Temu Putih Unggul Untuk Obat Alami Kanker Serviks

Temu Putih Untuk Obat Kanker Serviks

Penelitian tentang penggunaan obat herbal untuk mengatasi penyakit kanker telah banyak dilakukan.  Sayangnya, hingga sekarang banyak peneliti yang belum mengungkapkan tentang aspek-aspek obat herbal. 

Sampai saat ini, obat herbal memang menjadi komsumsi komunitas atau etnis tertentu, karna bagi sebagian orang, obat herbal masih perlu dibuktikan aktifitas farmakologisnya secara eksperimental. Dan para penggali ilmu pengetahuan, lebih menginginkan penelitian tersebut juga sampai pada tahap isolasi zat murni, yang dianggap memiliki aktivitas biologis.

Untuk pasien yang menderita kanker menahun, obat herbal mungkin terdengar tidak asing lagi. Tingkat kebosanan akan penggunaan obat kimia membuat mereka mau mencoba alternatif baru. Terlebih untuk pasien kanker yang telah beberapa kali menjalankan kemoterapi dan meresakan efek tidak enak dari kemoterapi tersebut.

Salah satu jenis kanker yang saat ini banyak berkembang di Indonesia adalah kanker serviks. Kanker ini menempati posisi kedua setelah kanker payudara. Di dunia, diperkirakan terdapat 466.000 kasus per tahun, dan diperkirakan 231.000 orang meninggal tiap tahunnya. Sedang di Indonesia sendiri, menurut data yang diambil dari RS. Kanker Dharmais, sekitar 147 kasus dari total 859 kasus adalah kanker serviks (tahun 2002)

Tingkat kepatuhan pasien penderita kanker serviks diperkirakan mengalami penurunan seiring dengan efek samping dari obat-obatan kimia yang digunakan. Maka, tak jarang jika pasien kanker serviks mencoba alternatif pendukung terapi, yaitu herbal.

Berbagai macam bahan alam juga telah diteliti, mulai dari jamur sampai tumbuhan tingkat tinggi seperti Penicillium brevicompactum, Streptomyces peucetius, ekstrak buah strawberry, blueberry dan rasberry. Dimana para peneliti banyak menekankan apa adanya untur alkaloida, terpenoida, flavonoida dan resin, yang biasanya banyak beraktivitas antikanker dan antioksidan.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Maksum Radji dkk (Universitas Indonesia) dengan judul “Uji Sitotoksisitas Buah Merah, Mahkota Dewa dan Temu Putih Terhadap Sel Kanker Serviks”, yang termuat dalam Jurnal Farmasi Indonesia (JFI)  Volume 5 nomor 1, Januari 2010, ada tiga buah tumbuhan yang nyata memiliki aktivitas sitotoksik.

Tiga tumbuhan tersebut adalah Buah Merah, Temu Putih, dan Mahkota Dewa. Tiga tumbuhan ini memang telah banyak diteliti, dan dinyatakan memiliki aktivitas kemampuan untuk  menghambat pertumbuhan sel kanker.

Dalam tulisan ilmiahnya, Maksum Radji mengungkpan bahwa tujuan penelitiannya adalah untuk meninjau sejauh mana tiga tumbuhan ini berkhasiat untuk mengatasi kanker, terutama kanker serviks, yang diambil dari kultur sel Hela (model in vitro untuk kanker serviks).

Hasil penelitiannya mengarahkan pada hasil yang cukup nyata. Dimana ketiga tumbuhan tersebut memang memperlihatkan aktivitas yang sangat bagus untuk menghambat sel kanker serviks. Dalam penelitian tersebut, terlihat adanya kematian sel Hela akibat pengaruh ekstrak uji.

Dari ketiga tumbuhan tersebut, didpatkan hasil ekstrak temu putih memiliki kemampuan yang paling kuat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, jika diukur dari pengukuran serapan ekstrak uji dengan Elisa plate reader.

Menurut Maksum Radji, kandungan minyak atsiri yang terdapat dalam Temu putih, seperti epikurzerenona dan kurdiona dapat mempengaruhi proses apoptosis sel kanker manusia. Apoptosis sendiri adalah suatu mekanisme penting dalam strategi melawan kanker

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Manfaat Mengkudu Untuk Mengatasi Berbagai Penyakit Kanker Morinda citrifolia atau yang sangat dikenal dengan buah mengkudu adalah salah satu tumbuhan yang sampai saat ini masih menjadi kegemaran para peneliti, untuk terus dilakukan penelitian. Khasiatnya yang sangat banyak untuk kesehatan […]
  • Cara Atasi Masalah Insomnia Dengan Makan Kangkung Plus Seledri Untuk mengatasi gangguan tidur, banyak orang terbiasa mengkonsumsi obat agar bisa mendapatkan kualitas dan kuantitas tidur yang lebih baik. Padahal, konsumsi obat tidur terlalu sering bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan mereka. […]
  • Jamur Shitake Bisa Tingkatkan Immunitas Penderita HIV/AIDS Suka mencicipi masakan khas China, Korea atau Jepang, pasti tidak lupa dengan jamur shitake yang biasa dimasukkan ke dalam aneka masakan tersebut. Di Korea, jamur shitake merupakan bahan yang dibutuhkan dalam menambah rasa tjap hae. […]
  • Khasiat Daun Pegagan Sebagai Anti Bakteri Tuberculosis (TB) Ancaman penyakit TBC saat ini kian gencar. Mudahnya penularan TBC, membuat terkadang seseorang yang teridentifikasi TBC tidak menyadari hal tersebut. Pada orang dewasa sehat, TBC kadang tidak terlihat telah menginfeksi dirinya. Dalam […]
  • Inilah Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh Anda Temulawak memiliki nama latin Curcuma Zanthorrhiza, tanaman dengan banyak manfaat ini tumbuh subur di iklim Indonesia yang merupakan tanah kelahiran dari tanaman tersebut. Ya indonesia khususnya pulau jawa adalah asal dari tanaman […]