%
Protein11.43 g21%
Total lemak5.85 g29%
Kolesterol0 mg0%
Serat3.9 g10%
Vitamins
Folates93 µg23%
Niacin1.46 mg9%
Pyridoxine1.010 mg77%
Riboflavin0.267 mg20%
Vitamin A530 IU18%
Vitamin C80.8 mg135%
Electrolytes
Sodium148 mg10%
Potassium1724 mg37%
Minerals
Calcium111 mg11%
Copper0.328 mg37%
Iron11.10 mg139%
Magnesium264 mg66%
Manganese28.408 mg1235%
Phosphorus252 mg36%
Selenium5.6 µg10%
Zinc1.09 mg10%

Sumber: USDA

Manfaat Saffron Bagi Kesehatan

Khasiat penyembuhan dan pengobatan yang luar biasa dari saffron menawarkan berbagai manfaat, beberapa yang paling penting termasuk pencegahan penyakit serius seperti kanker, meningkatkan kesehatan pernapasan dan pencernaan, dan menghilangkan rasa sakit. Juga bertindak sebagai afrodisiak.

Manfaat saffron terbaik dibahas di bawah ini:

1. Melawan Kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa tikus kanker yang diobati dengan ekstrak safron menunjukkan peningkatan kondisi mereka. Dan crocin, senyawa dalam saffron, telah menghambat pertumbuhan sel kanker kolorektal (sementara itu meninggalkan sel-sel sehat tidak terpengaruh).

Itu juga telah menunjukkan efek yang sama dalam kasus kanker hati dan kanker prostat. Bumbu ini juga memainkan peran utama dalam mengobati kanker kulit.

Saffron kaya akan karotenoid, yang dapat berkontribusi pada sifat antikankernya. Crocin dalam safron dapat mencegah kanker payudara dan leukemia. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan.

Seperti yang dilaporkan oleh American Council of Science and Health, crocetin (karotenoid yang terkait dengan crocin) dalam saffron dapat memblokir proliferasi dua jenis kanker manusia.

Menurut penelitian lain, asam crocetinic (senyawa yang dimurnikan dari crocetin) memiliki potensi untuk menghambat kanker pankreas. Faktanya, senyawa ini menghambat sel-sel induk kanker – menghancurkan mereka, yang mencegah kanker untuk tidak kambuh.

2. Perawatan Aids Arthritis

Sebuah penelitian di Italia menyatakan bahwa crocetin dalam saffron dapat meningkatkan oksigenasi otak, akibatnya memfasilitasi perawatan arthritis.

Menurut Pusat Medis Universitas Maryland, satu varietas safron (meadow saffron) bisa efektif dalam meredakan asam urat, rematik, dan artritis.

Namun, itu tidak boleh digunakan oleh pasien usia lanjut dengan gangguan hati, ginjal atau sumsum tulang – dan tidak juga untuk wanita hamil.

3. Meningkatkan kualitas mata

Sebuah studi Spanyol menyatakan bahwa senyawa alami dalam safron dapat membantu mencegah kehilangan penglihatan dan degenerasi retina.

Safranal, salah satu senyawa dalam safron, ditemukan untuk menjaga morfologi fotoreseptor (mekanisme di mata yang membantu mempelajari bentuk hal-hal yang Anda lihat), respons visual, dan jaringan kapiler.

Suplementasi safron untuk perawatan berkelanjutan ditemukan untuk meningkatkan ketebalan makula pada pasien. Ini secara signifikan meningkatkan fungsi retina. Safron juga ditemukan untuk mencegah kerusakan fotoreseptor yang disebabkan oleh cedera oksidatif kronis.

Dalam laporan oleh The University of Sydney, safron ditemukan untuk meningkatkan penglihatan pada orang tua. Dalam tes tersebut, penglihatan pasien membaik setelah minum pil safron.

Saffron memengaruhi gen yang mengatur kandungan asam lemak pada membran sel – dan ini membuat sel penglihatan lebih tangguh.

Studi ini menunjukkan potensi safron dalam mengobati retinitisc pigmentosa, penyakit genetik yang menyebabkan kebutaan permanen pada orang muda.

4. Menyembuhkan Insomnia

Meskipun penelitian terbatas, penelitian tertentu mengatakan bahwa safron dapat menyembuhkan insomnia. Studi lain menunjukkan bahwa safron dapat membantu dalam mengobati depresi, dan insomnia yang berkaitan dengan kondisi tersebut.

Dalam penelitian lain, crocin dalam saffron ditemukan untuk meningkatkan tidur gerakan mata yang tidak cepat pada tikus laboratorium. Lebih penting lagi, senyawa ini tidak menunjukkan efek samping (seperti rebound insomnia).

5. Meningkatkan kecerdasan Otak

Sejumlah penelitian menunjukkan manfaat safrron efektif dalam mengobati gangguan belajar dan meningkatkan kualitas memori.

Dalam satu penelitian tersebut, pemberian 30 mg safron sehari menunjukkan peningkatan kondisi pasien dengan penyakit Alzheimer.

Juga, ekstrak crocin dan etanol safron menunjukkan efek antidepresan pada tikus. Suplementasi safron juga sebagian besar meningkatkan mood subjek dalam penelitian lain. Ekstrak air safron ditoleransi dengan baik bahkan oleh pasien skizofrenia (gangguan konsentrasi dan cara berfikir), tanpa efek samping yang serius.

Manfaat saffron juga mengurangi efek neurotoksik tertentu. Ekstrak serupa bahkan meningkatkan produksi neurotransmitter penting seperti dopamin dan glutamat. Saffron juga terbukti meningkatkan daya ingat.

Studi juga mengusulkan peran protektif safron dalam iskemia otak (suplai darah yang tidak memadai ke otak). Studi pendahuluan juga menunjukkan kemampuan safron untuk mengobati depresi. Manfaat kognitif dari safron ini dapat dikaitkan dengan penguatan antioksidannya.

Namun, penting untuk dicatat bahwa saffron juga bisa berbahaya jika dikonsumsi dalam dosis yang sangat besar. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakannya.

6. Membantu Menyembuhkan Asma

Laporan menyoroti penggunaan safron untuk asma sejak zaman kuno. Obat tradisional ini telah menyebutkan penggunaan manfaat saffron untuk tujuan ini. Namun, penelitian terbatas. Karenanya, konsultasikan dengan dokter Anda untuk perincian lebih lanjut.

7. Membantu tugas Pencernaan

Saffron ditemukan memainkan peran kunci dalam mempromosikan pencernaan dan mengobati gangguan pencernaan melalui efek antioksidan dan pembuangan radikal bebas, dan sifat anti-inflamasi. Ini juga menunjukkan potensi dalam mengobati tukak lambung dan kolitis ulserativa (radang usus besar).

8. Menyembuhkan Luka

Safron juga dapat menyembuhkan luka, terutama yang disebabkan oleh luka bakar. Rempah-rempah itu ditemukan meningkatkan epitelisasi pada luka bakar.

9. Meningkatkan Tingkat Kekebalan Dan Energi

Karotenoid dalam safron secara positif memengaruhi imunitas. Sebuah studi telah menemukan bahwa penggunaan sub-kronik 100 mg safron setiap hari memiliki aktivitas imunomodulator sementara tanpa efek berbahaya. Ekstrak kelopak safron juga ditemukan untuk meningkatkan respon antibodi pada tikus laboratorium.

Saffron juga diyakini dapat meningkatkan tingkat energi – tetapi kami tidak memiliki bukti yang jelas tentang hal ini.

10. Manfaat saffron Selama Kehamilan

Menurut sebuah penelitian Iran, safron dapat meningkatkan kesiapan serviks selama kehamilan panjang. Ini juga memiliki efek tertinggi pada penipisan (pemendekan serviks uterus dan penipisan dindingnya). Juga, jumlah operasi caesar lebih rendah pada wanita yang menggunakan safron.

Sebaliknya, beberapa laporan mengatakan bahwa safron juga dapat berbahaya bagi kehamilan. Silakan berkonsultasi dengan dokter Anda dalam hal ini. Ikuti saran mereka.

11. Meredakan Gejala Menstruasi

Ada bukti terbatas pada safron yang menghilangkan gejala menstruasi. Namun, obat herbal Iran yang mengandung saffron ditemukan untuk meringankan dismenore primer (nyeri haid yang melibatkan kram perut).

12. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Karena sifat antioksidannya, safron membantu menjaga arteri dan pembuluh darah yang sehat. Dan sifat anti-inflamasi juga menguntungkan jantung.

Safron adalah sumber terkaya riboflavin, vitamin penting bagi jantung. Crocetin dalam safron secara tidak langsung mengatur kadar kolesterol darah dan mengurangi keparahan aterosklerosis.

Safron juga dapat menurunkan tekanan darah, sehingga tidak akan menyebabkan serangan jantung.

13. Meningkatkan Kesehatan Hati

Satu studi menunjukkan bagaimana kanker dapat bermanfaat bagi pasien dengan metastasis hati. Safron juga ditemukan menawarkan perlindungan terhadap kerusakan hati struktural. Ini juga membantu dalam pengobatan toksisitas hati.

14. Manfaat saffron Sebagai Afrodisiak

Safron ditemukan untuk meningkatkan fungsi se*ksual manusia – dan itu juga, tanpa efek buruk. Studi pada laki-laki manusia dengan disfungsi ereksi membuktikan secara marginal.

Safron juga bermanfaat bagi sistem reproduksi pria. Dalam penelitian lain, crocin di saffron telah meningkatkan frekuensi ere*ksi pada tikus jantan normal.

Efek serupa juga mungkin terjadi pada manusia. Saffron juga efektif pada morfologi dan motilitas sperma pada pria infertil (mandul – tidak subur). Meskipun tidak meningkatkan jumlah sperma, namun membantu dalam pengobatan infertilitas pria.

Crocin dalam saffron juga ditemukan berpotensi membalikkan kerusakan yang disebabkan oleh sistem reproduksi pria karena penggunaan nikotin yang lama.

15. Meredakan Gigitan Serangga

Aplikasi topikal ekstrak safron diklaim dapat meringankan gigitan serangga. Ada sedikit penelitian tentang ini.

16. Mengobati Peradangan

Satu studi oleh The University of Manchester telah mengungkapkan bahwa orang Mesir menggunakan safron untuk mengobati peradangan. Dan mengingat sifat antiinflamasi, ini seharusnya tidak mengejutkan.

Dalam penelitian lain, saffron dapat menampilkan efek perlindungan pada cedera ginjal akut yang disebabkan oleh iskemia. Bahkan ekstrak kelopak saffron memiliki sifat anti-inflamasi untuk nya.

Berbagai sumber menyatakan bahwa safron juga bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah, mempromosikan pembentukan dan perbaikan sel, dan mengobati demam dan sakit gigi.

Tetapi penelitian terbatas. Oleh karena itu, bicarakan dengan dokter Anda jika Anda ingin menggunakan safron untuk penyakit ini.

Manfaat saffron bagi kulit

Di bawah ini tercantum berbagai cara untuk menjaga kecantikan kulit Anda.

17. Membuat Kulit Bercahaya

Untuk mendapatkan kulit bercahaya dan halus, caranya

  • Campurkan 1 sendok teh bubuk kayu cendana, 2 hingga 3 helai safron, dan 2 sendok susu.
  • Cuci muka dan bersihkan dengan kain sebelum menggunakan masker wajah ini.
  • Oleskan saat wajah Anda masih basah.
  • Pijat kulit Anda secara menyeluruh dengan gerakan memutar.
  • Biarkan mengering selama 20 menit, lalu bilas.
  • Masker ini harus diterapkan seminggu sekali untuk hasil yang maksimal.

18. Mencerahkan Kulit Anda

Untuk mendapatkan kulit cerah alami, inilah yang perlu Anda lakukan.

  • Rendam beberapa helai safron dalam susu selama 2 jam.
  • Oleskan susu ini ke seluruh wajah dan leher Anda.
  • Cuci bersih setelah beberapa menit.
  • Menggunakan ini secara teratur akan membuat kulit Anda secara cerah alami.

Inilah campuran lain yang bisa Anda persiapkan untuk mendapatkan kulit cerah alami:

  • Rendam biji bunga matahari (chironji) dan safron dalam susu dan simpan semalaman.
  • Giling campuran ini di pagi hari.
  • Oleskan di wajah Anda untuk mendapatkan kulit cerah dan bercahaya.

Menambahkan beberapa helai safron ke dalam segelas susu juga bisa memberi Anda kulit bercahaya. Ibu hamil sering diberi susu dan safron membuat janin di dalam rahim mendapatkan kulit yang cerah dan bercahaya. Namun, tidak ada teori medis yang mendukung hal ini.

Untaian safron dapat ditaburkan di air mandi hangat Anda. Biarkan terendam dalam air selama 20 menit. Gunakan air ini untuk mandi Anda. Ini akan memutihkan kulit Anda secara alami.

19. Membantu Mengobati Jerawat Dan flek hitam

Kandungan antijamur dari manfaat saffron membuatnya efektif untuk pengobatan jerawat, noda, dan komedo.

  • Campurkan 5-6 daun kemangi dengan 10-12 helai safron untuk membuat pasta yang halus.
  • Oleskan ini di wajah Anda.
  • Cuci bersih dengan air dingin setelah 10 hingga 15 menit.

Ini akan membantu dalam menghilangkan jerawat dan jerawat. Daun kemangi dapat menghilangkan bakteri yang menyebabkan jerawat dan komedo. Oleskan susu safron ke wajah Anda dua kali sehari untuk membersihkan noda.

20. Mengobati Kulit Kusam

Sekarang Anda dapat mengobati kulit kusam dari manfaat saffron

  • Tambahkan 2-3 helai safron ke satu sendok teh air dan biarkan semalaman.
  • Pada pagi berikutnya, warna air akan menguning.
  • Tambahkan satu sendok teh susu, 2-3 tetes minyak zaitun atau kelapa dan sedikit gula ke dalam air safron ini.
  • Celupkan sepotong roti dalam campuran ini, dan oleskan ke seluruh wajah Anda.
  • Biarkan mengering selama 15 menit, lalu cuci bersih.

Masker ini akan menyegarkan kulit kusam serta menghapus lingkaran hitam. Ini juga membantu sirkulasi darah, sehingga membuat kulit Anda halus dan bercahaya.

21. Saffron Untuk Kulit Bercahaya

Khawatir tentang kulit Anda? Ini dia

  • Tambahkan beberapa helai safron ke dalam madu.
  • Pijat wajah Anda dengan paket wajah ini.
  • Ini akan merangsang sirkulasi darah dengan menyediakan oksigen ke kulit Anda. Menggunakan paket wajah safron ini secara teratur akan memberi Anda kulit bercahaya.

22. Mengencangkan Kulit Anda

Saffron dapat membantu mengencangkan kulit Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah merendam untaian saffron dalam air mawar dan menerapkannya pada kulit Anda.

23. Meningkatkan Tekstur Kulit

Ini semua yang perlu Anda lakukan:

  • Rebus ½ gelas air selama 10 menit.
  • Tambahkan 4 hingga 5 helai safron dan 4 sendok makan susu bubuk ke dalam air ini.
  • Oleskan ke wajah Anda.
  • Biarkan selama 10 hingga 15 menit dan kemudian cuci dengan air dingin.
  • Paket wajah ini akan membantu meningkatkan tekstur kulit wajah Anda.

24. Perawatan Kulit Kering

Jika Anda memiliki kulit kusam dan kering, Anda bisa menyiapkan masker dengan lemon dan safron. Lemon membersihkan kulit Anda dari dalam, sementara safron memberikan luminositas padanya.

Yang perlu Anda lakukan adalah:

  • Campurkan beberapa tetes jus lemon dengan sesendok bubuk safron.
  • Jika Anda memiliki kulit yang sangat kering, Anda dapat menambahkan beberapa tetes susu.
  • Buat menjadi adonan halus dan oleskan ke seluruh wajah Anda.
  • Biarkan selama 20 menit dan bersihkan dengan air hangat.

25. Menyembuhkan Luka Dan Bekas Luka

Prajurit di masa lalu telah dikenal menggunakan ekstrak safron untuk mengobati luka yang diderita dalam pertempuran. Saffron memiliki khasiat penyembuhan luar biasa yang sangat membantu dalam menyembuhkan luka dan menghilangkan bekas luka dan noda untuk warna kulit bebas noda.

Manfaat Saffron Untuk Rambut

Ada informasi terbatas tentang manfaat saffron untuk kesehatan rambut Anda.

Mencegah Rambut Rontok

Antioksidan dalam safron juga dapat membantu mencegah rambut rontok. Bumbu ini memperbaiki folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Yang perlu Anda lakukan adalah

  • Rendam beberapa helai saffron dalam susu dan tambahkan licorice ke dalam campuran.
  • Aduk sampai Anda mendapatkan pasta. Oleskan ini ke kulit kepala dan rambut Anda.
  • Biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin.
  • Ulangi dua kali seminggu.

Cara ini sama dapat digunakan untuk mengatasi kebotakan juga.

Efek Samping Saffron

  • Tidak Aman Selama Kehamilan Dan Menyusui

Mengambil saffron secara oral dalam jumlah besar selama kehamilan dapat menyebabkan masalah – dapat menyebabkan kontraksi rahim dan menyebabkan keguguran. Tidak ada informasi yang cukup sehubungan dengan menyusui. Jadi, hindari penggunaan untuk tetap aman.

  • Gangguan bipolar

Karena safron dapat memengaruhi suasana hati, bahkan mungkin memicu rangsangan dan perilaku impulsif pada orang dengan gangguan bipolar. Jauhi safron jika Anda memiliki kondisi ini.

  • Tekanan darah rendah

Mengkonsumsi saffron dapat menurunkan tekanan darah terlalu banyak yang memiliki tekanan darah rendah atau yang menggunakan obat untuk mengobati tekanan darah tinggi. Karenanya, berhati-hatilah.

  • Kondisi jantung

Saffron dapat memengaruhi seberapa kuat atau cepat jantung berdetak. Meskipun dapat bermanfaat bagi jantung, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda jika Anda menggunakannya untuk mengobati kondisi jantung Anda.

Apa yang diperoleh dari manfaat saffron ini?

Mungkin harga saffron sangat mahal, tetapi investasi ini sepadan. Sertakan safron dalam rutinitas Anda hari ini. Namun, ingatlah bahwa Anda dapat mengkonsumsinya untuk tujuan terapeutik hanya di bawah bimbingan dan pengawasan medis.

Referensi manfaat saffron diambil dari berbagai sumber

  1. “Manganese” Advances in Nutrition, US National Library of Medicine, National Institutes of Health.
  2. “Crocus sativus L. (saffron) for cancer chemoprevention…“. S.D.M College of Medical Sciences & Hospital, Karnataka, India. 2015 April.
  3. “Anticarcinogenic effect of saffron (Crocus sativus L.) and its ingredients“. Neyshabur University of Medical Sciences, Neyshabur, Iran. 2014 April.
  4. “Does Saffron Fight Cancer? A Plausible Biological Mechanism“. American Council of Science and Health. 2017 July.
  5. “Study finds that the crocetinic acid in saffron may inhibit…“. KU Medical Center. 2015 September.
  6. “Crocetin from saffron: an active component of an ancient spice“. Università “G. d’Annunzio” Chieti-Pescara, Italy. 2004.
  7. “Gout“. University of Maryland Medical Center.
  8. “Natural Compounds from Saffron and Bear Bile Prevent Vision Loss and Retinal Degeneration“. University of Alicante, Spain. 2015 July.
  9. “Short-term Outcomes of Saffron Supplementation in Patients with Age-related Macular Degeneration…“. Tehran University of Medical Sciences, Tehran, Iran. 2016.
  10. “Researchers strike gold – saffron found to help vision loss in elderly“. The University of Sydney. 2010 February.
  11. “Saffron“. WedMD.
  12. “Saffron (Crocus sativus L.) and major depressive disorder…“. University of Florida, Gainesville, USA. 2015 November.
  13. “Crocin promotes non-rapid eye movement sleep in mice“. Osaka Bioscience Institute, Osaka, Japan. 2012 February.
  14. “The effects of Crocus sativus (saffron) and its constituents on nervous system…“. Mashhad University of Medical Sciences, Iran. 2015 October.
  15. “The Effect of Crocus sativus L. and Its Constituents on Memory…“. University of Thessaly, Greece. 2015 February.
  16. “Saffron (Crocus sativus L.) and major depressive disorder: a meta-analysis of randomized clinical trials” Journal of Integrative Medicine, US National Library of Medicine, National Institutes of Health.
  17. “Memory enhancing effects of saffron in aged mice…“. University of Patras, Greece. 2011 June.
  18. “Hydroalcoholic extract of Crocus sativus effects on bronchial inflammatory…“. Islamic Azad University, Iran. 2013
  19. “Therapeutic effects of saffron (Crocus sativus L.) in digestive disorders…“. Mashhad University of Medical Sciences, Mashhad, Iran. 2016 May.
  20. “The effect of saffron (Crocus sativus) extract for healing of second-degree burn wounds…“. Mazandaran University of Medical Sciences, Iran. 2008 December.
  21. “Immunomodulatory effects of saffron…“. Research Institute of Medicinal Plants, ACECR, Iran. 2011 December.
  22. “Effects of saffron (Crocus sativus) petal ethanolic extract on hematology, antibody response…“. Ferdowsi University of Mashhad, Iran. 2014 March.
  23. “Effect of Saffron (Fan Hong Hua) On the Readiness of The Uterine Cervix…“. Tabriz University of Medical Sciences, Iran. 2016 October.
  24. “The effect of an Iranian herbal drug on primary dysmenorrhea…“. Shahid Beheshti Medical University, Iran. 2009 October.
  25. “Cardiovascular Effects of Saffron…“. Tehran University of Medical Sciences, Tehran, Iran. 2011 May.
  26. “Dietary saffron reduced the blood pressure…“. Semnan University of Medical Sciences, Semnan, Iran. 2015 November.
  27. “Effect of saffron on liver metastases in patients…“. Mashhad University of Medical Sciences, Mashhad, Iran. 2015 September.
  28. “Saffron as an antidote or a protective agent against natural or chemical toxicities“. Mashhad University of Medical Sciences, Mashhad, Iran. 2015 May.
  29. “Saffron and ginseng ‘shown to boost sexual desire’“. The Telegraph. 2011 March.
  30. “The effect of saffron, Crocus sativus stigma, extract and its constituents…“. Mashhad University of Medical Sciences, Iran. 2008 June.
  31. “Effect of saffron on semen parameters of infertile men“. Lorestan University of Medical Sciences, Khorramabad, Iran. 2008.
  32. “Crocin Improves Damage Induced by Nicotine…“. Kermanshah University of Medical Sciences, Kermanshah, Iran. 2016 June.
  33. “Anti-inflammatory and protective effects of saffron extract…“. Kermanshah University of Medical Sciences, Kermanshah, Iran. 2016 July.“Antinociceptive and anti-inflammatory effects of Crocus sativus L. stigma and petal extracts in mice“. Mashhad University of Medical Sciences, Iran. 2002 March
  34. Gambar : https://cdn2.stylecraze.com/wp-content/uploads/2013/09/Saffron-Side-Effects-You-Should-Be-Aware-Of-1.jpg.webp

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4 / 5. Vote count: 15

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Cara Atasi Masalah Insomnia Dengan Makan Kangkung Plus Seledri Untuk mengatasi gangguan tidur, banyak orang terbiasa mengkonsumsi obat agar bisa mendapatkan kualitas dan kuantitas tidur yang lebih baik. Padahal, konsumsi obat tidur terlalu sering bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan mereka. […]
  • Temu Putih Unggul Untuk Obat Alami Kanker Serviks Penelitian tentang penggunaan obat herbal untuk mengatasi penyakit kanker telah banyak dilakukan.  Sayangnya, hingga sekarang banyak peneliti yang belum mengungkapkan tentang aspek-aspek obat herbal.  Sampai saat ini, obat […]
  • Jamur Shitake Bisa Tingkatkan Immunitas Penderita HIV/AIDS Suka mencicipi masakan khas China, Korea atau Jepang, pasti tidak lupa dengan jamur shitake yang biasa dimasukkan ke dalam aneka masakan tersebut. Di Korea, jamur shitake merupakan bahan yang dibutuhkan dalam menambah rasa tjap hae. […]
  • Manfaat Mengkudu Untuk Mengatasi Berbagai Penyakit Kanker Morinda citrifolia atau yang sangat dikenal dengan buah mengkudu adalah salah satu tumbuhan yang sampai saat ini masih menjadi kegemaran para peneliti, untuk terus dilakukan penelitian. Khasiatnya yang sangat banyak untuk kesehatan […]
  • Khasiat Bilberry Untuk Mengatasi Masalah Pembuluh Darah Bilberry (Vaccinium myrtillus) memiliki riwayat dalam pengobatan tradisional di Eropa, digunakan mulai dari meluruhkan batu ginjal hingga perawatan demam tipus. Konon pada Perang Dunia II para pilot Inggris mengkonsumsi bilberry untuk […]