Teh Camellia Sinesis Pereda Diare Dan Cara Membuat Ramuannya

Teh Camellia Sinesis Pereda Diare Dan Cara Membuat Ramuannya

Diare adalah keadaan dimana penderita mengalami banyak kehilangan cairan tubuh. Walaupun sering sekali disepelekan, Diare ternyata dapat mengancam jiwa, terutama jika terjadi pada balita dan sampai mengalami dehidrasi. Bahkan menurut data pada WHO, Diare adalah penyebab nomor satu kematian balita terbesar di dunia.

Saat diare, frekuensi buang air besar akan mengalami peningkatan dengan konsistensi yang lebih cair dari biasanya. Pada umumnya, diare berlangsung selama 2-3 hari, namun ada juga diare yang penyembuhannya membutuhkan waktu yang lama, bahkan sampai lebih dari 2 minggu, ini disebut diare kronis. Sedangkan diare yang sifatnya ringan, biasanya akan sembuh dalam waktu 2-3 hari atau paling lama 7 hari.

Penyebab diare pada umunya adalah infeksi oleh bakteri, virus atau parasit, alergi terhadap makanan atau obat tertentu, infeksi oleh bakteri atau virus yang menyertai penyakit lain seperti: Campak, Infeksi telinga, Infeksi tenggorokan, Malaria dan penggunakan bahan pemanis buatan. Seorang yang menderita diare biasanya akan mengalami muntah, badan menjadi lesu dan tidak bergairah, nafsu makan menurun, sebagian mengeluarkan darah pada saat BAB.

Berbagai macam obat, telah dijual secara bebas dipasaran d engan khasiat untuk menyembuhkan diare. Namun, pemberian garam oralit adalah langkah utama untuk meningkatkan cairan tubuh agar tidak hilang. Pemberian air putih dalam jumlah banyak juga sangat disarankan, hal ini untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Ramuan tradisional yang biasa digunakan untuk menghentikan banyaknya cairan yang keluar bersama feses adalah teh. Ramuan teh pahit telah digunakan sejak zaman dahulu, dan dipercaya dapat mengeraskan feses. Namun, penelitian ilmiah mengenai hal ini sedikit dan sulit ditemukan.

Cara membuat

Biasanya, untuk menghentikan diare, teh diolah dengan cara sperti ini:

1/2 gelas teh diseduh dengan menggunakan air panas, cukupkan sampai dengan satu gelas. Teh yang sangat kental ini kemudian diminum 3 kali sehari sebanyak 1 gelas. Lakukan sampai BAB tidak lagi cair.

Walaupun teh camellia dikatakan bisa membantu menyembuhkan diare, bukan berarti hal-hal yang menjadi pantangan diare tidak dihindari. Saat diare menyerang, alangkah baiknya jika menghindari makanan yang dapat memicu diare menjadi lebih parah seperti makanan yang pedas, mengandung banyak pengawet, minuman yang terlalu dingin. Dan usahakan agar selalu mendapatkan istirahat yang cukup.

Teh Camellia Sinesis Pereda Diare Dan Cara Membuat Ramuannya
5 (100%) 1 vote[s]

Artikel Terkait

Bagikan Ke Temanmu: