Hit enter after type your search item
Statistik Penyebaran Virus Corona Di Indonesia Dan Dunia - Terbaru Hari Ini!
Lihat Di Sini
Home / Definisi Penyakit / Virus Corona – Covid 19

Virus Corona – Covid 19

(0)

Apa itu virus corona? Virus ini tepatnya adalah strain baru dalam keluarga virus yang kita semua pernah lihat sebelumnya. Menurut WHO, virus corona atau coronavirus adalah keluarga besar virus dari flu biasa hingga virus penyakit serius.

Virus ini dapat menginfeksi manusia dan hewan, dimulai di Wuhan, ibukota provinsi Hubei China, terkait dengan dua coronavirus lain: Virus SARS (sindrom pernafasan akut) dan Virus MERS (sindrom pernapasan tengah).

Apa itu virus corona. Virus corona atau Covid-19 menyebar lebih mudah daripada SARS, menyebabkan gejala seperti pilek, namun sangat menular, dan orang yang terinfeksi virus – yang mengkhawatirkan adalah bahwa gejalanya bisa ringan, dapat menyebar cepat sebelum orang-orang menyadari bahwa mereka terinfeksi.

Apa itu pandemi virus corona

Menurut WHO – Organisasi Kesehatan Dunia telah menyatakan virus korona sebagai pandemi – sebuah pengumuman penting yang menandakan bahwa suatu wabah harus ada upaya untuk mengendalikannya. meliputi antar bangsa dan antar benua.

Dalam memutuskan pandemi, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mencatat skala wabah dan mengatakan dia memilih untuk menggunakan kata itu karena beberapa negara belum bereaksi cukup cepat.

“Kami sangat prihatin dengan tingkat penyebaran dan keparahan yang mengkhawatirkan dan oleh tingkat kelambanan yang mengkhawatirkan,” kata Tedros. “Dalam beberapa hari dan minggu ke depan, kami melihat jumlah kasus virus corona, jumlah kematian dan jumlah negara yang terkena dampak naik lebih tinggi.”

Para ahli penyakit menggunakan istilah “pandemi” untuk menggambarkan kapan suatu epidemi telah merajalela di banyak negara dan benua secara bersamaan.

Dan WHO telah menekankan dalam beberapa minggu terakhir bahwa semua negara harus fokus pada penguncian sebagai upaya mitigasi (persiapan penanggulangan bencana). Dengan berupaya mengendalikan virus ini, negara-negara dapat memperlambat penyebaran penyakit dengan membakar waktu pada strategi mitigasi. (Apa itu virus corona)

Apa Itu virus Corona dan Istilah -istilah terkait

Coronavirus: Istilah ini merujuk pada keluarga dari tujuh virus yang diketahui yang dapat menginfeksi orang, mulai dari flu biasa hingga sindrom pernapasan akut (SARS) dan bahkan sindrom pernapasan tengah (MERS). Namanya virus corona berasal dari bentuk virus itu, di bawah mikroskop terlihat seperti gumpalan yang dikelilingi paku seperti mahkota.

Covid-19: Kadang-kadang digunakan secara bergantian dengan coronavirus dan nama resmi SARS-CoV-2, covid-19 merujuk pada penyakit yang disebabkan oleh virus. Jadi SARS-CoV-2 menyebabkan co-19, sama seperti HIV yang menyebabkan AIDS.

Penularan asimtomatik: orang tidak menunjukkan tanda-tanda sakit tetapi memiliki virus dan dapat menyebarkannya ke orang lain. Tidak jelas seberapa umum penularan asimptomatik dengan coronavirus baru.

Wabah: Peningkatan mendadak jumlah kasus penyakit di tempat dan waktu tertentu.

Epidemi: Wabah besar yang menyebar di antara populasi atau di suatu wilayah.

Pandemi: Epidemi yang telah merajalela di berbagai negara dan benua secara bersamaan.

Zoonosis: Virus korona baru ditularkan dari hewan ke manusia, menjadikannya zoonosis. SARS berasal dari musang, seperti kucing, dan MERS berasal dari unta. Tetapi belum diketahui hewan apa yang menyebabkan wabah koronavirus saat ini. Tersangka utama penyebar virus korona adalah trenggiling atau Manidae atau pangolin. (Apa itu virus corona)

Apa beda antara virus corona dan flu?

Baik coronavirus dan influenza adalah penyakit pernapasan. Keduanya memiliki gejala yang sama. Keduanya menular. Keduanya bisa mematikan.

“Gejala yang diketahui untuk influenza dan covid-19 hampir identik: demam, batuk, sakit tubuh, kelelahan dan kadang-kadang muntah dan diare. Kedua penyakit dapat bermanifestasi dengan cara ringan atau parah atau bahkan menyebabkan kematian” Kata Lisa Lockerd Maragakis, direktur senior pencegahan infeksi di Sistem Kesehatan Johns Hopkins.

Mereka yang mengalami gejala yang lebih parah, seperti kesulitan bernapas, lesu, atau demam yang tidak segera turun, harus menghubungi dokter.

Baik coronavirus dan influenza dapat menyebabkan pneumonia, infeksi paru-paru yang dapat mengancam jiwa pada bayi, anak-anak dan orang yang berusia di atas 65 tahun.

Siapa yang paling berisiko?

Sejauh ini, tampaknya mereka yang paling berisiko untuk komplikasi parah dari Covid-19 adalah orang tua dan mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah atau kondisi kesehatan yang mendasarinya. Ini berlaku sama untuk influenza.

Menurut data, meskipun anak-anak kecil lebih rentan terhadap flu tapi mereka lebih terhadap coronavirus. Anak-anak di bawah 5 tahun, terutama mereka yang berusia di bawah 2 tahun, berisiko tinggi terkena komplikasi kesehatan serius akibat flu, menurut CDC. (Apa itu virus corona)

Adakah vaksin untuk virus corona?

Belum ada vaksin coronavirus untuk setidaknya beberapa tahun ke depan, itulah sebabnya pemerintah di seluruh dunia telah berusaha keras untuk mencegah, mengunci dan melacak infeksi untuk membendung kemungkinan pandemi.

Sumber Gambar: https://independentaustralia.net/_lib/slir/w800/i/article/img/article-13586-hero.jpg

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :