Kapan Waktu Yang Tepat Melakukan Olahraga Saat Puasa?

Olahraga Saat Puasa

Bulan puasa bukan berarti Anda juga puasa berolahraga. Olahraga bisa dilakukan sekalipun sedang berpuasa. Hanya, ada beberapa cara berbeda untuk melakukannya, agar tidak membuat tubuh menjadi lelah. Olahraga saat berpuasa juga bisa meningkatkan stamina dan kesegeran tubuh saat beraktivitas di siang hari. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika melakukan olahraga sambil berpuasa justru akan membuat anda rentan membatalkan puasa.

Ada beberapa olahraga yang disarankan dilakukan dalam kondisi berpuasa. Anda mungkin tidak melakukan olahraga seperti mengangkat beban, marathon atau bermain sepakbola. Olahraga yang dilakukan adalah olahraga ringan, yang tidak menguras tenaga dan memicu pembakaran glikogen.

Jalan Pagi-Pilihan Utama Olahraga saat berpuasa

Jangan langsung tidur setelah Anda sahur. Sempatkan 15-30 menit untuk melakukan olahraga, seperti jalan pagi. Olahraga ini terbilang ringan, tapi mampu membakar lemak di tubuh. Pada umumnya, orang yang terbiasa melakukan olahraga jalan pagi saat berpuasa akan merasakan tubuh yang segar di siang hari.

Jika Anda ingin suasana yang lebih menyegarkan, sempatkan diri di akhir pekan untuk jalan pagi di sekitar taman kota. Udara yang sejuk dan bersih akan membantu Anda untuk merasa lebih sehat dan bersemangat mengisi akhir pekan. Sehingga Anda tidak perlu bermalas-malasan saat akhir pekan. Jogging adalah pilihan utama bagi banyak orang yang ingin tetap melakukan olahraga saat berpuasa.

Bersepeda 15 Menit, Membuat Tubuh Bersemangat

Banyak yang beranggapan kalau bersepeda akan membuat tubuh lelah. Namun, beberapa orang yang bersepeda saat puasa, mengatakan justru semakin bersemangat saat bekerja di siang harinya setelah bersepeda.

Tidak perlu menghabiskan waktu yang lama untuk bersepeda, cukup 15 menit bisa membuat Anda merasakan mafaatnya untuk kesehatan tubuh.

Yoga, Membantu Pernapasan dan Menjernihkan Pikiran

Yoga bisa menjadi pilihan paling jenius sebagai alternatif olahraga saat berpuasa. Selain ringan, yoga juga tidak membutuhkan modal yang besar. Manfaat melakukan yoga pun cukup banyak, salah satunya untuk pernapasan dan untuk meringankan pikiran.

Yoga bisa dilakukan kapan saja Anda bisa. Namun, jika Anda memiliki waktu di sore hari, hal ini mungkin menjadi lebih menyenangkan. Melakukan yoga di sore hari, dapat membantu Anda menghilangkan penat setelah lelah beraktivitas di pagi dan siang hari. Keunggulan lain, setelah melakukan yoga Anda juga bisa langsung berbuka bersama keluarga.

Kapan Waktu Yang Tepat Melakukan Olahraga Saat Puasa?

Anda hanya perlu mengurangi porsi waktu Anda berolahraga dibanding biasanya. Jika sebelum puasa Anda terbiasa melakukan olahraga setiap hari dalam seminggu, mungkin kali ini cukup 2-3 kali seminggu. Jika biasanya Anda melakukan sebanyak 30 menit sampai 1 jam, mungkin saat ini cukup 15-30 menit.

Olahraga saat berpuasa bisa dilakukan pagi setelah sahur atau sore sebelum berbuka. Namun, tidak disarankan bagi Anda melakukan olahraga pada saat menjelang tidur, alasannya adalah tubuh Anda perlu istirahat untuk mengembalikan energy yang terkuras di siang hari.

Nah, puasa bukan pantangan untuk beraktivitas, kan? Jadi jangan ragu untuk melakukan olahraga saat berpuasa!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Beberapa Gangguan Kesehatan Dan Penyakit Kerap Muncul Saat Puasa Ada saja gangguan penyakit yang membuat tubuh lemas saat berpuasa. tak boleh dibiarkan menggagalkan puasa. kuncinya adalah menjaga agar tubuh fit jelang puasa serta membaca daftar penyakit sehingga membantu mengetahui cara pencegahan, […]
  • Fatwa Ulama: Bolehkan Wanita Hamil Berpuasa? Jika Mampu, Kenapa Tidak? Bulan Ramadhan adalah bulan agung yang ditunggu-tunggu kedatangannya oleh umat muslim. Tidak terkecuali bagi muslimah yang sedang hamil. Hal ini seiringkali memunculkan pertanyaan, bagaimanakah islam meletakkan wanita hamil dalam ibadah […]
  • Sebaiknya, Hindari Minum Kolak Saat Berbuka Puasa, Mengapa? Minum Kolak Saat Berbuka Puasa Itu tak bagus buat kesehatan, Kenapa? Hidangan kolak adalah salah satu hidangan faforit banyak keluarga pada saat bulan puasa. Tidak mengherankan, setiap kali bulan puasa, pedagang kolak mulai menjajakan […]
  • Resep Es Lengkeng Karamel Enak Nikmat Resep Es lengkeng karamel adalah suatu minuman segar yang dibuat dari bahan baku buah kelengkeng atau juga lengkeng yang  dikombinasikan bersama karamel sehingga minuman ini menghasilkan rasa yang amat sangat segar dan juga nikmat. resep […]
  • Resep Sapo Tahu Seafood Solaria Enak Sederhana Resep sapo tahu adalah masakan berkuah yang terbuat dari akulturasi budaya memasak antara indonesia dan cina. Yap, Bumbu sapo tahu ini amat sangat nikmat dilidah karena memang penggunanya tidak jauh dari bumbu rempah khas nusantara. […]