Solusi Menghentikan Rambut Berminyak, Perlu Anda Coba

Solusi Menghentikan Rambut Berminyak, Perlu Anda Coba

Rambut adalah mahkota wanita, yang senantiasa memberikan ciri tersendiri pada penampilan wanita. Untuk menambah menarik penampilan, banyak wanita melakukan banyak treatment pada rambutnya.

Seringkali, treatment yang dilakukan tidak diiringi dengan perawatan yang memadai. Akibat kurangnya perawatan, rambut sering menghadapi masalah, bisa menjadi kering atau sangat berminyak. Memiliki rambut yang terlalu berminyak tentu tidak menyenangkan. Karenanya diperlukan tips merawat rambut berminyak, agar hal ini tidak terjadi pada rambut anda.

Tidak hanya treatment yang salah, rambut berminyak juga bisa terkait dengan genetika atau juga hormonal.  Pada pria, keadaan hormonal saat melakukan hubungan intim, biasanya ikut mempengaruhi kerja kelenjar sebaceous, yang berperan dalam membuat rambut berminyak. Walaupun mudah, merawat rambut berminyak butuh teknik, baik dalam membersihkan atau dalam memilih kosmetiknya.

Mengapa Rambut Bisa Berminyak?

Ada beberapa faktor pemicu, mengapa rambut bisa berminyak. Beberapa ahli kecantikan mengaitkan hal ini dengan genetika. Biasanya jenis dan sifat rambut menjadi salah satu gen yang diturunkan.

Bebera ahli kecantikan lainnya, mengaitkan dengan tipikal rambut. Rambut yang tebal bisanya memiliki kecenderungan untuk menjadi lebih berminyak dibanding rambut yang tipis. Merawat rambut tebal yang berminyak, perlu perhatian lebih.

Kelenjar sebaceous dikatakan menjadi bagian yang berperan dalam membuat rambut menjadi lebih berminyak. Sebum adalah hasil produk dari kelenjar ini, yang menyebabkan rambut berminyak.

Ada banyak faktor yang bisa memicu kelenjar sebaceous ini memproduksi sebum berlebih, diantaranya adalah faktor hormonal. Pentingnya menjaga kebersihan rambut saat menstruasi, adalah salah satu cara merawat rambut berminya pada wanita. Hal ini disebabkan karena saat menstruasi kelenjar sebum yang dihasilkan lebih banyak.

Beberapa pakar kesehatan rambut menyatakan, merawat rambut berminyak harus dilakukan secara rutin. Hal ini disebabkan, rambut berminyak akan sangat mungkin kembali lagi, walaupun pernah melakukan perawatan khusus, karenanya merawat rambut berminyak sendirian tidak dihentikan walaupun pernah melakukan perawan khusus di salon-salon kecantikan. Yang paling sederhana dari merawat rambut berminyak adalah  menjaga kebersihan kulit kepala. Kulit kepala yang sering berkeringat akan meningkatkan minyak pada rambut.

Tips Merawat Rambut Berminyak

Bagi pemilik rambut berminyak, kulit kepala menjadi perhatian pertama. Membiarkan kulit kepala dalam keadaan lembab dan berkeringat akan membuat minyak bertumpuk di rambut. Karenanya, jangan menunda untuk mencuci rambut saat kulit kepala sudah dirasakan lembab.

Beberapa ahli kecantikan menyarankan untuk merawat rambut berminyak, dengan melakukan keramas setiap hari. Air yang digunakan adalah air dingin atau suam kuku. Disarankah untuk tidak melakukan pemijitan terlalu lama kepada kulit kepala selama keramas, karena pemijitan memicu produksi sebum lebih banyak lagi.

Pada beberapa kasus saat merawat rambut berminyak, dimana tanpa disertai dengan kulit kepala yang lembab, sebaiknya tidak kerama sampai mengenai kulit kepala. Hal ini untuk menghindari agar kulit kepala tidak terlalu kering.

Ada baiknya melupakan penggunaan kondisioner dalam hal merawat rambut berminyak. Selain akan membuat rambut menjadi semakin lembab. Jikapun ingin menggunakan, maka usahakan kondisioner hanya digunakan untuk ujung rambut saja.

Cermat memilih sampo sangat penting untukmerawat rambut berminyak anda. Beberapa ahli kecantikan merekomendasikan untuk menggunakan sampo berbahan baku herbal, yang saat ini mulai banyak dijual di pasaran. Bahan baku alami ini biasanya sekaligus dapat memperbaiki kerusakan pada rambut.

Solusi Menghentikan Rambut Berminyak, Perlu Anda Coba
5 (100%) 1 vote[s]

Artikel Terkait

Bagikan Ke Temanmu: